Berita

on 01 November 2019
  • Berita
  • SMA Kajaolalido

Sejumlah 119 siswa kelas XI SMA Islam Athirah 1 Makassar mengikuti pendidikan kesadaran bela negara yang digelar di Markas Militer Bataliyon Infanteri Raider 700/Wira Yudha Cakti (Yonif Raider 700/WYC) Kodam XIV Hasanuddin Jalan Perintis Kemerdekaan Makassar, Jumat (1/11/2019).

Kegiatan dimulai dengan pemeriksaan kesehatan dilanjutkan upacara penyerahan peserta yang dipimpin langsung oleh Wakil Direktur SIA Wilayah Kajaolalido, Mas Aman Uppi, S.Pd., M.Pd. kepada Kasi Logistik Yonif Raider 700/WYC Lettu Inf. James Imanuel.

Pendidikan kesadaran bela negara bagi siswa merupakan implementasi program Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) dalam kurikulum 2013 revisi, khususnya karakter semangat kebangsaan dan cinta tanah air. Beberapa materi yang dibekali peserta di antaranya, wawasan kebangsaan, pelatihan baris-berbaris, dan pengenalan kesatuan militer Yonif Raider 700/WYC.

Ketua Panitia Muhammad Buyana, S.Pd., M.Pd. menjelaskan bahwa kegiatan yang dilaksanakan selama dua hari itu bertujuan membentuk karakter siswa yang disiplin dan cinta tanah air. Setelah mengikuti pendidikan kesadaran bela negara, siswa diharapkan memiliki semangat kebangsaan dan semangat cinta tanah air, serta kedisplinan menjadi kebiasaan dalam kehidupan sehari-hari.

“Kegiatan bela negara ini merupakan agenda tahunan sekolah, ini kita laksanakan rutin setiap tahun sebagai wadah pembentukan karakter bagi siswa SMA Islam Athirah 1 Makassar khusunya kelas XI yang menjadi sasaran program ini” jelas guru PJOK yang akrab disapa Pak Uya ini.

“Kita berharap setelah siswa mengikuti kegiatan ini, ada perubahan sikap dan perilaku terutama kedisiplinan, jadi apa yang mereka dapatkan di tempat ini, nanti akan diaplikasikan di sekolah” tambah Uya.

Pelaksanaan pendidikan kesadaran bela negara itu juga disambut baik oleh Kepala SMA Islam Athirah 1 Makassar Tawakkal Kahar, S.Pd., M.Pd.  Ia menyebutkan bahwa kegiatan bela negara merupakan salah satu program unggulan dalam rangka pencapaian jaminan mutu sekolah dalam pembentukan karakter siswa.

“Ini adalah salah satu program unggulan sekolah, dengan mengikuti kegiatan bela negara siswa bisa memiliki karakter tangguh, leadership, toleran, dan cinta tanah air” jelas Tawakkal saat ditemui, Jumat (1/11/2019).

“Karena itu kita harapkan siswa mengikuti kegiatan ini dengan ikhlas dari awal hingga akhir, agar hasilnya juga maksimal dan bisa diaplikasikan dalam lingkungan sekolah dan rumah” tutupnya.

 

Penulis: Sukri Muhammad