Berita

on 20 Februari 2021
  • Berita
  • TK Bukit Baruga

Webinar TK Islam Athirah yang dilaksanakan pada hari sabtu, (20/02/2021) menjadi salah satu penyemangat bagi Orangtua maupun Guru anak usia dini di masa pandemi.

Misna Namirah Faisal, S.I.Kom selaku Pemandu Acara menyapa seluruh peserta yang hadir baik melalui Aplikasi Zoom dan Chanel YouTube Athirah TV 

Kegiatan diawali dengan sambutan dari Direktur Sekolah Islam Athirah Syamril, S.T, M.Pd yang mengingatkan peserta selaku orangtua untuk "Meyakini dan pahami bahwa anak adalah amanah yang berarti terdapa tugas dari Allah SWT yang melekat di dalamnya. Pendidikan adalah salah satu dari tugas itu". 

Senada dengan hal tersebut, sambutan Kedua dari KABID PAUD Disdik Kota Makassar yakni  Dr. Hikmah Manganni,S.Pd.,M.Pd juga mengingatkan bahwa "Meski Pandemi, tidak ada kata berhenti untuk melanjutkan pendidikan"

Sebelum memasuki sesi pemaparan materi, Rita Subianti S.Pd, M.Pd selaku Guru TK Islam Athirah mengajak peserta yang hadir untuk mengenal dan mengetahui berbagai program sekolah baik saat situais normal maupun pembelajaran saat pandemi. Ini adalah salah satu dukungan dan rekomendasi yang diberikan kepada Orangtua yang memiliki anak usia dini.

Memasuki sesi webinar yang mengusung tema "Meski Pandemi Melanda Sekolah Harus Tetap yang Utama". Peserta yang berjumlah 116 orang ini sangat fokus dan juga antusias mengikuti pemaparan tentang berbagai tips dan informasi yang disampaikan oleh Pemateri asal Bandung yakni Dr. Aisyah Yuhanida Noor.

Pemateri memulai webinar dengan memberikan kesempatan kepada peserta yang terdiri dari berbagai latar belakang antara lain Orangtua, Guru, maupun Pengelola sekolah untuk menyampaikan berbagai permasalan atau pendapat mereka tentang apa yang dialami selama pandemi terkait pendidikan. Suasana webinarpun menjadi interaktif dan  juga seakan sebagai tempat " Curhat" bagi seluruh peserta yang hadir.

Salah satu curhatan oleh peserta kepada pemateri dan sangat selaras dengan tema webinar adalah  meminta solusi atau tips dalam menghadapi situasi ketika peserta yang berperan sebagai orangtua memiliki beberapa anak yang berbeda usia namun  hanya terdapat 1 perangkat yang bisa digunakan untuk mengikuti proses pembelajaran daring.  

Menjawab hal tersebut, Pemateri menyampaikan "hendaknya memilih anak yang perlu diprioritaskan lalu bagi anak lainnya terutama anak usia dini dapat diatasi dengan pilihan sekolah yang dapat memberikan fleksibilitas waktu bagi anak untuk mengikuti proses pembelajaran. Sehinga harapannya orangtua  memberikan kesempatan setiap anak untuk mendapatkan pendidikan”.

Saat Ini, pandemi masih menjadi isu dan tantangan semua orang terutama orangtua dan guru. Webinar TK Islam Athirah ini bertujuan untuk memberikan jawaban dan ajakan kepada orangtua untuk tetap memperhatikan pendidikan yang tepat dan sesuai untuk anak usia dini di masa kehidupan awal mereka.

Citizen Reperter : Rita Subianti, S.Pd, M.Pd.