Kegiatan

on 28 Februari 2019
  • Kegiatan
  • SMP Bukit Baruga

Unit kesehatan sekolah  Islam Athirah Bukit Baruga bekerjasama dengan pusat kesehatan masyarakat wilayah Antang Makassar melakukan sosialisasi penyuluhan penyakit DBD, Anemia dan pengaruh zat besi oleh perempuan. kegiatan ini berlangsung sehari bertempat  di SMA Islam Athirah 2 Makassar. turut hadir siswa Kelas 7 dan 8 SMP Islam Athirah 2 MAkassar sebagai peserta.

Pihak Puskesmas Antang menjelaskan bahwa pada umumnya remaja putri yang berumur 12 sampai 15 tahun sangat penting untuk mengetahui pengaruh zat besi karena mereka membutuhkan asupan zat besi yang cukup banyak dibandingkan remaja putra karena remaja putri mengalami menstruasi setiap bulannya. Hemoglobin remaja putri normalnya 12 g/dl sedangkan remaja putra normalnya 13 g/dl.

menurut Pak Hamdan  selaku wakasek kurikulum mengatakan bahwa siswa kelas 7 dan 8 Putri harus mengikuti materi tentang penyuluhan penyakit anemia dan pengaruh zat besi karena beberapa remaja putri tidak mengerti tentang pentingnya pengaruh zat besi.

Suster Dwi salah satu pegawai unit kesehatan Sekolah Islam Athirah mengatakan bahwa pentingnya perempuan memahami tablet zat besi terhadap anak remaja putri yang sedang mengalami menstruasi.

Selain itu pihak Puskesmas juga menjelaskan tentang DBD yang merupakan penyakit menular yang yang disebabkan oleh virus dengue yang dibawa oleh nyamuk. mereka juga menjelaskan Bagaimana cara mencegah demam berdarah dengan 3M yaitu menutup segala tempat yang bisa menampung air di dalam maupun di luar rumah, menguras tempat penampungan air seperti bak mandi akuarium dan vas bunga satu hingga dua kali seminggu, memanfaatkan semua objek.