Kegiatan

on 30 Oktober 2017
  • Kegiatan
  • SMA Bukit Baruga
MAKASSAR – Momentum sumpah pemuda yang diperingati setiap 28 Oktober seyogyanya jangan hanya sebagai seremonial belaka. Sepatutnya, nilai-nilai semangat juang pemuda dalam merebut kemerdekaan di zaman dulu, dapat diinternalisasikan oleh generasi millenial di masa kini. Terkhusus bagi pelajar, semangat sumpah pemuda diaktualisasikan dalam bentuk kesemangatan menimba ilmu.
Guru SMA Islam Athirah Bukit Baruga, Abdillah SPd mengatakan, melalui peringatan sumpah pemuda diharapkan tumbuh semangat kepemudaan di dalam diri para siswa Athirah. “Diharapkan mereka semangat dalam belajar. Terutama bagi siswa kelas XII yang tidak lama lagi akan menghadapi ujian nasional,” ujarnya disela-sela apel sumpah pemuda di Lapangan SMA Islam Athirah Bukit Baruga, Jalan Raya Baruga, Makassar, Sulawesi Selatan, Jumat (27/10/2017).
Turut hadir mengikuti apel, Kepala SMA Islam Athirah Bukit Baruga Ibnu Hajar SPd, wakasek kurikulum Bakry PhD, wakasek kesiswaan Wardah SPd, wakasek sarana prasarana Hadiwijaya ST, sejumlah guru, dan ratusan siswa-siswi kelas X, XI, dan XII. Pada kesempatan tersebut, perwakilan siswa membacakan sumpah pemuda. Bagi seorang pelajar, sumpah pemuda menjadi dorongan melakukan hal-hal yang positif dan menjauhi pengaruh negatif, seperti narkoba dan tawuran. “Kita harus arahkan siswa pada kegiatan yang positif,” tutur Abdillah. Siswa SMA Islam Athirah Bukit Baruga, Satrio Budi Utomo menyatakan, di zaman perjuangan kemerdekaan dahulu, pemuda menggunakan senjata. Tetapi, di zaman sekarang ini, pemuda berjuang dengan menimba ilmu setinggi-tingginya. “Kita berupaya memajukan Indonesia melalui pendidikan,” sebut siswa kelas X IPS ini. Usai apel sumpah pemuda, SMA Athirah Bukit Baruga beberapa kegiatan diantaranya senam kebugaran dan berbagai jenis lomba. Adapun lomba yang digelar diantaranya cerdas cermat, video kepemudaan, dan pidato. Lomba didukung oleh beberapa perusahaan makanan, minuman, dan produk kesehatan. (Ilmaddin Husain)