Kegiatan

on 02 Mei 2019
  • Kegiatan
  • SMA Bukit Baruga

Sebanyak 84 siswa dan 6 orang guru SMA Islam Athirah Bukit Baruga melakukan observasi kampus selama 6 hari dari tanggal 9-14 April 201 mengunjungi 9. Kegiatan observasi kali ini dengan mengunjungi kampus-kampus terbaik di Surabaya, Malang dan Yogyakarta.



Adapun kampus yang dikunjungi adalah; Institut Teknologi Sepuluh November, Universitas Brawijaya dan Universitas Muhammadiyah Malang, institut Seni Indonesia Yogyakarta dan Universitas Muhammadiyah Yogyakarta. Kegiatan ini bertujuan untuk membekali para siswa dalam rangka menyiapkan diri melanjutkan studi di universitas.

Ketua panitia observasi kampus, Irmaningsih, S.Si menuturkan bahwa setelah mengikuti kegiatan ini para siswa punya gambaran bagaimana nuansa akademik di kampus. “Kegiatan ini mampu memberikan mereka pengalaman tentang proses akademik di kampus, yang sedikit berbeda dengan di sekolah,” ujarnya.

Selain itu, mereka sudah bisa membayangkan dan menentukan di mana mereka akan melanjutkan studi setelah lulus SMA. “Semoga nantinya banyak siswa SMA Athirah Bukit Baruga yang melanjutkan kuliah di universitas terbaik di dalam dan luar negeri,” lanjut Irmaningsih

Selain mengunjungi universitas-universitas di daerah Jawa Timur tersebut, peserta kunjungan juga dibawa ke perkampungan batik di Yogyakarta.

Batik tulis merupakan salah satu hasil seni daerah Yogyakarta yang saat ini mulai mendapat tantangan dari keberadaan batik cetak. Pada saat melakukan kunjungan, peserta berkesempatan untuk mempraktikkan cara membuat batik tulis pada kain kecil yang telah disediakan oleh pengrajin. Hasil karya mereka nantinya dapat dibawa pulang sebagai kenang-kenangan.