Kegiatan

on 20 November 2020
  • Kegiatan
  • SMP Kajaolalido

SMP Islam Athirah 1 Makassar kembali memberikan penghargaan bagi peserta didik dan kelas yang memiliki presentase Character Log tertinggi. Pengumuman penghargaan ini dilaksanakan setiap bulannya. Character Log Terbaik selama bulan Oktober telah diumumkan pagi ini, setelah pelaksanaan Al Kahfi Time melalui aplikasi konferensi zoom, Jumat (20/11/2020).

Penghargaan Character Log Terbaik diharapkan dapat menjadi wadah agar peserta didik dapat termotivasi untuk mengisi form character log setiap harinya. Peserta didik tidak hanya sekadar disiplin saat dengan pengisiannya, tetapi juga dapat juga bersikap jujur dalam mengisi setiap item yang ada di dalam form character log tersebut.

Pengumuman character log terbaik, ada dua kategori yaitu kategori kelas dan kategori individu. Kategori kelas dengan pencapaian character log tertinggi yang diperoleh oleh kelas 8.5 dengan wali kelas Munira, S.Pd. Untuk kategori kelas ada tiga peserta didik yang mendapatkannya. Tiga peserta didik itu merupakan perwakilan masing-masing angkatan, atas nama Huriyah Nasya Zhafirah (Kelas 7), Chairunnisa Rahmadianty Alkaaf (Kelas 8), serta Zalika Mayanti (Kelas 9).

Wakasek Kesiswaan dan IT Musawwir Mus, Lc. menuturkan tujuan diadakannya pengumuman character log terbaik setiap bulannya.

“Character Log Terbaik adalah bentuk apresiasi kepada peserta didik yang telah disiplin, jujur serta mengaplikasikan nilai-nilai character log dalam kehidupan sehari-harinya. Bagi peserta didik yang mendapat persentase terbaik, diberikan penghargaan berupa pulsa” tuturnya.

Wali kelas 8.5 Munira, S.Pd selaku wali kelas dengan persentase character log terbaik mengungkapkan tahap-tahap agar persentase dapat meningkat bulan ini. Apalagi persentase character log bulan lalu belum terlalu maksimal.

“Awalnya kelas 8.5 persentasenya agak rendah pada bulan juli hingga agustus, tetapi perlahan-lahan berbicara dengan peserta didik, lalu mencari cara supaya mau mengisi  dulu. Secara individu memang bukan yang paling tinggi. Namun hampir semua peserta didik  mengisi setiap hari. Sejak september, ada PJ yang akan mengirim setiap pukul 08.00 malam setelah salat Isya. Lalu diberikan batas pengisian keesokan paginya,  sebelum perwalian. Hal itu dilaksanakan setiap hari ”ungkapnya.

Sementara itu, Nabila Rusdin selaku Penanggung Jawab (PJ) Character Log kelas 8.5 memaparkan hal-hal yang dilakukan selama menjadi penanggung jawab. Apalagi bukan hal mudah untuk mengingatkan dan memotivasi teman-temannya.

“Tugas saya untuk mengingatkan teman-teman agar mengisi character log setiap hari. Saya memotivasi dan memberikan bujukan kepada mereka, dengan cara mengirimkannya pesan di group. Pesan yang dikirim berupa informasi, bahwa saya sudah selesai mengisi character log-nya dan berharap teman-teman tidak mau ketinggalan juga untuk mengisinya, paparnya.

Laporan: Musyorafah (TIM Web SMP Islam Athirah 1)