Kegiatan

on 13 Oktober 2020
  • Message of the Director

Setelah menjalani work from home selama empat pekan tentu kita ingin agar bisa tetap produktif.

Produktivitas diukur dari seberapa besar kita mampu mengoptimalkan potensi, kemampuan dan motivasi yang dimiliki menjadi produk, manfaat dan dampak positif.

Mohammad Faris dalam buku Muslim Produktif menyebutkan ada tiga faktor yang menentukan produktivitas yaitu fokus, energi dan waktu.

Agar bisa fokus maka milikilah pikiran yang positif. Caranya berbaik sangka kepada Allah atas ujian dengan Covid-19 ini. Yakinlah bahwa tidak ada yang sia-sia, pasti ada hikmah di balik ini semua. Yakinlah Allah punya skenario terbaik yang akan membuat kita kuat melalui kesulitan, bijaksana melalui masalah, memiliki rasa cinta melalui orang-orang yang harus dibantu dan akhirnya bisa bersabar dan tetap bersyukur.

Pikiran positif akan membantu kita untuk move on dari zona ketakutan ke zona belajar dan menuju zona bertumbuh yang tetap produktif dalam kondisi apapun. Pikiran positif akan membantu kita memiliki perasaan yang tenang, tidak panik, tidak putus asa sehingga tetap bertindak produktif.

Agar fokusnya menjadi terarah buatlah target harian selama di rumah terkait pekerjaan, belajar dan beribadah. Selain tugas kantor yang harus dituntaskan, tambahkan dengan target belajar hal baru. Juga pembiasaan ibadah tambahan seperti shalat sunnah, mengaji, menghafal Al Quran, zikir dan do’a.

Selain itu hindari hal-hal bisa mengganggu pikiran dan konsentrasi. Tidak usah baca semua berita dan informasi tentang Covid-19. Sudah banyak yang dibaca selama ini. Kelola pikiran dengan memasukkan berita dan informasi bermanfaat agar pikirannya juga jadi positif.

Salah satu yang bisa mengganggu konsentrasi yaitu smart phone. Jika ingin menuntaskan suatu pekerjaan lebih baik jauhkan diri dari smart phone. Jika kita bekerja dekat smart phone pasti selalu tergoda untuk membukanya padahal itu merupakan interupsi perhatian. Fokus jadi berkurang bahkan hilang. Kecuali kita bekerja dengan smart phone tentu tidak bisa ditinggalkan.

Faktor kedua yaitu energi. Sumber energi adalah nutrisi, istirahat dan olahraga. Selain menyehatkan tubuh ketiganya juga memberi suplai energi ke tubuh. Juga penting untuk disiplin dalam menggunakan energi untuk hal hal yang bermanfaat. Disiplin kerjakan aktivitas sesuai target. Jauhi perbuatan tidak berguna, dosa dan maksiat.

Faktor terakhir yaitu waktu. Agar waktu dapat digunakan dengan baik maka tetap buat jadwal aktivitas rutin dari bangun pagi sampai tidur malam. Gunakan waktu dengan bijaksana khususnya di media sosial yang kadang melalaikan. Atur waktu bekerja, belajar, ibadah dan istirahat dengan baik.

Semoga dengan mengelola fokus, energi dan waktu dengan baik kita dapat produktif di masa covid. Meskipun bekerja dari rumah kita tetap dapat menuntaskan pekerjaan, belajar hal baru dan meningkatkan ibadah kepada Allah dan amal saleh menolong sesama.?

Makassar, 13 April 2020