Kegiatan

on 02 April 2021
  • Kegiatan
  • SMA Boarding School Bone


Sebagai rangkaian kegiatan penamatan siswa kelas XII, SMA Islam Athirah Bone menggelar Munaqosyah Hafalan Alquran Onine yang dimulai sejak hari ini, Sabtu tanggal 2 April 2021 hingga Selasa, 6 April 2021 mendatang. Meskipun dihelat secara daring, namun tidak mengurangi kekhidmatan kegiatan yang menguji hafalan siswa kelas XII selama bersekolah di SMA Islam Athirah Bone ini.

Munaqosyah Hafalan Alquran kali ini pun dikemas berbeda oleh panitia. Selain dikonsep secara virtual, munaqosyah hafalan Alquran ini didahului dengan Munaqosyah Tahsin yang dilaksanakan pada hari Kamis, 31 Maret 2021 lalu. “Jadi munaqosyah tahun ini dilaksanakan online karena kita masih berada dalam kondisi pandemi, tidak seperti tahun-tahun sebelumnya yang dilaksanakan offline di sekolah. Namun, munaqosyah kali ini tetap disaksikan oleh orangtua siswa di rumah, dan ini sifatnya wajib kepada orangtua untuk mendampingi baik munaqosyah tahsin maupun munaqosyah hifdzilnya meski kedua munaqosyah inidilaksanakandi hari yang berbeda ” jelas Yuliana, S.Pd., Sekretaris Pantia Pelaksanaan Munaqosyah Hafalan Alquran SMA Islam Athirah Bone saat diwawancarai via WhatsApp.

Sekitar 21 orang siswa kelas XII SMA Islam Athirah Bone mengikuti munaqosyah hafalan Alquran di sesi ini. Meskipun target hafalan yang mesti dituntaskan selama 3 tahun adalah 3 juz, namun sekitar 10 orang dari 21 orang tersebut melampaui target hafalan yang telah ditentukan, diantaranya 7 juz, 8 juz, bahkan sampai 10 juz.

Adalah Nurhafidah, siswa kelas XII IPS Al Haadi yang berhasil menuntaskan 10 juz hafalan Alqurannya pada sesi ini. Anak dari pasangan Haddise dan Kasmawati ini selain seorang hafidzah, juga merupakan siswa berprestasi di bidang akademik, terutama di bidang Ekonomi. Berkali-kali mewakili sekolah di berbagai lomba Akuntansi maupun Ekonomi hingga level nasional, namun tetap membuatnya tekun menuntaskan target hafalannya. Ketika ditanya mengenai target hafalan ke depan, gadis kelahiran Bone ini menjawab lugas, “Kalau target untuk menghafalkan Alquran (menambah hafalan) bukan menjadi prioritas saya. akan tetapi target saya kedepan yaitu memiliki hafalan yang mutqin.” Hafidah juga mengaku pada saat munaqosyah berlangsung, ada satu pertanyaaan dewan penguji yang agak sulit untuk dijawabnya, namun setelah dituntun, akhirnya bisa menyelesaikan. “Saya merasa sangat lega hari ini. Perasaan  lega itu tentu bukan  karena merasa sudah bebas dari menghafal alquran akan tetapi rasa lega sebagai hasil dari usaha-usaha saya selama ini untuk mempertahankan hafalan saya. Orang tua saya sangat bersyukur karena bisa menyaksikan secara langsung ketika saya diuji tadi, dan ini jg cita-cita terbesar orangtua saya untuk punya anak seorang hafidzah.” tambah Hafidah dengan haru.

Munaqosyah Alquran ini akan berlanjut pada hari Senin pekan depan. Semoga kegiatannya berjalan lancar dan siswa yang mendapat giliran untuk diuji dapat menyelesaikan dengan baik. (Eva Rukmana-SMA Athirah Bone)