Kegiatan

on 20 Februari 2021
  • Kegiatan
  • TK Kajaolalido

Pandemi covid 19 sudah berjalan lebih satu tahun dan kita semua belum tahu kapan pandemi akan berakhir. Untuk itu semua kita para guru dan orang tua harus siap dengan segala kemungkinan yang akan terjadi ke depan. Para orang tua sudah mulai stress, anak merasa jenuh, maunya pergi ke sekolah bertemu dan bermain bersama teman di sekolah. Lagi-lagi kita masih harus mengubur keinginan untuk bisa datang ke sekolah bertemu dengan guru dan teman.  Banyak guru sudah mulai kehabisan akal dan mati gaya untuk memberikan strategi apa yang membuat anak tetap bisa belajar dirumah dengan efektif dan berkualitas.

TK Islam Athirah memberi jawaban dan beberapa alternatif untuk menghadapi semua ini melalui kegiatan webinar yang di gelar secara virtrual pada hari Sabtu tanggal 20 Februari 2021 melalui aplikasi zoom. Dalam webinar ini TK Islam Athirah menghadirkan narasumber yang sangat kompeten dibidangnya yaitu ibu Aisya Yuhanida Noor seorang psikolog yang juga sebagai penulis beberapa buku tentang psikologi.

Turut hadir juga dalam kegiatan ini direktur Sekolah Islam Athirah bapak Syamril, ST.,M.Pd. Beliau hadir menyapa narasumber dan seluruh hadirin peserta webinar. Dalam sambutan beliau  menyampaikan hal yang sehubungan dengan tema webinar kali ini yaitu “Meski Pandemi Melanda Sekolah Tetap yang Utama”. Beliau menyatakan “Hal yang harus kita yakini dan pahami bahwa anak adalah amanah dari Allah SWT. Disebut amanah yaitu ada tugas yang melekat. Salah satu tugas yang melekat yaitu pendidikan. Kondisi apapun pendidikan tidak boleh berhenti. Dalam kondisi pandemi sekarang kita tidak boleh menjadikan kambing hitam bahwa tidak ada pendidikan. Justru kondisi sekarang menantang kreatifitas kita agar tidak mati gaya. Dengan pandemi seperti ini kira-kira seperti apa pendidikan yang tepat untuk anak kita sehingga anak-anak kita bisa berkembang. Itulah salah satu jalan untuk kita mendidik anak kita melalui pendidikan”.

Suatu kebanggaan juga karena dalam kesempatan ini bapak KABID PAUD Disdik Kota Makassar Bpk DR.Hikmah Manganni,S.Pd.,M.Pd. juga hadir dan sekaligus berkesempatan membuka acara webinar ini secara resmi. Beliau juga dalam sambutannya memberi motivasi  kepada para pendidik bagaimana menghadapi  dan beradaptasi dalam pembelajaran jarak jauh (PJJ) sehingga anak dapat belajar dengan menyenangkan. 

Kegiatan webinar ini berjalan dengan baik. Antusias para guru dan orangtua anak didik begitu terlihat ketika proses tanya jawab setelah Ibu Aisya selesai memaparkan materinya. Peserta yang hadir juga tidak hanya dari kota Makassar saja tapi hadir dari beberapa kota dan daerah di Sulawesi bahkan dari luar Sulawesi. Peserta dalam room zoom dihadiri sebanyak 116 peserta ditambah lagi dengan peserta yang menyaksikan langsung dari YouTube Chanel Athirah TV karena keterbatasan pada room zoom. Rasanya tak cukup waktu untuk terus menggali ilmu dari beliau, banyak sekali hal yang ditanyakan oleh peserta webinar yang begitu mencerahkan karena langsung memberi solusi praktis yang dapat di aplikasikan langsung baik bagi para guru maupun bagi orangtua. Mulai dari keterbatasan gadget yang dimiliki, keterbatasan orang tua dalam hal mendampingi anak belajar dirumah sampai pada masalah yang muncul pada pembelajaran daring atau PJJ.

Pada akhir acara salah satu peserta webinar Illyanti dari Makassar juga menyampaikan  testimoninya bahwa  dirinya juga sering memperlakukan anaknya dengan nada suara yang tinggi karena menurutnya kalau tidak tinggi suaranya anaknya tidak mau mendengarnya. Setelah mengikuti webinar ini disadari bahwa apa yang dilakukan terhadap anaknya salah dan akan berusaha untuk mengaplikasikan  ilmu yang diperoleh dari webinar ini. Para peserta yang lainpun turut memberikan testimoninya dan tak lupa mengucapkan terima kasih banyak kepada narasumber dan panitia webinar. Semoga kedepannya TK Islam Athirah dapat lagi mengadakan webinar seperti ini dan semoga dari webinar ini seluruh peserta mendapatkan ilmu yang bermanfaat dan dapat diaplikasikan untuk anak-anak kita sehingga masa emas anak usia dini tidak terbuang sia-sia yang menyebabkan Lost Generation dan semoga anak kita tetap mendapatkan pendidikan yang baik sebagaimana mestinya meskipun dalam masa pandemi. Aamiin.

Penulis ; Siti Khotijah, S.Pd (Kepala TK Islam Athirah 1)