Kegiatan

on 16 Juli 2019
  • Kegiatan
  • SMA Kajaolalido

Hari ini (Senin, 15 Juni 2019), SMA Islam Athirah 1 Makassar menggelar MPLS  serentak bersama dengan sekolah negeri dan swasta lainnya. Sebanyak 107 orang yang dinyatakan diterima sebagai peserta didik baru mengikuti kegiatan ini. Kegiatan yang berlangsung di lapangan upacara dan Athirah Tower Lantai 6 Jalan Kajaolalido No. 22 Makassar itu mengusung tema “Membentuk Peserta Didik Berkarakter Islami, Bermutu, dan Berwawasan Global.”

Kegiatan diawali dengan upacara bendera gabungan unit TK, SD, SMP, dan SMA dalam lingkup Athirah 1 Makassar. Kepala Departemen Kurikulum Sekolah Islam Athirah Saharuddin, S.Pd. bertindak sebagai pembina upacara. Saharuddin memulai amanatnya dengan mengucapkan selamat bergabung kepada seluruh peserta didik baru.

Pria yang  juga akrab disapa Sir Didin ini menegaskan bahwa Athirah memproteksi anak didik dari kekerasan, baik kekerasan fisik maupun kekerasan verbal (bullying), sebagaimana diketahui selama ini hal tersebut menjadi momok bagi peserta didik dan orang tua. 

“kalau di Athirah sendiri kontrol utamanya ada di departemen kurikulum, tetapi secara teknis sangat terkait dengan wakil kepala sekolah bidang kesiswaan, kami menjamin tidak ada lagi kekerasan, baik kekerasan fisik maupun kekerasan verbal (bullying)” katanya menegaskan.

Dihubungi di lokasi yang sama, Kepala SMA Islam Athirah 1 Makassar Tawakkal Kahar, S.Pd., M.Pd. menjelaskan bahwa kegiatan tersebut dilaksanakan sesuai juknis MPLS yang dikeluarkan oleh Dinas Pendidikan (Disdik) Provinsi Sulawesi Selatan.

“semua rangkaian acara dalam kegiatan ini kami laksanakan berdasarkan juknis yang dikeluarkan (oleh) disdik provinsi (sulawesi selatan)” jelasnya.

Berdasarkan juknis MPLS 2019 yang dikeluarkan oleh Dinas Pendidikan Provinsi Sulawesi Selatan,  disebutkan perlunya dilakukan pengenalan lingkungan sekolah bagi peserta didik baru yang bertujuan untuk, 1) mengenali potensi diri, 2) membantu peserta didik baru beradaptasi dengan lingkungan sekolah, 3) menumbuhkan semangat dan motivasi belajar 4) mengembangkan interaksi positif, dan 5) menumbuhkan perilaku positif.

Pak Awal berharap kegiatan MPLS ini mampu menjadi titik mula dalam membentuk peserta didik yang berkarakter islami, bermutu, dan berwawasan global.

“kami berharap kegiatan ini menjadi titik awal dalam membentuk peserta didik yang berkarakter islami, bermutu, dan berwawasan global sebagaimana tema yang kami usung dalam kegiatan ini.” harapnya.

MPLS SMA Islam Athirah 1 Makassar (SMA Kajol) akan berlangsung selama tiga hari ke depan. Di isi dengan berbagai materi di antaranya metode belajar efektif, pendidikan karakter, tara krama, dan pembinaan mental agama.


Elli & Sukri Muhammad