Kegiatan

on 11 November 2020
  • Kegiatan
  • SMA Boarding School Bone

Bagi siswa, inspirasi dan motivasi sangat dibutuhkan agar semangat meraih apa yang mereka impikan. Inspirasi dan motivasi bisa datang dari mana saja. Bukan hanya dari aspek akademik di sekolah, namun juga dari orang-orang sukses dan lingkungan di sekitarnya. Sekolah Islam Athirah Bone pun mendesain program untuk mendukung hal tersebut yaitu kelas motivasi yang rutin dilakukan tiap bulannya.

Adalah Dr. Edi Sutarto, M.Pd. selaku pengisi kelas motivasi bertema Mengenal Bakat dan Potensi Diri Untuk Menjadi Insan Berprestasiini. Kegiatan tersebut dilaksanakan Senin, 9 November lalu via Zoom dan diikuti oleh seluruh siswa SMA Islam Athirah Bone yang juga dilivekan via kanal Youtube Athirah Bone. Kelas motivasi kali ini bertujuan untuk memantik motivasi siswa untuk menemukan bakat dan potensinya agar dapat berprestasi di bidang masing-masing.

Pada kegiatan ini, Edi Sutarto, direktur AQL Islamic School, menyampaikan rasa rindunya kepada Athirah Bone. “Kalau saya istilahkan, kangen saya ini menyergap-nyergap seperti air terjun Bantimurung di musim kemarau. Meski daring ,namun ini perjumpaan yang sangat besar dan sangat saya syukuri” jelas mantan Direktur Sekolah Islam Athirah periode 2011 hingga 2017 ini.

Kegiatan yang dipandu Reski Suci Amalia, siswi kelas XII IPA Al Wajid SMA Islam Athirah Bone, ini berlangsung selama 1.5 jam. Pemateri menjelaskan bahwa potensi sebenarnya dimiliki oleh setiap pribadi baik yang telah dioptimalkan maupun belum digali sama sekali. Dan yang dibutuhkan adalah kepercayaan diri sebagai pijakan untuk melejitkan potensi tersebut. “Kita butuh mengenali potensi, bakat, dan prestasi yang kita punya. Untuk melakukan itu, kita harus mampu mengukur seberapa besar anda memahami diri, apa yang ingin dicapai dalam hidup, strategi untuk mencapai tujuan hidup, keyakinan terhadap kemampuan diri, kita perlu membangun motivasi yang besar, menerima kekurangan dan mengatasinya, serta harus mampu berdamai dengan diri” jelas penulis dari buku Metamorfosis Kura-Kura ini.

Kelas motivasi kali ini memang sarat inspirasi yang dibawakan sangat apik oleh pemateri andal sehingga membuat siswa sangat tertarik menyimak hingga akhir sesi. Usia remaja memang perlu dibekali motivasi yang kuat agar mereka mampu dan tahan dalam berbagai kondisi. Semoga dengan kegiatan sederhana ini dapat menjadi bekal bagi mereka. (Eva Rukmana)