• Unit SMP Islam Athirah 1 Makassar

  • Keterangan : Kemah Pengenalan Lingkungan Pramuka SMP Islam Athirah 1 Makassar. Jum'at, 25 Agustus 2017 Bumi Perkemahan Cadika Bajeng

  • Selamat Atas Terpilihnya Ketua dan Wakil Ketua OSIS SMP Islam Athirah 1 Makassar Periode 2019 s.d 2020

  • Performance of Day Project 2019 Global Culture Youth

  • Semarak Kemerdekaan

  • SMP Islam Athirah 1 Makassar Sembelih 5

    Sapi Qurban, Sekaligus Belajar Biologi dan PAI

  • Seminar Motivasi Remaja SMP Islam Athirah 1

    Makassar (Kalla Group) Makassar di Juli 2019

  • By SMP Kajaolalido on 28 Agustus 2019
    • SMP Kajaolalido
    • Kegiatan

    Sekolah Islam Athirah Kajolalido, Makassar, menggelar pertunjukan bertajuk Performance of Day Project 2019 Global Culture Youth
    Pertunjukan ini merupakan program Ayo Main Makassar, yang diprakarsai Mahasiswa asal Korea Selatan.

    By SMP Kajaolalido on 17 Agustus 2019
    • SMP Kajaolalido
    • Kegiatan

    Pimpinan, Guru, dan Karyawan SMP Islam Athirah 1 Makassar memeriahkan Hari Ulang Tahun Republik Indonesia ke - 74 dengan menggelar lomba dan baksos dengan membagikan 74 nasi kotak.

    By SMP Kajaolalido on 14 Agustus 2019
    • SMP Kajaolalido
    • Kegiatan

    Nuansa Idul Adha 1440 H terasa pada pelbagai lapisan masyarakat. Termasuk di kalangan siswa, orangtua siswa dan guru SMP Islam Athirah 1 Makassar.

    Pada hari kedua Idul Adha, tepatnya 14 Agustus/13 Dzulhijjah, SMP ini menyembelih 5 ekor sapi kurban.

    Kepala SMP Islam Athirah 1 Makassar, Nilamartini menjelaskan, Idul Adha di sekolah tersebut mengakat tema ‘Sembelih’. Sembelih akronim dari ‘Semangat Berqurban Melatih Keikhlasan’.

    “Setiap guru dan siswa bahkan orang tua wali murid diberikan kesempatan untuk ikut memberikan sumbangan dalam event kali ini, baik itu secara berkelompok maupun perorangan. Yang pada akhirnya berhasil terkumpul 5 jumlah sapi, yang akan nanti dibagikan kepada yang berhak,” jelas Nilamartini.

    Namun sebelum siswa diperbolehkan untuk menyaksikan prosesi kurban nantinya, mereka terlebih dahulu diberikan beberapa wejangan tentang fiqih kurban. Menurut Nilamartini, hal ini bertujuan menambah wawasan mereka seputar qurban.

    “Anak-anak perlu mendapatkan pencerahan tentang berkurban agar bisa menjadi pembelajaran bagi mereka tentang teknis maupun makna berqurban,” ujarnya.

    Barulah setelah itu, para siswa akan menyaksikan bagaimana proses penyembelihan hewan qurban, maupun cara pemotongan dan pembagiannya. Bertempat di basement sekolah, para siswa pun berkumpul menyaksikan bagaimana metode penyembelihannya. Meski pada akhirnya, ada beberapa siswa yang kaget dan tidak sanggup untuk melihatnya karena masih belum terbiasa. Tidak heran karena biasanya mereka hanya langsung menyantap hasil akhirnya saja tanpa pernah mengetahui dan menyaksikan proses di belakang layar tersebut.

    Tidak lupa, kesempatan ini juga dimanfaatkan untuk memberikan pemahaman langsung kepada siswa dalam anatomi hewan pada mata pelajaran IPA, khususnya biologi.

    Mereka diberikan beberapa lembar kerja siswa, yang nantinya akan digunakan untuk mencatat setiap hal yang mereka telah saksikan sebelumnya. Misalnya saja, dalam menentukan ukuran tanduk dan penentuan jenis kelamin hewan qurban.

    Begitupun dengan mata pelajaran PAI, yang sejatinya memiliki hubungan erat dalam berqurban. Baik dalam menjelaskan pengertian, makna dan tata caranya.

    Acara itu pun ditutup dengan pembagian daging hewan qurban kepada beberapa orang yang berada di sekitar Sekolah Islam Athirah. Baik itu kepada guru, maupun kepada fakir miskin yang sering terlihat di sekitar ruang lingkup sekolah. Pembagian ini tentu melibatkan beberapa siswa untuk menumbuhkan rasa berbagi di dalam diri mereka. Seperti yang diutarakan Ibu kepala sekolah.

    “Semoga dengan acara kali ini, siswa bisa menumbuhkan jiwa kepedulian terhadap sesama, di mana hal ini juga merupakan bagian dari jaminan mutu SMP Athirah,” tutupnya.

    By SMP Kajaolalido on 10 Agustus 2019
    • SMP Kajaolalido
    • Kegiatan

    Pada tanggal 19 Juli 2019, ESQ Leadership Center Makassar memberikan pembekalan motivasi untuk meningkatkan semangat belajar, beribadah dan meningkatkan kualitas akhlak dan perilaku para siswa. Acara ini berlangsung dengan dihadiri lebih dari 300 siswa-siswi kelas 7 hingga kelas 9. Kegiatan ini merupakan rangkaian kegiatan untuk menyambut ajaran baru.

    Lahir dengan memiliki berbagai keberuntungan, menjadi salah satu hal yang harus dimanage dengan baik oleh para siswa-siswi ini. Sebagai harapan masa depan bangsa, mereka dibekali dengan keyakinan bahwa semuanya adalah amanah untuk memajukan masyarakat dan membantu masyarakat yang kurang beruntung.

    Karena para pengajar memiliki kepekaan yang tinggi dan menginginkan akhlak santun dimiliki oleh semua siswa siswi, maka salah satu harapan lain yang diinginkan para pengajar dari kegiatan ini adalah untuk membangkitkan semangat solidaritas para siswa untuk dapat memberikan sikap santun dan hormat kepada semua kalangan dengan tidak membeda-bedakan perlakuan mereka baik secara fisik, sosial ekonomi, dan hal lainnya.

    Salah satu dorongan yang diharapkan terbangun dari acara ini dan terbentuk dalam diri para siswa adalah munculnya benih-benih perbaikan akhlak yang akan menghasilkan perilaku hormat dan santun kepada orangtua, guru, kawan dan masyarakat yang ada di sekitar

    Hal ini agar kecerdasan spiritual dan emosional mereka terasah, sehingga akan memudahkan para siswa untuk meraih berbagai prestasi di masa depan, mengejar beragam impian kesuksesan, dengan kecerdasan ESQ yang tinggi sebagai bekalnya.

    Agar semua keberuntungan yang dimiliki para siswa siswi dapat dijadikan bahan bakar untuk memompa semangat belajar agar menghasilkan kegemilangan dalam hidup masing-masing pelajar nantinya. Hal ini dengan landasan penemuan tujuan hidup yang mulia sejak dini, agar dapat mewujudkan kebahagiaan bagi berbagai aspek hidup mereka selama masih muda, agar meraih kesuksesan lebih dengan adanya keberuntungan lebih yang mereka miliki.


Agenda 2