Kegiatan

on 17 Juni 2019
  • Kegiatan
  • Yayasan

Mengawali masuk sekolah pasca libur lebaran idulfitri keluarga besar Sekolah Islam Athirah menggelar acara hala bihalal 14/06/19 

Kegiatan yang diikuti oleh guru dan karyawan ini berlangsung khidmat di Gedung gymnasium

Sekolah Islam Athirah 2 Bukit Baruga 

Ust. Dr. Abdul Kahar hadir mebawakan halal bihalal beliu mengawali tausiahnya dengan memberikan pertanyaan singkat, Mengapa jadi pendidik?, berikut ringkasan tausiah beliau.

Semoga jawabannya bukan karena terpaksa. Karena tidak ada pilihan lain. Akhirnya menjadi guru.

Tetapi mengapa menjadi guru? Karena menjadi guru adalah pekerjaan paling mulia. 

Mengapa mulia karena guru mengajarkan kebaikan kepada siswanya. Mengajar siswa dari tidak tahu menjadi tahu. Merubah karakter siswa dari tidak baik menjadi baik. Dengan demikian sesungguhnya mendidik merupakan bagian integral dari berdakwah. 

Mengapa? Karena esensi berdakwah juga adalah merubah dari tidak baik menjadi baik. 

Karena itu sungguh mulia menjadi guru. Karena dapat mewariskan kebaikan atau ilmu. Rasulullah SAW menjadi sangat mulia bukan karena ketaatannya beribadah. Tetapi karena upayanya berdakwah. Mengajak,  mendidik umat manusia kepada kebaikan. Sehingga mulai dari orang pertama yang menerima Islam  hingga akhir zaman nanti. Rasulullah senantiasa mendapatkan pahala kebaikan darinya. 

Gurupun demikian. Semua kebaikan berupa ilmu ataupun prilaku baik yang diajarkan kepada siawanya. Kemudian siswanya mengajarkannya lagi kepada yang lain akan senantiasa diterima pahala kebaikan itu. 

Perlu dipahami bahwa umur itu ada dua. Pertama, umur biologis yakni umur dari lahir hingga mati. Kedua, umur kebaikan yakni kebaikan yang selalu disebut. Yang pernah dibuat semasa hidup. 

Disinilah kelebihan guru. Karena kebaikannya ia selalu disebut. Dan karena ilmunya yang dimamfaatkan. Maka sekalipun sudah tiada

Pahalanya akan diterima sepanjang ilmunya dimamfaatkan orang lain. 

Karena itu sebagai orang yang berprofesi guru harus memiliki rasa qanaah. Merasa puas dan syukur  karena kemulian dalam mengajarkan kebaikan.  

Yang lebih baik lagi jika dalam mengajar, diintegrasikan dengan qur an Hadits. Agar siswa kita dapat memahami dengan baik bahwa ternyata ilmu pengetahuan sumbernya adalah Al Qur an dan hadits. Sehingga siswanya kelak menjadi anak yang cerdas dan berkarakter Qur ani. 

Selain itu ternyata semua kebaikan yang dirangkai oleh guru kemudian diajarkan kepada siswanya. Maka pahalanya akan kembali kepadanya (QS. Al Isra.17 ). Karena balasan kebaikan juga kebaikan (QS Ar Rahman.60).

Karena itu perlu meningkatkan diri untuk bisa menjalankan tugas mulia ini. Semakin baik persiapan kita. Semakin efektif dakwah kita dan semakin banyak kebaikan yang bisa diberikan. Yang pada akhirnya kebaikan itu akan kembali kepada kita. 

Jika demikian. Mari meningkatkan semangat dakwah melalui dunia pendidikan. Semoga bermanfaat bagi orang banyak. Karena manusia paling baik adalah yang paling banyak bermanfaat bagi orang lain (Al Hadits) ujar direktur Sekolah Islam Al-Fityan ini menutup tausiahnya.

Di akhir acara di tutup dengan salam salaman antara seluruh guru dan karyawan

Oleh : Patris Hasanuddin