Kegiatan

on 22 Januari 2021
  • Kegiatan
  • SD Kajaolalido

Jumat (22/1/2021) seluruh warga SD Islam Athirah 1 Makassar melaksanakan lelang amal bertajuk “Charity Auction” (for students to children). Kegiatan lelang ini dilaksanakan oleh pengurus OPDIS SD Islam Athirah 1 Makassar secara daring melalui zoom meeting. Kegiatan ini diikuti 283 peserta yang terdiri dari siswa-siswi, guru dan karyawan SD Islam Athirah 1 Makassar, wakil direktur, kepala departemen dan guru karyawan unit lain di Sekolah Islam Athirah.

Turut hadir Wakil Direktur Sekolah Islam Athirah, Mas Aman Uppi, M.Pd., dalam sambutannya mengapresiasi sangat tinggi terhadap kegiatan ini. “Lelang amal ini merupakan aksi kemanusiaan sesuai sila ke-2 kemanusiaan yang adil dan beradab. Bentuk solidaritas kita terhadap saudara kita yang terdampak. Semoga yang kita lakukan pada hari ini bernilai pahala di sisi Allah SWT,”ujarnya saat membuka acara.

Sementara itu, Andi Ratu Anzo, Ketua OPDIS SD Islam Athirah 1 Makassar mengatakan bahwa kami pengurus OPDIS tidak akan tinggal diam melihat saudara-saudara kita yang tertimpa musibah gempa di Sulbar. “Kami adakan aksi kemanusiaan ini untuk membantu meringankan beban korban terutama anak-anak di Sulbar. Kami memilih barang kesayangan kami untuk dilelang dan hasil lelangnya akan didonasikan kepada para korban gempa Sulbar,”ujar Ratu.

Pada pelaksanaan lelang tersebut dipandu oleh salah seorang guru SD Islam Athirah 1 Makassar, Syahriyanti, S.Pd.,M.Pd. Tidak ada proses penawaran saat lelang. Moderator menampilkan barang siswa di tiap levelnya dan partisipan yang ingin membeli harus menuliskan nama dan kelas di kolom komentar (chat). Peserta yang paling pertama dialah yang berhasil mendapatkan barang tersebut.

Antusiasme peserta lelang sangat meriah ketika lelang dimulai. Dalam kegiatan tersebut terlihat berbagai macam bentuk barang yang ditawarkan oleh para siswa seperti baju kaos, kemeja, gamis, sepatu, sandal, celana, topi, konektor masker, jilbab, berbagai tanaman, makanan, bahkan ada juga ikan cupang. Harga terendah mulai dari lima ribu rupiah hingga lima puluh ribu rupiah.

Kepala Sekolah SD Islam Athirah 1 Makassar, Khasan, S.Pd. menjelaskan bahwa lelang amal yang digelar selama sehari tersebut dilaksanakan untuk membantu korban bencana gempa di Sulawesi Barat. Di akhir acara beliau mengungkapkan terimakasih kepada seluruh siswa dan juga guru serta panitia yang terlibat yang telah menyukseskan kegiatan lelang amal ini.

Penulis        : Syahriyanti (Tim Web SD Islam Athirah 1 Makassar)