Kegiatan

on 30 April 2019
  • Kegiatan
  • SMA Kajaolalido

Program “Observasi Kampus” merupakan salah satu program unggulan di kelas XI SMA Islam Athirah 1 Makassar. Program observasi kampus ke wilayah Jawa merupakan kelanjutan dari observasi kampus yang telah siswa lakukan di wilayah Makassar, pada tanggal 18 Maret 2019 di Kampus Universitas Hasanuddin (UNHAS)  dan Universitas Negeri Makassar (UNM). Observasi Kampus Wilayah Jawa dimulai dari tanggal 24 Maret – 28 Maret 2019 (Surabaya-Malang-Jogya).

Rombongan tiba di Surabaya pada hari Minggu, 24 Maret 2019. kemudian rombongan melakukan tour city Surabaya dan beristirahat. Kunjungan kampus diawali keesokan harinya, tgl. 25 Maret 2019 dengan mengunjungi Fakultas Hukum Universitas Airlangga. Rombongan  diterima oleh Ketua Program Studi S-1 Fakultas Hukum Universitas Airlangga, Ibu Eva beserta stafnya. Dalam sambutannya, Wakasek Kurikulum SMA Islam Athirah Makassar, Bapak Yusran, S.Pd., M.Pd. menyampaikan tujuan pelaksanaan dari Observasi Kampus 2019 adalah: 1. Memperkenalkan universitas-universitas terbaik di Sulawesi di Pulau Jawa. 2. Memperoleh informasi yang aktual dari pihak kampus baik tentang program studi yang ada di Universitas serta mengenai sistem penerimaan mahasiswa baru. 3. untuk menjalin silaturrahim dengan pihak universitas.

Ibu Eva dari pihak Universitas Airlangga menyampaikan rasa terima kasih dan senang sekali karena mendapat kunjungan dari guru dan siswa-siswa SMA Islam Athirah 1 Makassar. Karena sebenarnya pihak universitas juga berniat melakukan sosialisasi ke SMA-SMA utamanya di luar pulau Jawa. Ibu Eva menyampaikan banyak beasiswa yang ditawarkan dari pihak Universitas dan untuk mendapatkan keberagaman mahasiswa dari seluruh Indonesia, maka peluang mahasiswa dari luar Jawa cukup besar untuk diterima di Fakultas Hukum Universitas Airlangga.

Pada hari yang sama, kami mengunjungi kampus kedua, Institut Sepuluh Nopember (ITS). Rombongan diterima oleh Wakil Dekan FTI ITS, Dr. Wawan Aries Widodo, ST., MT. Dalam sambutannya, beliau menyampaikan bahwa ITS telah melahirkan beberapa alumni yang berkualitas, diantaranya Walikota Surabaya, Ibu Rismarini serta beberapa prestasi di bidang riset baik antar Universitas di Indonesia maupun di tingkat Internasional. Pesan kepada para siswa SMA Islam Athirah, beliau menyampaikan tips-tips dalam pemilihan jurusan di universitas: 1. Harus ada motivasi dari diri siswa sendiri, misalnya harus menyukai pelajaran agar bisa mudah memahami. 2. Explore tentang jurusan-jurusan yang ada di universitas. 3. Seorang insiyur jangan menghapalkan rumus, tapi dengan cara membuat gambar dan menurunkan rumusnya. Yakin bahwa suatu saat ilmu yang dipelajari bisa bermanfaat bagi orang banyak.  Satu saran dari Pak Wawan adalah jika kita ingin berhasil, hendaknya menyedikitkan tidur seperti Rasulullah, serta memanfaatkan waktu dengan sebaik-baiknya.

Pada hari Selasa, tgl. 26 Maret 2019, kami melakukan kunjungan di Universitas Brawijaya. Rombongan diterima di Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya. Beberapa informasi penting mengenai Universitas Brawijaya termasuk informasi penerimaan mahasiswa baru, serta beberapa informasi mengenai perkuliahan di Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya.  Kunjungan hari ketiga di Kota Jogya, Rabu, 27 Maret 2019 kami awali di kampus Universitas Gadjah Mada Yogyakarta dengan melakukan tour campus. Kemudian kami lanjutkan perjalanan dengan mengunjungi salah satu PTS Swasta yaitu Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY). Kami diterima oleh perwakilan dari pihak UMY, Bapak Dr. Sugeng Wiyanto beserta staf. 

Penulis: Yusminiwati