• PELANTIKAN KPU DAN PANWASLU PEMILIHAN OSIS SMA ISLAM ATHIRAH 1 MAKASSAR

  • SMA Islam Athirah 1 Makassar Kumpulkan

    Puluhan Juta Dukung Program Athirah Peduli

  • SMA Islam Athirah 1 Makassar Gandeng Microsoft Gelar Pelatihan

  • 156 Siswa Athirah Khataman Al-Qur’an, Ini Pesan Kepala Sekolah

  • “Siswa dan Guru SMA Islam Athirah

    1 Makassar Mengikuti Gladi Bersih UNBK

  • By Administrator on 08 April 2020
    • SMA Kajaolalido
    • Berita

    Keluarga besar SMA Islam Athirah 1 Makassar menyambut antusias program Athirah Peduli, Rabu (8/4/2020). Athirah Peduli merupakan kegiatan sosial yang digagas oleh manajemen Sekolah Islam Athirah untuk mengumpulkan dan menyalurkan bantuan bagi orang yang membutuhkan terutama korban bencana. Saat ini program Athirah Peduli fokus untuk mengumpulkan 1000 paket sembako yang akan disalurkan untuk kaum dhuafa yang terdampak wabah Corona Virus Disease (Covid-19). Satu paket sembako senilai 100 ribu rupiah.

    Setelah diterbitkannya flyer yang berisi ajakan berpartisipasi dalam mengumpulkan 1000 paket sembako itu, Kepala SMA Islam Athirah 1 Makassar, Tawakkal Kahar, S.Pd., M.Pd. langsung memprakarsai kesempatan beramal itu kepada seluruh guru dan karyawan SMA Islam Athirah 1 Makassar. Hasilnya, guru dan karyawan juga merespon cepat program yang ditunggu-tunggu itu.

    “Kita senantiasa berikhtiar, mengajak dalam kebaikan, guru dan karyawan merespon baik hal ini, apalagi ini adalah kesempatan beramal yang memang kita tunggu-tunggu untuk membantu korban terdampak Covid-19” urai Tawakkal saat dihubungi melalui telepon selulernya.

    Selain guru dan karyawan, SMA Islam Athirah 1 Makassar juga mengajak siswa dan orang tua siswa yang ingin berpartisipasi dalam program amal tersebut. Orang tua siswa merespon baik hal tersebut, sebagian besar menyumbang lebih dari satu paket sembako bahkan hingga puluhan paket per orang.

    “Informasi apapun selalu kita sampaikan kepada orang tua siswa, jadi tidak hanya informasi yang bersifat akademik saja, seperti program Athirah Peduli ini kita sampaikan, barangkali ada yang ingin berpartisipasi. Dan hasilnya luar biasa, partisipasi orang tua siswa kita sangat besar” terang Tawakkal.

    SMA Islam Athirah 1 Makassar menggalang donasi untuk mendukung program Athirah peduli hingga hari Jumat mendatang (10/4/2020). Setelah itu, donasi yang terkumpul akan diserahkan kepada manajemen Sekolah Islam Athirah untuk selanjutnya disalurkan kepada dhuafa terdampak wabah Covid-19. Hingga berita ini diturunkan, donasi yang telah terkumpul melalui SMA Islam Athirah 1 Makassar adalah sebesar 17 juta 450 ribu rupiah.

    Penulis: Sukri Muhammad

    By Administrator on 07 Maret 2020
    • SMA Kajaolalido
    • Berita

    SMA Islam Athirah 1 Makassar menggelar pelatihan Microsoft 365 yang dilaksanakan di Laboratorium Komputer Menara Athirah Lantai 6 di Jalan Kajaolalido Nomor 22 Makassar, Sabtu-Minggu, (7/3/2020).

    Kegiatan yang diikuti oleh guru dan karyawan itu menghadirkan trainer dari Microsoft, Rifyal Mukarram, S.Pd., M.Pd. dan Muhammad Rasyid, S.Pd. Berbagai materi yang dilatihkan kepada peserta pelatihan selama dua hari di antaranya penggunaan One Drive, Word Online, Excel Online, Power Point Online, Shorten Link, Microsoft Forms, hingga pemanfaatn Microsoft Teams dalam konferensi jarak jauh.

    Kepala SMA Islam Athirah 1 Makassar Tawakkal Kahar, S.Pd., M.Pd. menjelaskan bahwa kegiatan yang digelar selama dua hari itu bertujuan untuk membekali peserta tentang pemanfaatan Microsoft 365. Menurutnya, saat ini Microsoft 365 sebagai salah satu platform digital berbasis mampu menunjang pekerjaan guru sebagai pengajar dan pendidik.

    “Tujuannya untuk membekali guru dan karyawan, kita bekali pengetahuan tentang Microsoft 365. Khusus untuk guru, ini akan menunjang proses pembelajaran, apalagi dengan fasilitas Microsoft Forms yang juga dapat digunakan untuk ujian daring, jadi ke depan kita tidak lagi menggunakan kertas” terang Tawakkal yang juga terlibat sebagai peserta dalam kegiatan itu.

    Tawakkal juga mengatakan bahwa pelatihan tersebut sangat penting agar guru tidak ketinggalan perkembangan teknologi di era revolusi industri 4.0. Selanjutnya Tawakkal berharap ke depan seluruh peserta pelatihan dapat memaksimalkan penggunaan Microsoft 365.

    “Guru harus melek teknologi, karena di era industri 4.0 ini kan serba digital, kita harap ke depan ini dapat digunakan secara maksimal” tutupnya.

    By SMA Kajaolalido on 27 Februari 2020
    • SMA Kajaolalido
    • Berita

    SMA Islam Athirah 1 Makassar pagi ini menggelar Khataman Al-Qur’an di Auditorium Sekolah Islam Athirah jalan Kajaolaido nomor 22 Makassar, Kamis (27/2/2020). Sejumlah 156 peserta didik kelas XII mengikuti kegiatan yang bertema “Mulia dengan Memuliakan Al-Qur’an” itu.

    Tampak hadir, Dewan Guru SMA Islam Athirah Ketua Qur’anic Generation Development Program (QGDP) Komaruddin Evendi, A.Ma., Kepala TK Islam Athirah 1 Sri Rosa Handayani, S.Pd., M.Ag. Kepala SD Islam Athirah Khasan, S.Pd., Penemu Metode Kaisa Ustaz Kamaluddin Marsus, S.Pd.I., orang tua peserta didik,  serta pengurus BMJ SMA Islam Athirah 1 Makassar. 

    Koordinator Tahfiz SMA Islam Athirah 1 Makassar A. Ghuli Ahmad, S.Pd.I. menguraikan bahwa SMA Islam Athirah 1 Makassar menjamin tambahan hafalan Al-Qur’an peserta didik minimal satu juz. Selain itu, bagi peserta didik dengan bacaan Al-Qur’an yang baik hafalannya bahkan bisa bertambah hingga 6 Juz. “Begitu siswa masuk di Sekolah Islam Athirah, yang dulunya tidak punya hafalan, selesai (tamat) di Athirah maka terjamin dia akan hafal 1 juz, adapun yang berprestasi bisa menghafal 5 juz dan 6 juz sampai dia tamat” terang pria pecinta olaharaga sepak bola ini. 

    Lebih jauh Aghul (sapaan A.Ghuli) menjelaskan bahwa target hafalan peserta didik yang mengikuti khataman Al-Qur’an telah mencapai seratus persen dari seluruh jumlah peserta didik kelas XII. Namun, sebagian besar peserta didik menyelesaikan hafalan lebih dari satu juz. “Jadi secara target kita (sudah capai) 100%, targetnya kan satu juz selama 3 tahun, tetapi banyak juga yang menyelesaikan hafalannya lebih dari satu juz” tutup ustaz asal Kabupaten Bone ini.

    Peserta didik yang mengikuti khataman Al-Qur’an telah menyelesaikan tugas pembelajaran Al-Qura’an di masing-masing level. Di hadapan para undangan, peserta didik membuktikan kemampuannya saat diuji oleh beberapa guru tahfiz. Saat sesi ujian oleh guru tahfiz, orang tua yang hadir juga diberi kesempatan untuk menguji hafalan peserta didik, dan peserta didik yang diuji menyelesaikan ujian hafalan tersebut dengan baik.

    Sementara itu, Kepala SMA Islam Athirah 1 Makassar mengapresiasi peserta didiknya yang telah belajar dengan sungguh-sunggu memperbaiki bacaan Al-Qur’annya, sehingga dapat membanggakan orang tuanya. “Kami mengapresiasi anak-anak yang telah bersungguh-sungguh belajar mengaji, menghafal, dan mentadabburi Al-Qur’an selama tiga tahun ini, hari ini dibuktikan di hadapan orang tua, dan orang tua pun turut mengetes (menguji) kemampuan hafalan alqur’an anaknya langsung di panggung” terangnya sesaat setelah acara selesai.

    Ia pun berpesan agar peserta didik yang telah mengkhatamkan bacaan dan hafalannya, tidak berhenti membaca Al-Qur’an dan terus meningkatkan hafalannya. “Saya menghimbau anak-anak terus melanjutkan hafalannya kelak, tidak berhenti, karena Al’Quran adalah petunjuk bagi kita semua.” tutupnya.

    Penulis: Sukri Muhammad

    By SMA Kajaolalido on 27 Februari 2020
    • SMA Kajaolalido
    • Kegiatan

    Pelaksanaan gladi bersih UNBK SMA 2020 bersifat wajib bagi seluruh SMA yang akan mengikuti UNBK resmi di akhir maret 2020 mendatang.  SMA Islam athirah 1 makassar ikut dalam pelaksanaan gladi bersih UNBK yang dilaksanakan mulai tanggal 24 – 26 Fabruari 2020. Persiapan pelaksanaan gladi bersih UNBK telah disiapkan jauh-jauh hari oleh tim IT SMA Islam Athirah 1 Makassar, sehingga dalam pelaksanaannya berjalan aman dan lancar. Sebanyak 156 siswa/i SMA Islam Athirah 1 Makassar mengikuti gladi bersih UNBK 2020 dan dalam pelaksanaannya siswa dibagi dalam dua sesi, setiap sesi diikuti oleh 78 siswa dengan menggunakan dua laboratorium komputer Sekolah Islam Athirah Makassar. Mata pelajaran yang diujikan hari pertama Bahasa Inggris, hari kedua mata pelajaran Pilihan ditambah soal Assessmen Kompetensi Minimum (AKM) yang merupakan cikal bakal pengganti soal UN tahun depan dan di hari ke tiga gladi diikuti oleh guru-guru dengan materi ujian AKM. Dalam pelaksanaan gladi bersih UNBK 2020 tentu ada beberapa tujuannya antara lain:

    1) Untuk memastikan Aplikasi sudah dapat berjalan dengan baik.

    2) Infrastruktur di pusat dan di sekolah sudah siap dan berfungsi dengan baik.

    3) Tim Pelaksana Pusat, Helpdesk, Proktor dan panitia sudah memahami tugas dan tanggung jawabnya.

    4) Data infrastruktur (jaringan internet, server dan klien) sudah tercatat dengan benar.

    5) Data Peserta (Biodata, mata ujian dan penempatan server) sudah tercatat dengan lengkap dan benar.

    Sehingga setelah gladi bersih UNBK dilaksanaakan, semua SMA tanpa terkacuali SMA Islam Athirah 1 Makassar sudah siap melaksanakan UNBK yang sebenarnya.

Agenda 2