Kegiatan

on 14 Agustus 2019
  • Kegiatan
  • SMP Boarding School Bone

Bone_Athirah – Warga SMP-SMA Islam Athirah Bone pada Hari Raya Idul Adha 1440 Hijriah tahun ini, kembali melanjutkan tradisi berkurban yang hampir tiap tahun dilaksanakan. Kali ini siswa, guru, dan karyawan melakukan kegiatan kurban dengan 8 ekor sapi dan 6 ekor kambing yang kesemuanya merupakan kurban patungan siswa, guru, karyawan, dan orang tua siswa.

Kegiatan kurban yang diselenggarakan di halaman belakang sekolah, Rabu (14/8) ini, disaksikan semua siswa yang dipandu langsung oleh Wakasek Tahfidz dan Keasramaan, H. Haeruddin, Lc. Baik prosesi menyembelih hewan kurban, menguliti, mencincang daging kurban, hingga menimbang dan membukus daging kurban melibatkan para siswa yang dibina langsung Ketua Panitia Kurban sekaligus Wakasek Sarana, Syahrir, S.Pd..

Menurut Kepala Sekolah SMP Islam Athirah, Nuraeni, S.Pd., Kegiatan kurban yang setiap tahun dilaksanakan adalah wujud syukur segenap warga Sekolah Islam Athirah atas segala nikmat yang selama ini diberikan Allah Swt. Selain itu, Keterlibatan orang tua menurutnya adalah partisipasi aktif dari setiap elemen sekolah, menunjukkan rasa memiliki dan solidaritas yang tinggi terhadap setiap program. 

“Kami setiap tahun berkurban di sekolah. Alhamdulillah semua warga berpartisipasi. Ini adalah wujud syukur kami atas segala limpahan rezeki dari Allah Swt. Apalagi banyak orang tua siswa yang ikut berkurban. Ini artinya solidaritas dan rasa memiliki orang tua siswa terhadap sekolah juga tinggi,” ujarnya disela-sela kegiatan pemotongan hewan kurban di sekolahnya.

Sebagaimana pelaksanaan tahun-tahun sebelumnya. Kurban pada tahun ini akan dibagikan kepada masyarakat di sekitar Sekolah Islam Athirah Bone. Daerah Panyula, dan Toro adalah sebagian daerah yang disasar untuk pembagian daging kurban.

Dalam wawancara terpisah, H. Tasman Muhammad, Lc. Guru Pendidikan Agama Islam dan Bahasa Arab, juga menyatakan bahwa kegiatan kurban sangat banyak manfaatnya sebagi pembelajaran parktek siswa dalam tata cara berkurban yang baik dan benar. Disamping itu juga hikmah dari kegiatan ini, katanya diharapkan dapat meningkatkan keimanan baik untuk siswa, para guru dan orang-orang yang ada lingkungan Sekolah Islam Athirah Bone. Selain itu juga pembelajaran bagi siswa dari mulai menyembelih, menguliti, memotong daging kurban, membungkus hingga menimbang dan membagikan kepada yang berhak menerimanya. (Abisar)