Berita

on 22 November 2019
  • Berita
  • TK Kajaolalido

Makassar - TK Islam Athirah 1 Makassar menggelar peringatan maulid Nabi Besar Muhammad SAW. Peringatan maulid itu dilaksanakan di pelataran TK Islam Athirah 1 Makassar, Jalan Kajaolalido Nomor 22 Makassar. Pelaksanaan kegiatan itu merupakan agenda tahunan sekolah. Namun berbeda dengan sebelumnya, peringatan maulid tahun ini melibatkan orang tua peserta didik yang tergabung dalam Forum Komunikasi Kelas (FKK). Pelibatan orang tua peserta didik bertujuan untuk membangun komunikasi dan kerjasama yang baik antara pihak TK dengan orang tua peserta didik.

Orang tua anak-anak kita libatkan supaya terjalin silaturahmi dan komunikasi” ungkap Kepala TK Islam Athirah 1 Makassar Sri Rosa Handayani, S.Ag., M.Pd. saat ditemui di sela-sela kegiatan.

Umi Ocha ( sapaan Sri Rosa Handayani) menjelaskan, peringatan maulid tahun ini di TK Islam Athirah 1 Makassar dikemas dalam berbagai kegiatan, selain kegiatan yang melibatkan peserta didik, ada juga lomba yang melibatkan antara orang tua dan wali kelas. Kegiatan yang melibatkan peserta didik di antaranya mewarnai gambar bertema maulid, selain itu peserta didik mengisi acara tahfidz, mendengarkan ceramah, dan menonton film tentang sejarah kelahiran Nabi Muhammad SAW. Sementara lomba yang melibatkan orang tua dan wali kelas adalah lomba kreasi kaddok minyak.

Anak-anak mengikuti kegiatan di dalam ruangan kelas, mewarnai, jadi ada gambar yang kita siapkan bertema maulid, mereka juga akan mengisi acara tahfidz dan mendengarkan ceramah, orang tua di pelataran TK, jadi ada tujuh tim, masing-masing tim terdiri dari 3 orang tua dan 1 wali kelas dan mereka akan membuat kreasi kaddok minyak” jelas Umi Ocha.

Setelah kegiatan mewarnai dan mendengarkan ceramah, anak-anak akan bergabung di sini (pelataran TK) bersama orang tua dan guru, selanjutnya bersama-sama menyaksikan film sejarah kelahiran Nabi Muhamamd SAW” sambung Umi Ocha.

Ia berharap, melalui pelaksanaan peringatan maulid tersebut peserta didik dapat mengenal lebih dekat Nabi Muhammad SAW sebagai panutannya, selain itu ia juga berharap terjalin komunikasi dan silaturahmi yang baik antara pihak sekolah dengan orang tua peserta didik.

Harapannya anak-anak bisa kenal lebih dekat Rasulullah SAW, ia jadikan panutan, setidaknya akhlak Rasulullah bisa dikenal oleh anak-anak dan bisa diaplikasikan sesuai dengan usianya” harapnya.

Selain itu, dewan juri juga memuji konsep acara maulid yang digelar oleh TK Islam Athirah 1 Makassar. Asri Mery Sidowati, S.Sn., M.F.A. selaku juri dalam acara itu mengatakan

Ini sangat menarik ya, karena yang dinilai bukan hanya hasilnya tetapi prosesnya juga masuk dalam kriteria penilaian. Jadi proses, kreativitasnya, dan kerja sama dalam tim (orang tua murid dan wali kelas). Jadi dalam proses ini tumbuh rasa kedekatan, kebersamaan, dan kerjasama di antara mereka” jelas guru seni budaya ini.

Ini juga upaya dalam memperkenalkan kepada anak khususnya anak usia dini bagaimana kita mencintai nabi kita, sehingga pengetahuan agama diterapkan sejak dini” tutupnya.

Penulis: Sukri Muhammad (Humas Athirah)