Berita

on 17 November 2020
  • Berita
  • SD Kajaolalido

Hari ini, Selasa (17/11/2020) Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI) Cabang Makassar memperingati Bulan Kesehatan Gigi Nasional (BKGN). Kegiatan yang diadakan secara virtual ini dihadiri oleh 385 peserta yang terdiri dari siswa, guru, dan para dokter gigi di Makassar. Beberapa sekolah yang bermitra dan diundang oleh PDGI Cabang Makassar seperti SD Telkom, SD Pemda, SD Al Biruni, SD Mattoanging 1, SD  Mattoanging 2, SD Tello Baru, SD Panaikang, SD Hang tuah, SD Sudirman, Inpres Mangga 3, SD Monginsidi, dan juga SD Islam Athirah 1 Makassar hadir di webinar ini. Terdapat 29 orang Pengurus OPDIS mewakili SD Islam Athirah 1 Makassar  dan 4 orang Pembina OPDIS ikut meramaikan kegiatan ini. 

Webinar ini terbagi menjadi dua sesi. Adapun pembicaranya terdiri dari dokter gigi seperti Dr. drg. Eka Erwansyah, M.Kes.,Sp.Ort (K), Mayor Laut (K/W) drg. Lusy Damayanti, Sp.KGA, dan juga Prof. Dr. drg. Sri Oktawati M.Kes, SP. Perio (K) 

Ketua PDGI Cabang Makassar DR. DRG. Eka Erwansyah, M.Kes,. SP.ORT dalam sambutannya mengatakan acara ini merupakan Bulan Kesehatan Gigi Nasional yang diselenggarakan di seluruh Indonesia termasuk kota Makassar. Setiap daerah memiliki teknis kegiatan yang berbeda dan di Makassar cukup memberikan warna yang spesial yaitu dengan menghadirkan dongeng dari Kak Heru. Kegiatan ini dilaksanakan untuk memberikan edukasi dan penyuluhan kepada anak-anak untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut. Dalam kesempatan yang sama di sesi pertama drg. Eka Erwansyah menyampaikan kepada anak-anak untuk rajin menyikat gigi. Jika ingin menjadi pilot, dokter, tentara maka giginya harus dijaga sejak kecil. 

Webinar yang mengangkat tema “Gigi dan Gusi Sehat dalam Era New Normal, Bagaimana Caranya?” ini menghadirkan Dongeng Kesehatan Gigi oleh Kak Heru. Dalam dongengnya, Kak Heru bercerita tentang Kapten Gihat Menumpas Monster Gigi. Kak Heru menceritakan kepada anak-anak untuk rajin menggosok gigi 2x sehari yaitu setelah makan di pagi hari dan sebelum tidur, makan buah dan sayuran agar gigi tetap sehat. Anak-anak cukup terlihat antusias mengikuti jalannya cerita dongeng dari Kak Heru. 

Ahsan, salah satu pengurus OPDIS SD Islam Athirah 1 Makassar mengatakan “Webinarnya bagus karena menjelaskan tentang kebersihan gigi dan pernapasan. Selain itu penjelasan  narasumbernya sangat jelas dan mudah dipahami. Kita jg mendengarkan dongeng tentang pentingnya menggosok gigi 2 kali sehari”. Sementara itu Radit yang juga merupakan pengurus OPDIS berkata “Setelah saya ikuti webinar ini saya akhirnya tahu cara merawat gigi dan mulut yang benar”, ungkap Radit saat wawancara dengan salah satu Pembina OPDIS.

Sementara itu ibunda Ahsan juga menyambut positif dengan adanya webinar ini. “Kalau bisa Bu selain webinar ini SD Islam Athirah juga menyelenggarakan webinar tentang kesehatan mata karena anak-anak juga bisa bijak menggunakan teknologi apalagi di masa pandemi ini”, tutur beliau saat sesi wawancara.

Penulis : Syahriyanti (Tim Web SD Islam Athirah 1 Makassar)