Kegiatan

on 04 November 2020
  • Kegiatan
  • SMA Boarding School Bone

Senin, 3 November 2020 lalu, SMA Islam Athirah Bone kembali melaksanakan salah satu program rutin bertajuk “Motivation Class” yang diperuntukkan kepada seluruh siswa di lingkup wilayah 3 Sekolah Islam Athirah ini. Kegiatan yang dilaksanakan via daring tersebut mengangkat tema “Preparing Yourself for Your Future Campus” guna membekali siswa SMA Islam Athirah Bone dalam menghadapi jenjang pendidikan selanjutnya, selepas mereka menyelesaikan studi di tingkat SMA.

Dalam sambutan Wakil Direktur Sekolah Islam Athirah Wilayah 3, Syamsul Bahri, S.Pd.I., beliau menyatakan bahwa tema yang diangkat pada Motivation Class kali ini lahir dari bincang lepas dengan Prof. Dr.Ir. Ichsan Satya Putra yang ingin menyulut motivasi siswa dalam belajar dan mempersiapkan masa depannya. “Kita butuh asupan motivasi dalam membangun kesadaran belajar terutama pada masa belajar dari rumah ini. Tantangan ke depan yang harus dihadapi juga makin kencang, diiringi perubahan yang luar biasa yang dirasakan hampir setiap waktu. Slot masuk perguruan tinggi juga makin hari makin ketat persaingannya, olehnya itu siapa yang paling siap, maka dia yang akan paling memiliki peluang untuk sukses di masa yang akan datang.” imbuh Wakil Direktur Sekolah Islam Athirah Wilayah 3 yang juga merupakan Kepala SMA Islam Athirah Bone ini.

Pada sesi motivasi yang dibawakan oleh Prof. Dr.Ir. Ichsan Satya Putra, Wakil Rektor I Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Universitas Pertamina ini, beliau menyatakan bahwa siswa yang tengah menjalani proses belajar di sekolah saat ini dikonstruksi untuk menjadi seorang fighter. Ibarat pesawat, siswa di sekolah dipersiapkan menjadi sebuah pesawat tempur yang nantinya akan bertempur dan memiliki jiwa yang tangguh. Di sekolah, siswa harus mengumpulkan bekal untuk dipakai pada saat memasuki dunia kampus. Di perkuliahan pun, kita juga masih membekali diri dengan ilmu yang lebih spesifik untuk persiapan karir, yang berarti proses mengkonstruksi diri belum usai. Setelah selesai, kita akan take off dan memasuki bidang karir. Pada saat meniti karir, akan ada fase dogfight (istilah dalam pesawat tempur)-pertarungan udara yang dilakukan antar pesawat tempur di udara- yang membutuhkan agility untuk bertahan.

Prof Ichsan yang saat ini masih aktif menjadi dosen di ITB ini juga menambahkan di sela bahasannya, “Pada saat membuka perangkat untuk belajar daring, niatkan dalam diri, bahwa saya ingin paham ini (pelajaran)”, “Kenapa ini penting? Karena ternyata, menurut penelitian, otak kita akan memberikan perhatian kalau dalam benak dan pikiran kita sudah keinginan untuk paham” tegasnya.

Antusiasme siswa dalam mengikuti kelas motivasi inipun sangat tinggi dengan banyaknya pertanyaan yang diajukan siswa kepada pria yang meraih gelar doktornya pada bidang Aerospace Engineering di salah satu Universitas di Belanda tahun 1994 tersebut. Di akhir sesi, turut bergabung pula Teuku Mahlil, yang memaparkan selayang pandang Universitas Pertamina. Wah, betul-betul kelas motivasi kali ini enrich our knowledge ya. Semoga motivasi dan informasi yang disajikan pada kegiatan ini dapat bermanfaat bagi semua. Dan jangan lupa, prepare yourself is a must ya guys! (Eva Rukmana)