Kegiatan

on 28 November 2020
  • Kegiatan
  • SMA Kajaolalido

SMA Islam Athirah menggelar kegiatan lanjutan “Bela Negara” bagi siswa-siswi kelas XI sekaligus acara penutupan, Sabtu (28/11/2020).  Hari kedua kegiatan diawali dengan materi “Pentingnya Bela Negara Bagi Pelajar di Masa Pandemi” oleh Mayor TNI Arie Widarto, S.I.P. (Kepala Seksi Teritorial Rindam XIV/Hasanuddin).

Dalam paparannya, Mayor TNI Arie Widarto, S.I.P menjelaskan beberapa hal, diantaranya tentang lambang-lambang negara, tujuan bela negara, contoh-contoh ancaman nyata yang dihadapi bangsa Indonesia, nilai dasar bela negara, serta alasan perlunya membela negara kita yang tercinta. Ada tiga alasan mengapa kita perlu membela negara, yaitu: (1) Alasan historis, (2) Alasan geografis, dan (3) Alasan demografis.

Di akhir presentasinya, Arie Widarto berpesan kepada para peserta bahwa kegiatan bela negara tidak hanya berarti hanya mengangkat senjata membela negara tercinta, Indonesia. Bela negara  juga dapat diwujudkan dalam nilai dasar bela negara, yaitu: (1) Cinta tanah air, (2) Kesadaran berbangsa & bernegara, (3) Setia kepada Pancasila sebagai ideologi negara, (4) Rela berkorban demi bangsa & negara, dan (5) Memiliki kemampuan awal bela negara.

“Berusahalah untuk belajar, berusahalah untuk memperluas wawasan ke depan dengan landasan agama,” pesannya.

Agenda kegiatan dalam pelaksanaan “Bela Negara” ini tidak hanya berupa materi tentang bela negara saja, tetapi juga diselingi dengan kuis dan lomba video lagu kebangsaan dari para peserta kegiatan. Kuis yang diberikan merupakan evaluasi materi dari para pemateri di hari pertama dan kedua kegiatan “Bela Negara” ini.

Antusiasme peserta dalam kegiatan ini juga cukup tinggi, dilihat dari banyaknya pertanyaan yang diajukan oleh para peserta kepada masing-masing pemateri.

Sebelum acara penutupan, diumumkan para pemenang kuis, pemenang lomba video lagu kebangsaan, serta peserta terbaik yang diambil dari perwakilan masing-masing kelas dalam kegiatan “Bela Negara” ini.

Berikut ini nama-nama pemenang dari masing-masing kategori lomba:

Lomba Quizizz: Juara 1 (Alief Fauzan dari kelas XI MIPA 4), Juara 2 (Irfan Naufal dari kelas XI MIPA 4), dan Juara 3 (Siti Nur Azhifa dari kelas XI MIPA 1).

Lomba Video Lagu Kebangsaan: Juara 1 (Kelompok 9 dari kelas XI MIPA 2), Juara 2 (Kelompok 3  dari kelas XI MIPA 4), dan Juara 3 (Kelompok 8 dari kelas XI MIPA 1).

Peserta Terbaik: Shafira Ramadhani (XI MIPA 1), Andi Aden Hamdani (XI MIPA 2), Fadhilah Rezky Marshanda (XI MIPA 3), Andi Fadhilah Octaviani (XI MIPA 4), dan Andi Afifah Araminta (XI IPS).

Tawakkal Kahar, S.Pd., M.Pd., Kepala SMA Islam Athirah 1 Makassar dalam sambutannya sekaligus menutup acara kegiatan “Bela Negara” menyampaikan selamat kepada para pemenang lomba dan berharap ada banyak manfaat yang bisa dipetik dari pelaksanaan kegiatan ini.

“Semoga ada banyak manfaat yang bisa kita petik dari kegiatan ini. Selamat untuk ananda pemenang lomba. Ada juara berarti ada proses yang berlangsung secara kompetitif, harapannya ada manfaat dari kegiatan yang telah kita ikuti dan dapat kita implikasikan dalam kehidupan sehari-hari,” ucapnya.

“Selama dua hari kegiatan, ananda semua telah mengetahui dari pemateri tentang teori-teori serta dasar-dasar tentang bela negara. Banyak hal yang telah diberikan negara kepada kita. Karena itu sebagai warga negara yang baik, kita wajib membela negara kita. Sebagai siswa, bentuk bela negara yang bisa ananda lakukan adalah belajar dengan baik. Semoga momentum dua hari ini memberi manfaat yang besar untuk ananda semua,” imbuhnya.

Tawakkal Kahar juga menyampaikan bahwa kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan oleh sekolah termasuk kegiatan “Bela Negara” semuanya bermuara kepada 4 kata kunci dari visi sekolah, yaitu  unggul, islami, nasional, dan global. Semoga dengan pelaksanaan kegiatan bela negara mampu mewujudkan visi sekolah. Tawakkal Kahar juga menyampaikan terima kasih kepada para panitia guru maupun panitia siswa yang telah mendukung kelancaran pelaksanaan kegiatan ini.

“Kepada para peserta, selamat telah mengikuti dengan baik kegiatan ini. Selamat saya ucapkan juga untuk yang telah menjuarai lomba. Tak lupa, terima kasih kepada panitia siswa dan panitia guru yang telah mendukung kelancaran pelaksanaan kegiatan ini,” tutupnya.

 

Penulis: Yusminiwati