Kegiatan

on 23 Oktober 2019
  • Kegiatan
  • TK Bukit Baruga

Anak usia dini adalah pengamat yang hebat. Mereka mampu merekam apa saja di sekelilingnya. Itu berarti, anak usia dini juga cenderung responsif terhadap stimulus yang membawanya untuk menemukan hal-hal baru.

Bisa sesuatu yang baik, bisa juga sebaliknya. Bisa juga, hal baru itu hanya berupa sensasi kesenangan sesaat yang segera hilang. Namun, jika ditangani dengan cara yang tepat, sensasi kesenangan sesaat bisa menjadi bekal yang bermakna. 

Pada bulan Oktober ini, anak-anak TK Islam Athirah 2 merancang pembelajaran dengan Tema Kebutuhanku yang terbagi menjadi 3 Sub-tema yakni makanan, pakaian dan alat transportasi. Khusus 4 pekan dibulan Oktober TK Islam Athirah 2 melaksanakan Sub-tema pakaian dan alat transportasi karena sub-tema pakaian dilaksanakan di bulan September.

Setiap Sub-tema di bahas dalam 2 pekan karena TK Islam Athirah memiliki 6 Sentra yakni sentra balok, sentra main peran, sentra bahan alam, sentra persiapan, sentra seni dan sentra imtaq. Kegiatan Sentra dilaksanakan pada hari Senin-Rabu sedangkan kamis diisi dengan Reading day dan Jumat merupakan rutinitas ibadah. Sehingga pelaksanaan sentra memakan waktu 2 pekan sekali putaran.

Setiap sentra membagi pokok-pokok bahasan dalam sub-tema. Misalnya pada sub-tema pakaian, ada yang membahas tentang pakaian sehari-hari, pakaian pesta, dsb. Sedangkan pada sub-tema alat transportasi ada yang membahas kendaraan laut, kendaraan darat dan kendaraan udara.

Kegiatan setiap sentra pun bervariasi disesuaikan dengan sentra masing-masing. Misalnya sentra balok melakukan kegiatan membangun, bisa berupa toko baju, boutiqe, mall,  dll. Sedangkan sentra seni melakukan kegiatan melipat kertas origami menjadi kebaya, jaz, dll.

Kegiatan sentra yang unik dan bervariasi ini membuat anak-anak antusias datang ke sekolah setiap harinya karena mereka penasaran akan kegiatan apa yang akan dilakukan lagi di esok hari.