Kegiatan

on 25 Januari 2021
  • Kegiatan
  • SMA Kajaolalido

OSIS SMA Islam Athirah 1 Makassar menggelar acara Upgrading Pengurus OSIS & MPK secara virtual selama dua hari (22 s.d 23 Januari 2021). Acara ini diikuti oleh seluruh Pengurus OSIS dan MPK Adratama SMA Islam Athirah 1 Makassar Periode 2020/2021. Sebanyak 61 partisipan bergabung dalam kegiatan yang digelar melalui aplikasi konferensi video Zoom Meeting.

Hari pertama kegiatan upgrading diawali dengan acara pembukaan, tilawah dan pembacaan do’a, sambutan Ketua Panitia, dan sambutan Kepala SMA Islam Athirah 1 Makassar sekaligus membuka secara resmi kegiatan. Setelah itu dilanjutkan dengan pembacaan tata tertib dan penyampaian materi. Materi yang pertama adalah tentang Manajemen Organisasi  oleh Kepala SMA Islam Athirah 1 Makassar Tawakkal Kahar, S.Pd., M.Pd. Dilanjutkan dengan materi kedua tentang Metode Persidangan oleh Wakasek Kesiswaan & IT SMA Islam Athirah Bukit Baruga, Abdul Azis, S.Pd., M.Pd.

Hari kedua pelaksanaan kegiatan diawali dengan penyampaian materi Self Development oleh Fransiska Amir dari lembaga INSIGHT Indonesia. Pemateri memulai dengan memberikan beberapa pertanyaan awal kepada para peserta upgrading melalui quiz mentimeter. Salah satu pertanyaan yang diajukan adalah mengenai arti Self Development bagi para peserta upgrading. Pemateri juga menyampaikan 3 hal penting yang harus dilakukan para peserta dalam hal self development, yaitu (1) bersyukur, (2) berpikiran terbuka, dan (3) mencari makna. Bersyukur maksudnya adalah menyadari dan bersyukur dengan potensi yang Allah Azza wa Jalla berikan. Berpikiran terbuka diartikan sebagai siap menerima feedback, belajar, dan mencoba hal-hal baru. Yang terakhir, mencari makna dimaksudkan dapat mengambil hikmah dari setiap kejadian, setiap kesempatan, dan setiap pengalaman.

Untuk materi keempat, panitia kemudian membagi para peserta upgrading ke dalam dua breakout Zoom Meeting,  yaitu materi Teknik Pembuatan Proposal Kegiatan yang disampaikan oleh Wakasek Kesiswaan & IT SMA Islam Athirah 1 Makassar Yusran, S.Pd., M.Pd. dan materi Kebendaharaan oleh Annas, S.Pd., (Guru Ekonomi SMA Islam Athirah 1 Makassar). 

Acara upgrading kemudian dilanjutkan dengan materi yang tak kalah pentingnya, yaitu tentang Keprotokoleran yang dibawakan oleh B.J. Gunawan, S.Pd., M.Pd. (Wakasek Kurikulum SMA Islam Athirah 1 Makassar). Hari kedua pelaksanaan upgrading diakhiri dengan materi Kesekretariatan oleh Muh. Sukri, S.Pd, M.Pd. (Guru Bahasa Indonesia SMA Islam Athirah 1 Makassar).

Semoga dengan pelaksanaan upgrading ini dapat meng-upgrade semangat masing-masing pengurus dalam meningkatkan kerja sama untuk meraih tujuan bersama kepengurusan OSIS & MPK satu tahun ke depan.

 

Penulis : Yusminiwati (Tim Humas SMA Islam Athirah 1 Makassar)