• Unit SMP Islam Athirah 1 Makassar

  • Keterangan : Kemah Pengenalan Lingkungan Pramuka SMP Islam Athirah 1 Makassar. Jum'at, 25 Agustus 2017 Bumi Perkemahan Cadika Bajeng

  • Selamat Atas Terpilihnya Ketua dan Wakil Ketua OSIS SMP Islam Athirah 1 Makassar Periode 2019 s.d 2020

  • Field Trip Sosial dan Tadabbur Alam

    membuat lebih dekat kepada Sang Khalik

  • Resmi, Athirah Cup Vol. 8 ditutup

  • SMP Islam Athirah 1 Makassar Gelar

    Bazar Road to Athirah Cup. 8

  • 135 Siswa SMP Islam Athirah

    1 Makassar Belajar di PPLH

  • By SMP Kajaolalido on 08 November 2019
    • SMP Kajaolalido
    • Kegiatan

    SMP Islam Athirah 1 Makassar kembali mengadakan kegiatan Field Trip Sosial dan Tadabbur Alam di Lingkungan Sarajoko, Kecamatan Bulukumpa, Kabupaten Bulukumba (06-08/11/2019).

    Kegiatan kelas IX yang bertema "We Care, We Share" ini didampingi oleh wali kelas dan guru tahfidz serta beberapa guru lainnya. Sebelum keberangkatan, rombongan dilepas oleh Kepala Sekolah SMP Islam Athirah 1 Makassar, Nilamartini, S.Pd bersama dengan Wakil Direktur Wil. Kajaolaliddo, Mas Aman Uppi, M.Pd.

    Kegiatan yang bertujuan untuk bersosialisasi dan melatih kemandirian siswa serta memgagumi ciptaan Allah SWT. Perjalan yang menempuh waktu kurang lebih 8 jam ini saat tiba disambut dengan ramah oleh beberapa penduduk setempat. Hari pertama diisi dengan kegiatan Tadabbur Alam pada malam harinya.

    Hari kedua, para siswa diinisiasi untuk melakukan kerja bakti di sekitar masjid bersama dengan para guru yang membantu melakukan pengecatan kepada beberapa dinding masjid yang sudah mulai kusam. Selain itu beberapa siswa mengunjungi SDN 239 Sarajoko untuk memberikan mereka pengalaman mengajar "On The Spot" seperti cara menghafal Al Qur’an dengan menggunakan Metode Keiza, Tari, Bahasa Inggris, maupun Art and Craft. Dan juga memberikan beberapa bantuan baik dari segi peralatan olahraga dan alat tulis. Di akhir acara kunjungan di SD tak lupa menyerahan Tumbler sebagai kampanye untuk mengurangi penggunaan plastik.

    Beberapa siswa yang lain belajar untuk membuat "tape" di rumah warga. Pada sore harinya diisi dengan kegiatan Outbond yang meski dengan cuaca panas, tidak menyurutkan semangat para siswa dalam berkegiatan. Kemudian pada malam harinya, acara diisi dengan ramah tamah bersama penduduk dan tokoh masyarakaat. Para siswa kelas IX pun menampilkan berbagai macam keahliannya mulai dari menari maupun dalam bermain alat musik.

    Hari terakhir, para siswa berkemas dan berpamitan kepada tuan rumah dan memberikan beberapa bingkisan sebagai kenang-kenangan. Jam 08.00, rombongan berkunjung ke satu sekolah, tepatnya di MTsN 2 Bulukumba. Para siswa yang mengikuti kegiatan Eksul seperti Futsal, Basket, Bahasa Jepang maupun OSIS akan melakukan beberapa pertandingan dan "sharing session". Tepat setelah shalat Jum’at, rombongan kembali melaju ke Makassar.

    By SMP Kajaolalido on 01 November 2019
    • SMP Kajaolalido
    • Kegiatan

    Di sore hari Jumat (1/11/2019) Athirah Cup.8 resmi ditutup oleh Wakil Direktur Sekolah Islam Athirah 1 Makassar. 

    Athirah Cup.8 merupakan pertandingan futsal se-kota makassar tingkat SD dan SMP yang dilaksanakan setiap tahunnya oleh OSIS-MPK SMP Islam Athirah 1 Makassar.

    Acara yang berlangsung 8 hari (25/10-1/11/2019) di Sekolah Islam Athirah Jl. Kajaolalido No. 22 tersebut diikuti oleh 32 tim SD dari 29 sekolah, 30 tim SMP dari 27 sekolah. 

    Ketua Panitia, Alif Jul Suryadilaga mengutarakan bahwa Athirah Cup Vol. 8 ini bertujuan menjalin persaudaraan antara sekolah tingkat SD dan SMP se-kota makassar dan meningkatkan jiwa sportivitas.

    "Athirah Cup. 8 ini mengumpulkan para pelajar tingkat SD dan SMP se-kota Makassar untuk berkompetisi sebagai ajang silaturrahmi sekaligus menumbuhkan jiwa sportivitas" Ujar Alif, siswa kelas IX.3 di sela-sela acara. 

    Dimulai dengan babak penyisihan di setiap grup dan 2 tim masing-masing grup yang berhak lolos menjadi 16 besar, 8 besar, semi final, hingga final. 

    Tahun ini, juara tingkat SMP dimenangkan oleh SMP 5 Makassar, Juara II SMP 3 Makassar, Juara III SMP 25 Makassar, Juara IV SMP 4 Makassar. Sementara juara tingkat SD dimenangkan oleh SD Unggulan Mongisidi 1, Juara II SD Wihdatul Ummah, Juara III SD Inpres Bertingkat Mamajang 2, Juara IV SD Bertingkat Barabaraya 2. Masing-masing pemenang diberikan uang pembinaan termasuk kategori best player, best goal keeper, top scorer, dan best supporter.

    Wakil Direktur Sekolah Islam Athirah, Mas Aman Uppi, M.Pd dalam sambutannya mengatakan bahwa Futsal melatih kreativitas dan kekompakan tim. 

    "Futsal adalah kerja sama tim, bagi tim yang timnya kurang kompak maka dapat dipastikan sudah gugur di babak penyisihan"

    Selain itu, Mas Aman juga memberikan ucapan selamat kepada tim yang menang dan tidak merasa puas dengan capainnya.

    "Selamat kepada tim yang menang. Mohon maaf, bagi tim yang menang jangan berbangga diri. Jadikan kemenangan ini sebagai motivasi untuk kompetisi selanjutnya" tambah Mas Aman

    Di akhir acara, panitia Athirah Cup. 8 dengan penuh haru mengirimkan doa kepada Alm. Muhammad Aqil Afif, siswa kelas IX ini merupakan salah satu pemain futsal yang memperkuat SMP Islam Athirah 1 Makassar yang telah menghadap ke Allah SWT tanggal 8 oktober 2019 silam.

    By SMP Kajaolalido on 05 Oktober 2019
    • SMP Kajaolalido
    • Berita

    Athirah Cup adalah program perhelatan olahraga futsal tingkat SD dan SMP se-Kota Makassar yang diselenggarakan oleh OSIS dan MPK SMP Islam Athirah 1 Makassar.

    Sebagai langkah awal, panitia menggelar Food Bazar untuk mengumpulkan dana. Kegiatan yang akan berlangsung selama 2 hari itu (4-5 Oktober 2019) bertempat di Upnormal Coffe Roasters Jl. Bontolempangan dan Chick n' Roll Trans Studio Mall Makassar disambut baik oleh para warga Sekolah Islam Athirah, mulai dari siswa, guru, karyawan, orang tua siswa, hingga kerabat siswa. Kupon sebanyak 800 lembar yang disiapkan panitia habis terjual.

    Ketua Panitia Bazar Vaneza Kayla mengatakan, Bazar tersebut merupakan program tahunan OSIS dan MPK SMP Islam Athirah 1 Makassar untuk mengasah kemampuan pengurus mengumpulkan dana dengan cara kreatif. 

    "Bazar adalah program kerja yang telah kami susun. Pelaksanaannya sebelum Athirah Cup 8. Tujuannya adalah untuk penggalangan dana demi lancarnya kegiatan tersebut" jelas Vaneza siswa kelas IX.1 itu.

    Untuk kegiatan bazar tersebut, panitia membutuhkan persiapan selama 1 minggu. Mulai dari survei lokasi, cetak kupon, hingga pendistribusian kupon. 

    Kepala SMP Islam Athirah 1 Makassar Nilamartini, S.Pd. menjelaskan bahwa, Bazar tersebut bertujuan untuk melatih jiwa entrepreneurship, kreativitas, negosiasi dan interaksi dengan orang lain. Ia juga berterima kasih kepada seluruh pihak yang telah terlibat menyukseskan Bazar tersebut.

    "kami sangat menyambut baik kegiatan bazar yang dilaksanakan oleh OSIS dan MPK SMP Islam Athirah 1 Makassar, mereka kreatif dalam mencari dana untuk kesuksesan acara mereka. Selain itu melatih jiwa entrepreneurship, negosiasi dan interaksi dengan orang lain ” ujar Nila.

    “terima kasih kepada semua pihak yang telah menyukseskan Bazar Road to Athirah Cup 8 ini” sambungnya.

    Penulis: Fajar

    By SMP Kajaolalido on 29 September 2019
    • SMP Kajaolalido
    • Kegiatan

    Sejumlah 135 siswa SMP Islam Athirah 1 Makassar meninggalkan lingkungan Sekolah Islam Athirah Jl. Kajaolalido No. 22 menuju ke Pusat Pendidikan Lingkungan Hidup (PPLH) Puntondo Kab. Takalar Provinsi Sulawesi Selatan untuk menimba ilmu. Alasan memilih Puntondo sejalan dengan nama kegiatan yakni Scince Field Trip dengan tema Explore The Nature. Di Indonesia hanya ada 3 PPLH yakni Sumatera Utara, Jawa Timur dan Sulawesi Selatan. 

    Science Field Trip adalah program rutin yang dilaksanakan oleh SMP Islam Athirah 1 Makassar setiap tahunnya untuk kelas VII. Proses pembelajarannya dilakukan di luar sekolah dengan mengamati ekosistem laut dan pesisir. 

    Kepala SMP Islam Athirah 1 Makassar, Nilamartini, S.Pd. menjelaskan, kegiatan yang berlangsung di hari Jumat-Sabtu, (27-28/9/2019) ini bertujuan agar siswa bisa belajar dengan langsung melihat objek yang diamati. 

    "Proses pembelajaran dapat mudah dimengerti jika langsung melihat objeknya ketimbang hanya mendengar di dalam kelas" jelas Nila yang juga hadir dalam kegiatan tersebut.

    Ia juga berharap siswa mampu membangun karakter seperti mandiri, kerja sama ,dan menghargai lingkungan. 

    Kegiatan diawali dengan pembagian kelompok dan penginapan kemudian pembekalan persiapan pengamatan ekosistem laut dan pesisir, tak lupa pula melaksanakan sholat fardhu dan tahajjud. Keesokan harinya, observasi ekosistem laut dan pesisir dilakukan. Di akhir kegiatan siswa mempresentasikah ekosistem laut dan pesisir seperti hutan mangrove, padang lamun, dan terumbu karang. Ditutup dengan pemberian penghargaan kepada peserta terbaik setiap kelas.

    Sementara itu, Chalista Nasywa salah satu peserta menyatakan, kegiatan Science Field Trip tersebut memberikan banyak pengetahuan baru dan melatih karakter. Apalagi menurutnya, kegiatan tersebut menuntut kerja tim dan kerja pintar.

    "(saya) telah merasakan pelajaran baru yang diperoleh seperti mengenal flora dan fauna, cara melestarikan hutan. Selain itu kerjasama antar tim seperti kerja cepat dan kerja pintar" ujar siswa kelas VII.4 ini.

    Siswa kelahiran Surabaya 11 tahun lalu ini merasa takjub melihat pemandangan bawah laut yang indah dan merasa kalau durasi waktu untuk field trip masih kurang.

Agenda 2