• Unit SMP Islam Athirah 1 Makassar

  • Keterangan : Kemah Pengenalan Lingkungan Pramuka SMP Islam Athirah 1 Makassar. Jum'at, 25 Agustus 2017 Bumi Perkemahan Cadika Bajeng

  • Selamat Atas Terpilihnya Ketua dan Wakil Ketua OSIS SMP Islam Athirah 1 Makassar Periode 2019 s.d 2020

  • LFH, WFH

  • great Leaders

  • Pembukan PORSENI Virtual

  • Penamatan secara Virtual

  • UJIAN SEMESTER VIRTUAL

  • Halal Bihalal SMP Islam Athirah 1 Makassar

  • By SMP Kajaolalido on 16 Juni 2020
    • SMP Kajaolalido
    • Kegiatan

    Direktur Sekolah Islam Athirah secara resmi membuka Porseni Virtual OSIS-MPK SMP Islam Athirah 1 Makassar.

    SMP Islam Athirah 1 Makassar pun bersama pengurus OSIS mengakhiri tahun ajaran kali ini dengan mengadakan sebuah Porseni (Pekan Olahraga dan Seni) secara virtual.

     Acara penyambutannya sendiri yang diadakan pada hari selasa (16/06/2020) melalui aplikasi Zoom, dibuka oleh Direktur Sekolah Islam Athirah, Syamril, yang dalam kata sambutannya memberikan pengarahan kepada peserta maupun guru yang ikut serta.

     “Sebenarnya surah Ar-Rahman yang dibaca sebelumnya memiliki hubungan yang menarik dengan acara kita kali ini. Manusia yang masing-masing memiliki 4R, yaitu rasa, raga, rasio, ruh bisa diterapkan dalam beberapa pertandingan yang akan diadakan. Misalnya, rasa untuk seni, raga untuk olahraga dan rasio untuk kecerdasan seperti lomba cerdas cermat.” Ucapnya.

     Pelaksanaan Porseni ini rencananya akan diadakan selama 3 hari ke depan dengan berbagai lomba yang akan diikuti oleh setiap kelas 7 dan 8.

     Wakil Direktur bagian __, Aman, pun juga turut ikut serta memeriahkan penyambutan acara ini dengan memberi semangat kepada para peserta.

     “Porseni dapat menjadi ajang mengolah bakat dan minat bagi setiap siswa, sekaligus untuk mengajarkan arti sportifitas. Maka mari bertanding dengan penuh kejujuran.” Tutupnya

    By SMP Kajaolalido on 08 Juni 2020
    • SMP Kajaolalido
    • Kegiatan

    Berbeda dari biasanya, perayaan kelulusan siswa SMP Islam Athirah 1 Makassar tahun ini harus dilakukan tanpa tatap muka secara langsung. Namun meski secara online, acara penamatan tersebut tetap tidak kalah berkesan dan menarik. Apalagi, dihadiri langsung oleh Wapres RI dua periode, HM Jusuf Kalla (JK).

    Penamatan virtual yang digelar Senin (8/6/2020) bertepatan 16 Syawal 1441 Hijriah ini, menamatkan 138 siswa yang sekaligus dipimpin langsung oleh Nilamartini selaku Kepala SMP Islam Athirah 1 Makassar. Dengan angkatan XXXIV yang diberi nama "Journiesta" semua siswa pun dinyatakan lulus, 100 persen.

    Acara berlangsung selama kurang lebih tiga jam dan ditayangkan langsung melalui kanal YouTube SMP Islam Athirah 1 Makassar. Adapun para orangtua siswa juga ikut memeriahkan dengan sangat antusias, hingga acara berakhir.

    Dalam sebuah video berdurasi 3 menit, JK juga turut memberi selamat kepada para siswa yang telah lulus.

    "Kepada anak-anakku semua, selamat atas kelulusannya, begitupun kepada kepada keberhasilan guru-guru atas didikannya selama ini," ucap wakil presiden RI ke-10 dan ke-12  itu.

    Sementara itu, Kepala SMP Islam Athirah 1, Nilamartini, dalam sambutannya menguraikan kondisi dan tantangan yang dihadapi Indonesia saat ini karena wabah Covid-19. Tidak terkecuali Sekolah Islam Athirah yang akhirnya harus melaksanakan berbagai kegiatan secara virtual. Termasuk penamatan siswa kelas IX kali ini.

     "Pada akhirnya kami juga harus menamatkan Ananda sekalian tanpa bisa mengalungkan medali, tanpa memberi ucapan selamat dan perpisahan dengan menjabat tangan atau memeluk kalian secara langsung," ucapnya dengan suara terisak.

     Dalam kesempatan itu juga, Nila memberikan pujian dan ucapan terima kasih kepada anak-anak “Journiesta”. Baginya, mereka adalah anak-anak yang kreatif dengan jiwa kepemimpinan yang baik, peka untuk berempati kepada sesama, berbakat serta berprestasi baik dalam bidang akademik maupun nonakademik.

     “Terbukti dengan banyaknya piala dan penghargaan yang kalian persembahkan untuk sekolah mulai dari tingkat kota, provinsi, regional, maupun internasional.” lanjut Nila.

     Di akhir sambutannya, Nila tidak lupa memberikan selamat kepada siswa dan menyampaikan terima kasihnya kepada setiap orang tua siswa atas kepercayaannya selama ini.

     “Sekali lagi selamat kepada seluruh Ananda angkatan 34 Journiesta. Semoga semua ilmu yang diperoleh dapat menjadi bekal bagi kalian untuk jenjang pendidikan berikutnya. Kami menunggu keberhasilan kalian di masa depan nanti” tutupnya

    by.wawan

    By SMP Kajaolalido on 05 Juni 2020
    • SMP Kajaolalido
    • Kegiatan

    Tidak terasa Ujian Akhir Semester Genap (UAS) tahun ini akhirnya sudah usai menandakan akan segera hadirnya tahun ajaran baru.

    By SMP Kajaolalido on 29 Mei 2020
    • SMP Kajaolalido
    • Kegiatan

             Budaya usai ramadhan khusususnya di Indonesia,  pada umumnya selalu dipenuhi dengan segala hal yang berbau dengan silaturahmi. Maka tidaklah aneh jika di awal bulan Syawal, begitu banyak orang akan lalu lalang di jalanan bepergian untuk mengunjungi sanak saudara, keluarga serta kawan-kawan mereka. 

    Namun berbeda untuk ramadhan kali ini, umat muslim tidak lagi bisa bebas untuk pergi kemanapun agar terhindar dari keramaian. Penyebabnya tidak lain adalah masih bertambahnya jumlah korban Covid-19.

    Untungnya, tekhnologi sekarang sudah jauh lebih maju. Meski tidak bisa bertatap muka secara langsung, setiap orang kini dengan mudah bisa bertatapan muka lewat daring atau online.

    Tidak terkecuali bagi SMP Athirah 1 Makassar yang pada hari jumat kemarin (29/05/20) juga ikut mengadakan perayaan hari nan fitri dengan mengadakan Halal bin Halal secara online. Pesertanya tentu adalah siswa siswi serta para guru dan karyawan. Tidak lupa acara itu juga dilengkapi dengan pembacaan surah Al-kahfi untuk semakin mengajarkan sunah-sunah terbaik pada hari Jumat yang perlu anak-anak ketahui.

    Hal ini juga dilaksanakan untuk tetap membangun silaturahmi antara siswa dan guru. Mengingat pelaksanaan Learning From Home (LFH) sudah berlangsung dalam waktu yang cukup lama.

    Acara ini pun juga mendapatkan antusias yang lebih dari siswa melihat bagaimana mereka tetap ikut meramaikan hingga akhir acara.

    Penulis : Wawan

Agenda 2