Kegiatan

on 13 November 2019
  • Kegiatan
  • SMP Boarding School Bone

Athirah Megazine_Kabupaten Enrekang dan Toraja menjadi tujuan siswa SMP Islam Athirah Bone melaksanakan field trip atau kegiatan belajar di luar sekolah selama 3 hari dua malam (8-10/11) .
Kunjungan ke Bumi Massenrempulu tersebut diikuti para siswa SMP kelas VII serta sejumlah guru. Rombongan yang berjumlah 73 orang  belajar budaya, adat istiadat, dan keterampilan yang ada di sana.

Kegiatan diawali dengan mengunjungi lokasi peternakan sapi perah dan perkebunan sayur di Belajen, Kec. Alla Kab. Enrekang. Di Tana Toraja, siswa Angkatan IX SMP Islam Athirah Bone mengunjungi Kawasan Wisata Kete’ Kesu dan Sanggar Batikta’ di Rantepao, Kab. Toraja Utara.
Siswa belajar bagaimana proses pengolahan susu sapi segar menjadi keju khas Enrekang atau yang biasa disebut Dangke’. Mereka juga mengamati bagaimana komoditas sayur mayur di Enrekang bisa demikian maju dan mengangkat ekonomi masyarakat di sana. Selain itu, siswa dan para guru mendapatkan pengalaman berharga dengan belajar membatik langsung dengan para ahlinya di Rantepao. Mereka megkahiri perjalanannya dengan mengamati objek wisata budaya di Kete’ Kesu, Rantepao.
Siswa dan guru sangat antusias mengikuti kegiatan karena selain belajar banyak hal baru, mereka juga bisa berwisata di tempat-tempat yang menarik.
“Anak-anak senang sekali dengan kegiatan seperti ini, karena selain belajar di luar kelas, mereka juga bisa berwisata,” Ujar Arfina Arif, Wakasek Kesiswaan SMP Islam Athirah Bone.
Fieldtrip adalah kegiatan belajar dengan metode darmawisata yang menjadi agenda rutin Sekolah Islam Athirah untuk mengajak siswa merasakan pengalaman belajar langsung di tempat aslinya.  (Abisar)