Berita

on 09 Oktober 2020
  • Berita
  • TK Bukit Baruga

TK Islam Athirah 2 melaksanakan penerimaan Rapor Tengah Semester (RTS) pada hari Jumat tanggal 09 Oktober 2020. Sebanyak 47 Orangtua anak didik menghadiri penerimaan RTS yang dilakukan secara daring, melalui aplikasi google meet.

Setiap  orangtua mendapatkan kesempatan selama 15 Menit untuk mengungkapkan pendapat atau kendala apa saja yang dirasakan kepada guru tentang pembelajaran daring yang terlaksana selama 3 bulan terakhir.

Penerimaan RTS ini juga menjadi media bagi guru untuk menyampaikan capaian perkembangan anak didik selama 3 bulan berdasarkan hasil laporan-laporan rutin yang didapatkan dari orangtua. Hal ini seperti yang diungkapkan oleh Kepala TK Islam Athirah 2 Rahmawati, S.Pd “Penerimaan Rapor Tangah Semester bertujuan untuk memberikan gambaran kepada orang tua tentang capaian perkembangan anak ( 6 Bidang Pengembangan) selama mengikuti pembelajaran ditahun pelajaran 2020-2021" Ungkapnya.

"Laporan ini sebagai bentuk rekapan guru (wali kelas), dari beberapa laporan yang sebelumnya orang tua kirimkan kepada guru sebagai hasil belajar anak-anak bersama orangtua di rumah, maka orang tua diberi kesempatan untuk berdiskusi/bincang-bincang bersama wali kelas tentang perkembangan anaknya masing-masing" tambahnya.

6 Kelompok anak didik yang melaksanakan penerimaan RTS di TK Islam Athirah 2 memberikan gambaran pembelajaran daring yang cukup efektif selama 3 bulan terakhir. Hal ini sesuai dengan laporan setiap wali kelas saat forum Jumat TK Islam Athirah 2 berlangsung.

Setiap Wali kelas mengungkapkan bahwa orangtua menyampaikan respon positif terhadap pembelajaran yang dilaksanakan.

Setiap kegiatan sentra dapat dilaksanakan anak didik dari rumah masing-masing. Meski demikian, terdapat kendala yang masih dialami oleh orangtua karena tanggung jawab lain yang mereka miliki, seperti  orangtua yang bekerja sehingga tidak dapat  memberikan waktu maksimal di jam pembelajaran.

Motivasi dari guru dan strategi orangtua untuk memanfaatkan waktu yang ada membuat semua pihak saling bekerja sama untuk memaksimalkan pembelajaran anak didik.

Forum seperti penerimaan RTS ini hanyalah salah satu contoh dari terjalinnya komunikasi yang baik antara guru dan orangtua TK Islam Athirah 2.

Menjadikan perkembangan anak didik sebagai salah satu prioritas utama adalah motivasi yang sangat kuat sehingga baik guru maupun orang tua dapat menjalankan fungsi dan perannya dengan baik.

Penulis : Rita Subianti, S.Pd, M.Pd (Tim Web TK Islam Athirah 2)