• Unit SMP Islam Athirah 1 Makassar

  • Keterangan : Kemah Pengenalan Lingkungan Pramuka SMP Islam Athirah 1 Makassar. Jum'at, 25 Agustus 2017 Bumi Perkemahan Cadika Bajeng

  • LFH, WFH

  • great Leaders

  • Lomba Baca Puisi Secara Virtual di FBB Ke-7

    SMP Islam Athirah 1 Makassar

  • Peserta Didik SMP Islam Athirah 1 Makassar Sabet

    Dua Medali Emas ROC Bilangan 2021

  • Pimpinan SMP Islam Athirah 1 Makassar Lakukan

    Kunjungan ke Redaksi Tribun Timur

  • Kabid Dikdas Kota Makassar Apresiasi FBB

    Ke-7 SMP Islam Athirah 1 Makassar

  • By SMP Kajaolalido on 26 Februari 2021
    • SMP Kajaolalido
    • Kegiatan

    Festival Budaya dan Bahasa (FBB) Ke- 7 SMP Islam Athirah 1 Makassar untuk peserta eksternal digelar selama dua hari. Pada hari pertama adalah pembukaan yang dilanjutkan dengan lomba rangking 1 dan penampilan video duet lagu daerah. Pada hari kedua FBB, digelar lomba puisi dan lomba menggambar batik, serta video yang menampilkan peserta lomba foto baju adat melalui aplikasi konferensi zoom, Kamis (26/2/2021).

    Diadakannya lomba puisi secara daring menjadi bukti bahwa, pandemi tidak menjadi halangan untuk peserta didik menyalurkan bakatnya. Beberapa peserta lomba puisi menyiapkan dirinya dengan baik. Semua peserta lomba memakai seragam dari SD asalnya.

    Turut Hadir Ketua Himpunan Pembina Bahasa Indonesia Cabang Gowa, Ronisalasa sebagai salah satu juri puisi. Setelah semua peserta lomba puisi tampil, ia memberikan sedikit ulasan tentang kemampuan membaca puisi peserta lomba.

    “Kemampuan membaca puisi peserta lomba sudah di atas rata-rata. Namun ada hal yang sering ditemukan pada perlombaan baca puisi. Idealnya membaca puisi ada teks yang dipegang. Untuk penilaian saya, akan ada nilai yang berbeda antara yang memegang teks dan tidak memegang teks. Hal ini dikeranakan adalaha hal yang prinspil dalam lomba baca puisi,”ungkapnya.

    Ketua Bidang Sastra Dewan Kesenian, Rosita Desriani, S,S yang juga menjadi juri puisi. Ia menyampaikan kesannya dan pendapatnya tentang perbedaan antara berpuisi dan membaca puisi.

    “Terima kasih kepada anak-anak yang telah membacakan puisinya dengan baik. Dalam perlombaan pasti ada menang dan kalah. Semuanya baik, akan tetapi akan dicari yang terbaik. Sependapat dengan pak Roni, bahwa hal sepele terkadang luput dari perhatian. Berpuisi dan membaca puisi adalah dua hal yang berbeda. Sehingga untuk membaca puisi itu, harus ada teks,”tuturnya

    Setelah memberikan ulasan, kedua juri menampilkan cara berpuisi. Peserta begitu terpukau melihat keahlian para juri berpuisi. Sembari lomba berpuisi berjalan, di break room zoom sedang berlangsung lomba menggambar. Sehingga ada dua lomba dalam satu waktu. Pengumuman lomba FBB Ke-7, rencananya akan diumumkan hari sabtu ini. Pengumuman akan dirangkaian dengan Talkshow Budaya.

    Laporan : Musyorafah (TIM Web SMP Islam Athirah 1 Makassar)

    By SMP Kajaolalido on 24 Februari 2021
    • SMP Kajaolalido
    • Kegiatan

    Peserta didik SMP Islam Athirah 1 Makassar kembali mengharumkan nama sekolah dengan mendapatkan Medali Emas Pada Ajang Read1 Online Competition (ROC) - Bilangan yang diselenggarakan oleh KPM. Dua Medali Emas diperoleh oleh Abdul Ghany Afandy (Kelas VIII) dan Andi Alifah Putri Ibrahim (Kelas VII).

    Kedua peserta didik dibimbing sebelum mengikuti lomba tersebut. Ini bukan kali pertama peserta didik menjuarai cabang lomba matematika. Selain belajar secara mandiri, peserta didik juga mengikuti pembimbingan olimpiade di sekolah.

    Salah satu pembina Tim Olimpiane Sains Athirah (TOSA), Oky Markianto, S.Pd. menyampaikan kesannya selama membimbing kedua peserta didik dalam bidang matematika. Selain itu, ia juga mengungkapkan harapannya, agar keduanya semakin memiliki kemampuan problem solving yang semakin baik, serta dapat menjuarai ajang lomba yang lainnya.

    Kesan saya saat mengajar mereka itu sangat menyenangkan dan menantang. Menyenangkan dalam artian kemampuan mereka dalam matematika sangat bagus, sehingga mudah dalam pembelajaran. Menantang karena, saya harus menyiapkan materi maupun soal soal yang menantang bagi mereka. Sehingga mereka tidak akan merasa bosan dengan materi atau soal soal baru yang diberikan. Saya berharap keduanya memilliki kemampuan problem solving yang semakin baik dan mampu menjuarai ajang lomba lainnya, terutama Kompetisi Sains Nasional yang diselenggarakan Kemdikbud,” ungkapnya saat dihubungi melalui WhatsApp, Selasa (23/2/2021)

    Abdul Ghany Afandy memaparkan awal mula ia menyukai pelajaran matematika karena lulus seleksi TOSA saat SD. Ia juga mengungkapkan persiapan yang dilakukannya sebelum lomba, serta hal yang menjadi motivasinya dalam menjuarai cabang lomba matematika.

    “Sejak kelas 1 SD sudah tertarik dengan pelajaran matematika, sehingga mengikuti tes TOSA dan ternyata lulus.Mulai saat itu sering mengikuti lomba. Untuk persiapan lomba, saya biasanya me-review sedikit materi, lalu menyiapkan cakaran, alat tulis, serta membasahi wajah agar fresh dan tidak mengantuk saat mengerjakan soal. Hal yang memotivasi saya untuk juara adalah adanya pesaing yang selalu ditemui dalam setiap kompetisi,”paparnya

    Ibunda Andi Alifah Putri Ibrahim, Imelia Sari Ismail,SKM menjelaskan bahwa untuk persiapan sebelum ujian, anaknya hanya mempelajari soal-soal olimpiade saja sebelum lomba, serta dibantu belajar oleh kakaknya yang juga sering juara dalam kompetisi matematika.

    Tidak ada persiapan khusus, hanya mempelajari secara rutin soal-soal olimpiade. Alhamdulillah, ada kakaknya Andi Pangeran yang selalu siap mengajar adeknya Putri jika ada soal-soal yang tidak dapat diselesaikan”, jelasnya

    Laporan : Musyorafah (TIM Humas SMP Islam Athirah 1 Makassar)

     

    By SMP Kajaolalido on 24 Februari 2021
    • SMP Kajaolalido
    • Kegiatan

    Pimpinan SMP Islam Athirah 1 Makassar lakukan kunjungan ke Redaksi Tribun Timur. Kepala Sekolah dan Wakil Kepala sekolah Kesiswaan dan IT menjadi perwakilan unit SMP Islam Athirah 1 Makassar. Kunjungan tersebut dilakukan bersama Wakil Direktur Sekolah Islam Athirah Wilayah Kajaolalido dan juga pimpinan TK, SD, SMA Islam Athirah 1 Makassar, Selasa (23/2/2021).

    Kunjungan tersebut dalam rangka silaturahmi, memperkenalkan Sekolah Islam Athirah khususnya terkait kurikulum dan program-program sekolah. Selain itu kunjungan tersebut juga berkaitan dengan Penerimaan Peserta Didik Baru PPDB dan pemberian ucapan selamat ulang tahun kepada Tribun Timur yang ke 17 Tahun. Kunjugan tersebut diterima langsung oleh Wakil Pemimpin Redaksi Tribun Timur, Ronald Ngantung dan Jurnalis Tribun Timur, Nur Fajriani Ririn.

    Kepala SMP Islam Athirah 1 Makassar, Nilamartini, S.Pd, M.M menyampaikan jaminan mutu dan  program-program unggulan yang ada di SMP Islam Athirah 1 Makassar, Beberapa jaminan mutu yang ada di SMP Islam Athirah 1 Makassar mencakup kognitif, afektif dan psikomotorik yang semuanya adalah turunan dari visi sekolah yakni menjadi sekolah unggul berciri Islam berjiwa Nasional dan berwawasan Global. Seluruh proses PBM dan program- program sekolah dilaksanakan untuk tercapainya jaminan mutu ke tiap peserta didik.

    “Ada 10 jaminan mutu yang diberikan oleh SMP Islam Athirah 1, yang akan didapatkan peserta didik setelah lulus seperti, nilai rata-rata raport mencapai KKM 80, keterampilan berbahasa dan karya populer, tartil membaca Al-quran, hafalan bertambah minimal 1 juz, sadar salat berjamaah, mampu menjadi imam salat, jiwa toleransi, jiwa leadership, kemapuan bahasa inggris, serta kepedulian sosial dan lingkungan. Selain itu ada program unggulan seperti, tahfin, tahfidz dan tadabbur Al-quran, fieldtrip, festival budaya dan bahasa, kegiatan kesiswaan yakni OSIS, MPK, dan eskul atau club - club lain,”ungkapnya.

    Wakil Kepala SMP Islam Athirah 1 Makassar Bidang Kesiswaan dan IT, Musawwir Mus, Lc. menyampaikan harapannya terkait kunjungan yang dilakukan di Tribun Timur. Ia berharap Sekolah Islam Athirah semakin dikenal, khusus SMP Islam Athirah 1 Makassar dapat semakin dikenal. Selain itu, manfaat dari program yang ada dapat dirasakan masyarakat.

    “Semoga melalui media, Sekolah Islam Athirah semakin dikenal, khusus SMP Islam Athirah 1 Makassar, sehingga manfaat dari program-program yang ada dapat dirasakan masyarakat secara luas,” harapnya saat diwawancarai di tempat berbeda.

    Dalam kunjugan tersebut, Kepala SMP Islam Athirah 1 Makassar juga tidak lupa menyampaikan ucapan selamat ulang tahun untuk Tribur Timur yang ke-17 Tahun, serta berharap agar Tribun Timur tetap jaya selalu.

    Laporan : Musyorafah (TIM Humas SMP Islam Athirah 1 Makassar)

    By SMP Kajaolalido on 24 Februari 2021
    • SMP Kajaolalido
    • Kegiatan

    SMP Islam Athirah 1 Makassar kembali menggelar Festival Budaya dan Bahasa (FBB) Ke-7 Tingkat SD se-Kota Makassar dan sekitarnya, melalui aplikasi konferensi zoom dan disiarkan secara langsung melalui akun YouTube Athirah TV, Rabu (24/2/2021). Pekan lalu telah digelar secara Internal. Pembukaan hari ini, untuk membuka  kegiatan FBB Ke-7 untuk lomba-lomba eksternal. 

    Kegiatan ini untuk pertama kalinya digelar secara daring. Hal ini disesuaikan dengan kondisi saat ini. Melalui kegiatan tersebut diharapkan peserta didik dapat tetap berprestasi dan produktif. Ada 446 yang menghadiri kegiatan tersebut secara virtual. Ada sekitar 150 peserta didik yang berpartisipasi dalam lomba FBB Eksternal. Peserta didik tersebut berasal dari 17 SD se-Kota Makassar dan sekitarnya.

    Kepala SMP Islam Athirah 1 Makassar, Nilamartini, S.Pd, M.M menyampaikan ungkapan terima kasih kepada seluruh tamu undangan, guru pendamping lomba, peserta lomba, serta peserta didik SMP Islam Athirah 1 Makassar, yang hadir dalam kegiatan pembukaan. Ungkapan syukur juga diucapkan karena FBB Ini dapat digelar, meskipun harus secara virtual. Semangat peserta didik SD untuk mengikuti berbagai cabang lomba pada FBB begitu diapresiasi setiap tahunnya. 

    “Festival Budaya dan Bahasa awalnya diperuntukkan hanya untuk peserta didik di SMP Islam Athirah 1 Makassar. Lalu kami mencoba berbagi manfaat dengan mengundang peserta didik SD di wilayah Kota Makassar dan sekitarnya. Pertama kali, kami adakan secara eksternal tahun lalu dan disambut sangat antusias oleh peserta didik SD. Sehingga berlanjut lagi diadakan FBB Eksternal untuk tahun ini,”tuturnya saat memberi sambutan.  

    Turut hadir Kepala Bidang Pengembangan Pendidikan Dasar, Ahmad Hidayat Andi Patingarai, S,Pd, M.Pd  mewakili Kepala Dinas Pendidikan untuk  memberikan sambutan sekaligus membuka kegiatan FBB Ke-7 eksternal. Dalam sambutannya disampaikan bahwa bukan hal mudah melakukan sebuah event besar selama 7 tahun berturut-turut. Kegiatan FBB menjadi sebuah jawaban dari program pemerintah Kota Makassar. 

    “Saya mewakili sambutan Bapak Kepala Dinas Pendidikan Kota Makassar yang tidak sempat hadir pada kegiatan ini. Beliau mengamanahkan kepada saya selaku Kepala Bidang Pengembangan Pendidikan Dasar. Tidak mudah sebuah event besar digelar 7 tahun berturut-turut. Pada kesempatan kali ini, mewakili pimpinan Dinas Pendidikan Kota Makassar hadir untuk mengapresiasi apa yang dilakukan SMP Islam Athirah 1 Makassar, karena ditengah pandemi masih dapat melaksanakan kegiatan dalam bentuk vitual,” ucapnya mengawali sambutan. 

    Dalam sambutannya tersebut ditambahkan penyampaian terkait kegiatan FBB Ke-7 yang digelar SMP Islam Athirah 1 Makassar, juga mendukung Program andalan pemerintah Kota Makassar yaitu 18 Revolusi Pendidikan. Selain itu kegiatan FBB merupakan bentuk konsistensi dan komitmen SMP Islam Athirah 1 Makassar dalam menemukan bakat peserta didik.

     

    “Apa yang dilakukan kali ini merupakan bagian dari jawaban atas apa yang menjadi program pemerintah Kota Makassar. Ada kegiatan pemerintah Kota Makassar yang telah berjalan sejak tahun 2014, yang namanya Program Andalan 18 Revolusi Pendidikan. Dalam program tersebut ada beberapa poin, salah satunya lembaga pendidikan itu harus menemukan 1 siswa 1 bakat. Kegiatan ini menjadi jawaban dari program tersebut. Apalagi di tengah Covid 19 masih dapat diadakan, itu artinya SMP Islam Athirah konsisten dan komitmen dalam mendorong kegiatan yang dapat menemukan bakat peserta didik,” tambahnya 

    Setelah pembukaan, kegiatan dilanjutkan dengan lomba Rangking 1 dan pemutarann video lomba menyanyi duet lagu daerah. Kegiatan tersebut berlangsung dengan meriah.

    Laporan : Musyorafah (TIM Web SMP Islam Athirah 1 Makassar)

Agenda 2