Kegiatan

on 17 Februari 2020
  • Kegiatan
  • SD Kajaolalido

Market day yang digelar di SD Islam Athirah 1 Makassar disambut hangat oleh para warga Sekolah Islam Athirah. Kegiatan tersebut  digelar selama satu hari, 13 Februari 2020 di Selasar Lt 1 Sekolah Islam Athirah. 

Suasana SD Islam Athirah terlihat lebih meriah dari biasanya. Para siswa tidak berada di kelas pembelajaran. Mereka berkumpul di area sekolah, tersebar di 14 stand  yang disulap menjadi seperti sebuah pasar.

Pembeli bukan hanya dari murid-murid kelas lain, tetapi juga guru-guru TK, SD, SMP, SMA serta orang tua murid. Aneka jualan yang disajikan oleh siswa kelas 2, 3, dan 4 ini mengambil tema 'Nurturing Young and Creative Enterpreneurs'.

"Kita berharap dengan adanya kegiatan ini siswa tidak hanya belajar tentang mata uang. Tapi yang utama adalah tumbuhnya jiwa enterpreneurship dan memiliki semangat berusaha di kalangan siswa," terang Kepala Sekolah SD Islam Athirah 1 Makassar, Khasan.”

Harga  yang ditawarkan mulai dari Rp 5.000 sampai Rp.15.000. Aneka jenis jualan seperti makanan, minuman, alat tulis, mainan, souvenir dan masih banyak lagi. "Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, kegiatan market day tahun ini kita adakan dua kali. Rencananya bulan Maret akan kembali diadakan untuk kelas 1, 5, dan 6," kata ketua panitia, Dewi Purnama Sutji yang ditemui usai acara, Kamis (13/02/2020).

Kegiatan ini sangat mengedukasi. Mereka tidak hanya belajar tentang uang, tapi ada sisi psikologi. "Seperti usaha dalam pengadaan barang, tantangan menjual, menerima keadaan yang sulit maupun senang terutama ketika barangnya belum terjual dan sudah terjual, melatih rasa dan toleransi," tutur Rika Rahayu, salah seorang guru Bahasa Inggris di SD Athirah.

Penulis : Syahriyanti