• Hebat! Pengurus OPDIS SD Islam Athirah

    1 Dilantik di Rumah Jabatan Walikota

  • Gali Bakat dan Minat Siswa, SD

    Islam Athirah 1 Makassar Gelar Porseni

  • Dekatkan Diri Kepada Allah SWT, Guru SD

    Islam Athirah 1 Makassar Target Hafal Juz

  • Mahasiswa PPL UNM Magang di SD Islam Athirah 1 Makassar

  • By SD Kajaolalido on 17 Desember 2019
    • SD Kajaolalido
    • Kegiatan

    Pelantikan pengurus OPDIS SD Islam Athirah 1 Makassar periode 2019/2020 dilaksanakan dengan tertib dan lancar, Senin (16/12/19). Pelantikan tersebut dilaksanakan di Baruga Anging Mamiri Rumah Jabatan Walikota Makassar. Acara pelantikan yang dimulai pukul 09.00 Wita ini dihadiri oleh siswa, orangtua murid, dewan Pembina OPDIS, pimpinan SD Islam Athirah 1 Makassar, ketua OPDIS periode 2018-2019, pengurus baru OPDIS SD Islam Athirah 1 Makassar periode 2019-2020, pimpinan SD Islam Athirah 1 Makassar, PJ Walikota yang diwakili oleh dinas pendidikan kota Makassar, serta pengurus BMJ SD Islam Athirah 1 Makassar. 

    Terlihat Pengurus OPDIS baru yang akan segera dilantik sangat serius mengikuti tahap demi tahap pelantikan. Bendera merah putih serta bendera yang berlambangkan logo Sekolah Islam Athirah mengawal  barisan pengurus OPDIS. Pembacaan Surat Keputusan Kepala Sekolah dibaca dengan khidmat  oleh Wakasek Kesiswaan lalu dilanjutkan ikrar janji pengurus OPDIS sampai serah terima jabatan. Ketua OPDIS Masa Bakti sebelumnya yang dijabat oleh Keisha Nabila Ahmad resmi digantikan oleh Andi Ratu Madinah Al Munawwarah dan Pengurus OPDIS masa bakti 2019/2020 secara sah telah dilantik.

    Kepala Sekolah, Khasan memberikan sambutan dengan mengucapkan selamat kepada seluruh pengurus OPDIS yang baru sekaligus mengucapkan banyak terima kasih kepada pengurus yang lama atas dedikasi dan kinerja yang baik pada masa bakti 2018/2019 kemarin. “Semoga kepengurusan OPDIS masa bakti 2019/2020 yang baru dilantik ini dapat meneruskan perjuangan organisasi siswa sekaligus memberikan perubahan ke tingkat yang lebih baik lagi”paparnya serius.

    Sementara itu, Penanggung Jawab Walikota yang diwakili oleh Dinas Pendidikan Kota Makassar, Anca, menjelaskan bahwa pelantikan pengurus OPDIS ini merupakan bentuk kaderisasi dalam pembelajaran kepemimpinan dan keorganisasian serta telah menjadi budaya sekolah, dan melalui kegiatan ini akan terbentuk karakter siswa menjadi seorang calon pemimpin masa depan yang tangguh dan pantang menyerah. Menurutnya organisasi tidak didapatkan di dalam buku teks tetapi ini adalah proses untuk mencapai tujuan. Di dalam organisasi bukan hanya ketua yang menjadi pemimpin tetapi seluruh pengurus adalah pemimpin. “Dengan kerja sama dan kolaborasi serta mengutamakan kepentingan bersama maka tujuan organisasi insya Allah akan tercapai, tuturnya.” Rencananya setelah pelantikan pengurus OPDIS periode 2019-2020 akan mengikuti LDK di bulan Januari tahun 2020 nanti.

    Penulis : Syahriyanti


    By SD Kajaolalido on 11 Desember 2019
    • SD Kajaolalido
    • Kegiatan

    Untuk meningkatkan kreatifitas dan prestasi siswa di bidang non akademik, SD Islam Athirah 1 Makassar menggelar Pekan Olahraga dan Seni. Pembukaan kegiatan tersebut dilaksanakan pada hari Senin, (9/12/19) di Selasar Lantai 1. Kegiatan tersebut dibuka langsung oleh Kepala Sekolah SD Islam Athirah 1 Makassar, Khasan, S.Pd. “Melalui kegiatan ini diharapkan semua siswa menyalurkan kemampuan terbaiknya di bidang olahraga dan seni”. 

    Beberapa pertandingan yang dilombakan seperti menyanyi solo, senam kreasi, vocal group, puisi, dan futsal. Pantauan di lapangan kegiatan yang dilaksanakan dari tanggal 9 – 12 Desember 2019 ini berlangsung meriah. Para siswa yang mengikuti lomba saling bersaing menjadi yang terbaik dan menjadi juara. Para supporter tak urung memberi semangat dari pinggir lapangan bersama yel-yel pemberi semangat.

    Porseni ini sendiri, menurut Ketua Panitia, Arif, agar meningkatkan prestasi siswa-siswi yang menonjol agar bisa dibina dan diikutkan dalam kegiatan lomba. “Memang ini sudah merupakan kegiatan rutin kami di akhir tahun. Sudah kita programkan setiap bulan Desember sesudah ulangan, agar membuat anak-anak yang tadinya jenuh sehingga fresh kembali setelah mengikuti porseni,” tambahnya.

    Penulis : Syahriyanti


    By SD Kajaolalido on 10 Desember 2019
    • SD Kajaolalido
    • Kegiatan

    Pada jam-jam tertentu, ketika kita berada di area Sekolah Islam Athirah, khususnya SD, maka kita akan menemukan kelompok-kelompok  peserta didik yang sedang belajar tahfidz metode Ummi. Lantunan ayat-ayat suci Al Qur’an terdengar begitu jelas dan indah dengan irama yang sama. Pembelajaran tahfidz ini bukan hanya ditujukan bagi peserta didik, namun seluruh guru dan karyawan Athirah juga mengikuti pembelajaran yang sama. Meskipun tidak seintensif siswa, guru-guru tampak begitu bersemangat mengikuti pembelajaran tahfidz ini. 

    Sejak awal bulan Oktober 2019 pembelajaran tahfidz bagi guru-guru SD Islam Athirah 1 bukan saja tentang pembelajaran tahsin metode Ummi, namun Kepala SD Islam Athirah 1 telah memprogramkan hafal juz 30 bagi guru-guru. “Sebagai guru kita harus memberikan contoh bagi peserta didik kita, kalau anak-anak kita mampu menghafal Al Qur’an maka gurunya pun harus membuktikan kemampuan menghafalnya, di samping itu program hafal juz 30 ini juga sebagai sarana pengembangan diri bagi guru-guru serta dapat lebih mendekatkan kita kepada Allah SWT”, ungkap Khasan selaku Kepala SD Islam Athirah 1 Makassar.

    Penulis : Dewi Purnama Sutji


    By SD Kajaolalido on 25 November 2019
    • SD Kajaolalido
    • Berita

    Penyerahan Mahasiswa Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) Universitas Negeri Makassar semester ganjil tahun ajaran 2019/2020 disambut baik oleh kepala sekolah SD Islam Athirah 1 Makassar, Senin (25/11/1). 

    Berlangsung di ruang guru mahasiswa PPL diserahkan oleh dosen pembimbing lapangan Dr. Suarlin, S.Pd.,M.Pd Program Studi PGSD Universitas Negeri Makassar. Praktik Pengalaman Lapangan yang dilaksanakan sepuluh mahasiswa ini dilaksanakan selama dua bulan lebih, dan kegiatan ini akan berakhir pada 25 Januari 2020. 

    Kami dengan senang hati menerima mahasiswa praktik pengalaman lapangan dari Universitas Negeri Makassar di sekolah kami. Semoga para mahasiswa nantinya dapat belajar dan mendapatkan banyak pengalaman yang berkesan dan berharga dari sini,” kata Khasan, kepala sekolah SD Islam Athirah.”

     

    Penulis            : Syahriyanti

Agenda 2