Kegiatan

on 31 Maret 2021
  • Kegiatan
  • SMP Bukit Baruga

Pernahkah anda merasa gagal? Kalau saya “Iya” saya pernah gagal mencapai target yang sudah saya susun dengan matang, saya pernah gagal ketika memulai untuk menulis, saya gagal ketika terlalu berharap kepada manusia, saya pernah gagal membangun kepercayaan diri, saya pernah gagal untuk tetap kuat disetiap kondisi, lalu apakah saya menyerah? Jawabannya adalah “Tidak” karena saya yakin kegagalan saat berjuang itu adalah hal wajar, kegagalan mengejar impian sungguh tidak ada apa-apanya jika dibandingkan dengan kegagalan karena tidak memutuskan apa-apa.

Saya selalu berusaha memberikan sugesti kepada diri saya bahwa tidak pernah ada kata terlambat, tidak pernah ada kata terlambat untuk menjadikan hari ini adalah hari terbaik dalam hidup saya, tidak ada kata terlambat untuk menjadikan diri saya lebih positif dari sebelumnya, tidak ada kata terlambat untuk bangkit dan menjadi orang diatas rata-rata, tidak ada kata terlambat untuk menemukan hal-hal baru dan bertumbuh menjadi pemenang.

Kebanyakan dari kita tidak berubah karena tidak memiliki keberanian, karena kita takut melakukan sesuatu yang tidak kita ketahui, bukankah tidak ada kehidupan baru ketika kita tidak berani menghadapi tantangan baru?, kita harus berani menghadapai ketakutan karena ketakutan itu hanyalah sementara sementara penyesalan itu selamanya, harusnya kita lebih takut jika tahun depan masih sama saja dengan tahun ini, kita harus berubah karena mereka yang tidak mau berteman dengan perubahan akan mati tergilas zaman, jikapun kita gagal maka bangkitlah! Gagal lagi maka bangkitlah lagi, hidup ini ibarat orang yang mengayuh sepeda jika kita berhenti untuk bergerak maka tunggulah saatnya kita akan terjatuh.

Kesuksesan besar berawal dari langkah-langkah kecil yang dilakukan secara konsisten, teruslah menulis dengan tulisan jelekmu dan jangan pernah malu karenanya, karena tulisan yang bagus adalah atas izin Allah dan hanyalah hadiah dari kebiasaan, tidak ada yang akan membuat impian kita menjadi kenyataan kecuali diri kita sendiri, itulah sebabnya kita harus kuat, kita tidak boleh menyerah dalam berjuang, apapun yang terjadi hadapilah dan jangan pernah keluar dari pertempuran, kita harus yakin bahwa setelah hujan akan datang pelangi, setelah badai, matahari pasti akan bersinar bersabarlah menunggu awan-awan badai itu berlalu. Bukankah prajurit-prajurit terbaik memang selalu dikirim ke pertempuran terberat.

Ketika kegagalan menyapa maka jangan menyisakan ruang untuk menyerah, kelak diujung perjuangan semua orang akan bertepuk tangan saat kita meraih kesuksesan dan kemenangan, untuk itu saya dan kita semua tidak boleh menyerah, demi tujuan dan impian, kita harus bisa mengalahkan ketakutan dan itu insya Allah dimulai hari ini.

Terdengar sangat mudah namun pada kenyataannya butuh tekad yang kuat, dan semangat yang tinggi, mari menyemangati diri kita masing-masing untuk terus belajar, untuk terus memperbaiki diri, dan untuk terus bangkit ketika terjatuh. Karena kita semua telah Allah takdirkan sebagai pemenang.


Musdalifah,S.E.