Kegiatan

on 25 Januari 2021
  • Kegiatan
  • SD Kajaolalido

Baru-baru ini seluruh guru SD Islam Athirah 1 Makassar mengikuti kompetisi bertajuk “Experiential Learning”. Kegiatan ini diikuti oleh seluruh guru di SD Islam Athirah 1 Makassar. Kegiatan ini dilaksanakan secara daring melalui zoom meeting, Sabtu (24/01/2021). Kepala Sekolah SD Islam Athirah 1 Makassar, Khasan, S.Pd. dalam sambutannya mengatakan kompetisi ini diadakan sebagai bentuk pengembangan diri guru. Guru-guru diharapkan mampu belajar secara mandiri dan juga ini termasuk ke dalam penilaian kinerja guru.

Guru-guru diberikan waktu selama sebulan untuk merancang presentasi mengenai “Experiential Learning”. Presentasi yang telah selesai dikumpulkan kepada para pimpinan dan hanya 15 presentasi terpilih yang akan diberikan kesempatan menjelaskan tentang “Experiential Learning di hadapan para juri. Adapun juri yang terlibat yaitu : Syamril ST, M.Pd, Mas Aman Uppi, S.Pd, M.Pd, Drs. Patris Hasanuddin, M.Pd dan Syamsul Bahri, S.Pd.I.

Experiential learning atau belajar dari pengalaman yang menekankan pada peranan pengalaman dalam proses pembelajaran, pentingnya keterlibatan aktif siswa, dan kecerdasan sebagai kesan interaksi antara pebelajar dengan lingkungannya. Ada empat siklus empat langkah dalam experiential learning untuk proses belajar yang digunakan dalam penelitian ini yaitu: 1) concrete experience (emotions), 2) reflective observation (watching), 3) abstract conceptualization (thinking) dan 4) active experimentation (doing).

Presentasi pertama diadakan pada Jumat (15/1/2021). Sebanyak 5 guru yang diberikan kesempatan mempresentasikan hasil power pointnya mengenai experiential learning.Sebelumnya acara ini dimulai dengan quizizz bertemakan experiential learning. Tujuannya untuk menguji sejauh mana pengetahuan para guru mengenai topik tersebut. Di kesempatan berikutnya, Sabtu (24/1/2021) sepuluh peserta kembali unjuk gigi di hadapan para juri. Walau diadakan secara daring tetapi para peserta terpilih tetap menampilkan kemampuan terbaiknya.

Senin (25/1/2021)Wakasek Kurikulum SD Islam Athirah 1, Arfyuni Firman, S.Pd.,M.Pd. mengumumkan para juara di briefing pagi. Menurut juri, enam peserta terbaik ini terpilih karena telah memenuhi empat siklus dari experiential learning”, penguasaan materi, kepercayaan diri, bermakna bagi peserta didik, dan dapat diimplementasikan denganmudah (mudah, kreatif, dan aman). Adapun juaranya yaitu juara 1 diraih oleh Dewi Purnama Sutji, M.Pd, juara 2 Ernawaty, S.S, juara 3 Kartini, S.Pd, juara 4 Hj St Supianah, S.Pd, juara 5 Nidia Alwiah, S.Pd, dan juara 6 Haisya, S.Pd.

Di akhir briefing, para pimpinan SD dan rekan guru-guru pun mengucapkan selamat kepada para pemenang. “Selamat kepada teman-teman yang juara, semoga ke depannya teman-teman bisa lebih semangat lagi memberikan yang terbaik kepada seluruh siswa kita di SD Islam Athirah 1 Makassar,”Ujar Arfyuni Firman, saat menutup sesi briefing.

Penulis    : Syahriyanti (Tim Web SD Islam Athirah 1 Makassar)