Kegiatan

on 10 November 2020
  • Kegiatan
  • SMP Bukit Baruga


Peringatan 10 November sebagai hari Pahlawan merupakan salah satu momen bersejarah bagi bangsa Indonesia untuk mengenang jasa- jasa pahlawan. Pahlawan yang berjuang melawan penjajah untuk mempertahankan kemerdekaan Indonesia. Pahlawan yang merelakan nyawanya demi tanah air tercinta.

Kini pahlawan dalam arti sebenarnya sudah jarang ditemukan. Orang-orang telah memaknai kata pahlawan dari sudut pandang mereka. Seperti yang disampaikan oleh salah satu ustaz dalam tausiyahnya pagi ini di stasiun tv swasta nasional. Beliau menyampaikan bahwa pahlawan dikategorikan yaitu orangtua (ibu bapak) dan yang kedua yaitu orang yang telah membantu kita

Pertama, orangtua (ibu bapak) dikatakan sebagai seorang pahlawan terutama ibu karena ibulah yang telah berjuang mengandung kita, menjaga kesehatannya hingga melahirkan dan membesarkan anak-anaknya. Ibu adalah pahlawan terbaik. Seperti yang telah disebutkan dalam sebuah hadis bahwa surga terletak di bawah telapak kaki ibu. Perjuangan seorang ibu sejogyanya diagungkan. Mereka berjuang bukan menuntut balasan tetapi pertanda cinta dan kasih sayang yang tulus diberikan kepada anak dan keluarganya. Untuk itu, sebagai seorang anak yang berbakti hendaklah selalu berbuat baik dan mendoakan orang tua. Di dalam ayat Alqur'an surah Al Isra artinya Dan Tuhanmu telah memerintahkan supaya kamu jangan menyembah selain Dia dan hendaklah kamu berbuat baik pada ibu bapakmu dengan sebaik-baiknya. Jika salah seorang di antara keduanya atau kedua-duanya sampai berumur lanjut dalam pemeliharaanmu, maka sekali-kali janganlah kamu mengatakan kepada keduanya perkataan “ah” dan janganlah kamu membentak mereka dan ucapkanlah kepada mereka perkataan yang mulia.”

Sebagai seorang muslim, memuliakan orangtua sebuah hal terbaik yang kita lakukan. Sangatlah pantas apabila seorang ibu menjadi pahlawan bagi putra putrinya. Kelak, jika kalian dewasa dan menjadi ibu, tentu akan mengetahui bagaimana rasanya berjuang demi anak. Selain ibu, ayah pun pantaslah disebut sebagai pahlawan karena sangat berjasa dan berjuang bagi anaknya. Ayah telah berkorban mencari nafkah demi keluarganya. Ayah adalah pahlawan.

Kedua, pahlawan yang dimaksud yaitu orang yang telah membantu kita, selain ibu bapak. Dalam kehidupan ini, kita tidak terlepas dari bantuan orang lain. Apakah itu bantuan secara langsung maupun tidak langsung. Selain ibu bapak, ada saudara, keluarga lainnya, ada guru, ada dokter, ada sopir, atau siapapun yang telah membantu kita layak disebut sebagai pahlawan. Kita dituntut untuk selalu berbuat kebaikan. Berbuat baiklah setiap waktu kepada siapapun maka kamu akan mendapatkan kebaikan pula. Berbuat kebaikan tanpa balasan, janganlah mengharapkan balasan kebaikan itu dari manusia, jangan sampai engkau kecewa. Balasan kebaikan itu akan datang dari Allah.

Menurut kamu, apa makna bagi seorang pahlawan? Apakah orang yang berjuang membela tanah air, apakah orang yang memberikan pertolongan, ataukah orang-orang yang telah berbuat baik kepadamu? Pemaknaan itu kembali pada diri kita masing-masing. Bisa saja diri kita menjadi pahlwan bagi orang lain. Kalau saya, pahlawan sejatiku adalah kamu Ibuku

Makassar, 10 November 2020
Suriana

Selamat Hari Pahlawan