Kegiatan

on 15 Februari 2020
  • Kegiatan
  • SD Kajaolalido

Dua siswa SD Islam Athirah 1 Makassar yakni Rafa Mustafa kelas 3 Al Adlu dan Rajab Athaallah Khairi kelas 3 Al Adlu meraih juara II dan III dalam lomba Spelling Bee yang diselenggarakan oleh Lazuardi Athaillah School,  Sabtu (15/02/2020) di Trans Studi Mall Makassar.

Guru Bahasa Inggris, Syahriyanti mengatakan anak didiknya tersebut hanya sempat berlatih kurang lebih selama dua pekan namun akhirnya berhasil merebut piala bergilir Spelling Bee di ajang LazaFest 2020. “Sebelum anak didiknya berhasil mencapai juara banyak proses yang dilalui. Lomba ini merupakan mengeja huruf per huruf dari kata-kata yang disediakan, Rafa dan Rajab pun berhasil menyebutkannya dengan baik dan benar.

Spelling adalah seni untuk menggabungkan sebuah kata secara benar dari huruf-huruf yang membentuknya. Keterampilan ini akan membantu menguatkan hubungan yang ada antara suara dan huruf. Oleh karenanya, spelling merupakan pondasi dasar keterampilan bahasa Inggris yang memiliki peran penting dan berdampak positif terhadap keterampilan lainnya seperti Listening, Reading, Speaking, dan Writing. Selain Rafa dan Rajab, juga terdapat puluhan siswa lainnya dari English Class SD Islam Athirah 1 Makassar yang turut berkompetisi di ajang ini. Mereka sangat antusias walaupun hanya sampai pada babak semi final. “Mereka sudah terbiasa di sekolah menggunakan bahasa inggris saat sehari-hari, jadi itu membantu mereka juga untuk berlatih mengeja dan berkomunikasi,” jelasnya.

Pihak sekolah pun mengapresiasi dan motivasi untuk terus berprestasi di kompetisi selanjutnya. Saat ditemui Rafa menuturkan alasan dirinya mengikuti kompetisi lomba ini adalah untuk mengasah keterampilan komunikasi menggunakan bahasa Inggris khususnya Spelling Bee. “Dengan ikut lomba saya bisa melatih kepercayaan diri untuk tampil di depan banyak orang,”kata Rafa.


Penulis : Syahriyanti