• Talkshow ”Fun and Meaningful Online Learning Process”, SD Islam

    Athirah 1 Makassar Hadirkan Kepala TK sebagai Pembicara

  • Pererat Silaturahmi, SD Islam Athirah 1 Adakan Pertemuan dengan FKK

  • Gembira Sambut Bulan Mulia, SD Islam

    Athirah 1 Makassar Gelar Tarhib Ramadhan

  • Kepala Sekolah SD Islam Athirah 1 Makassar Semangati

    Siswa Kelas 6 Ikuti PAS Daring Penuh Integritas

  • By SD Kajaolalido on 09 April 2021
    • SD Kajaolalido
    • Kegiatan

    SD Islam Athirah 1 adakan talkshow dengan temaFun and Meaningful Online Learning Process” dengan menghadirkan narasumber hebat, Jumat(9/4/2021).

    Tujuan talkshow ini diadakan adalah ingin berbagi tips bagaimana menciptakan pembelajaran yang menarik di kala pandemi. Menariknya opening speech yang biasanya dilakukan oleh Kepala sekolah, namun kali ini  diwakili oleh Muhammad Kiral, siswa kelas 3. Dalam pidatonya ia mengatakan sebuah sekolah hebat karena siswanya hebat. Siswa - siswi hebat karena guru-gurunya hebat. Dan guru- guru hebat karena kepala sekolahnya hebat.

    Kegiatan ini diisi oleh narasumber yang berasal dari beberapa kepala TK ternama di Makassar yang dipandu oleh Mam Dewi selaku moderator. Diantaranya Hardianti Akmar, S.Pd (Kepala TK Kidea), Musfaidah Dwi Zulfausi, S.Pd (Kepala TK Kharisma), Nurhayati S.Pd (Kepala TK Montessori School) dan Martin Greylin (EF Pricipal).

    Musfaidah mengatakan saat pembelajaran tatap muka dihentikan dan dilanjutkan dengan pembelajaran dari rumah awalnya shock, butuh penyesuaian bagi siswa, orang tua dan sekolah.

     “Pertama  yang dilakukan adalah memberikan informasi belajar online. Belajar menggunakan aplikasi online untuk pembelajaran. “Menjaga jam biologis siswa yang utama sehingga tetap merasakan sama dengan belajar di sekolah.  Belajar melalui aplikasi zoom dan kami pun membuat video pembelajaran agar memudahkan siswa. Sebelum memulai kegiatan, diberikan aktivitas seperti ice breaking dan games,’’tambahnya.

    Disamping itu kepala Sekolah Kidea, Miss Dian mengutarakan ,’’This online learning is difficult and challenging.  But, we are ready in facing the online learning. “Kami telah siap dengan pembelajaran secara online dengan video yang pembelajaran yang telah tersedia. Sehingga dapat digunakan saat pembelajaran via zoom. We create fun learning such as online fieldtrip, cooking and picnic.  And also, there is weekly report for parents.  Thus, they can know their children improvement,’’ tutup miss Dian

    Dilanjutkan dengan pembicara yang ketiga, Miss Ati selaku Kepala Sekolah Montessori menyatakan terdapat  dampak positif dan negatif terhadap online learning ini. “Dampak negatifnya yaitu siswa mengalami kesulitan dalam memahami materi dan kurangnya interaksi sosial diantara sesama teman guru. Sebaliknya memberikan dampak positif yaitu adanya kolaborasi antara guru dan orang tua, anak-anak mengenal dunia teknologi dan membuat gurunya semakin kreatif”,’’ujar Miss Ati

    Dilanjutkan narasumber terakhir, Mr Martin selaku principal EF mengungkapkan  pembelajaran dari online ke offline harus tetap menciptakan suasana belajar yang menyenangkan. ’We have different method in teaching  because students learn audios and visually. For the teachers, EF gives training in applying the system for online classes. So it will create very interactive learning,’’ He said. 

    “Akhir kata beliau mengungkapkan terdapat tantangan juga, karena yang dulunya belajar di ruang kelas namun saat bulan Maret sampai saat ini, kami harus menyesuaikan secara online dengan tetap memberikan pembelajaran terbaik bagi siswa kami,”tutupnya.

    Penulis : Rika Rahayu (Tim Web SD Islam Athirah 1 Makassar)


    By SD Kajaolalido on 08 April 2021
    • SD Kajaolalido
    • Kegiatan

    Menyambut bulan suci ramadhan 144 H, Guru dan karyawan SD Islam Athirah melaksanakan kegiatan silaturahmi  dengan pengurus FKK setiap kelas. Dalam kegiatan ini dijadikan sebagai sarana mempererat hubungan silaturahmi antara orang tua siswa dan pihak sekolah sehingga komunikasi tetap terjaga. Silaturahmi yang dilaksanakan pada Kamis (8/4/2021) ini , semakin khidmat karena hadir beberapa tamu undangan yaitu ketua BMJ,pengurus BMJ, Wakil Direktur Sekolah Islam Athirah Wilayah Kajaolaliddo, dan perwakilan siswa dari pengurus OPDIS yaitu Ratu Anzo sebagai ketua OPDIS SD Islam Athirah 1.

    Adapun rangkaian kegiatan dalam silaturahmi dengan FKK ini, diawali dengan pembacaan ayat suci Al-Quran dan dilanjutkan sari tilwah, lalu pembacaan doa, kemudian ada sambutan juga  dari Ketua BMJ oleh Ibu Novita Munassar dan Pak Mas Aman Uppi S.Pd,M.Pd, lalu  dilanjutkan sambutan oleh Ratu Anzo sebagai ketua OPDIS SD Islam Athirah 1, dilanjutkan lagi dengan pemaparan PPDB tahun ajaran 2021/2022 oleh pak Khasan S.Pd selaku kepala sekolah SD Islam Athirah 1, dan diakhiri oleh ceramah kajian oleh Ustadz Dr.Muhammad Agus,S.Th.I. 

    Opening BMJ oleh bu Novita Munassar dimana beliau menyampaikan struktur kepengurusan BMJ dan peran BMJ dalam Sekolah Islam Athirah adalah sebagai Badan Musyawarah Jamiah  dalam mensupport setiap kegiatan dan program yang ada di unit termasuk seluruh kegiatan yang ada di SD Islam Athirah wilayah Kajaolaliddo. Salah satu program dari BMJ yang berjalan adalah Jumat barokah dan  beliau menyampaikan terima kasih karena selalu mensupport segala kegiatan BMJ saat ini. Dalam sambutannya beliau menutup dengan menyampaikan permohonan maaf sebelum memasuki bulan suci Ramadhan.

    Khasan S.Pd dalam pemaparannya terkait PPDB tahun ajaran  2021/2022, menyampaikan bahwa investasi yang paling besar untuk kita adalah dengan menyekolahkan anak kita dengan sekolah yang tepat yang dimana fokus pada Al- Quran dan bahasa Inggris. Lalu disampaikan juga berbagai program dilaksanakan untuk meningkatkan jaminan mutu diantaranya guru – guru diikutkan dalam program bahasa inggris, pengembangan selanjutnya yaitu menjadikan hafidz dan hafidzah guru – guru dalam mengikuti program hafal  3 juz. Maka dengan ini  khasan menyampaikan agar bisa bekerja sama antara Guru dan orang tua khusus FKK dalam menyebarluaskan informasi terkait PPDB SD Islam Athirah 1.

    Di akhir kegiatan silaturahim ini,sekaligus menjadi inti kegiatan yaitu ceramah oleh Ustadz Dr.Muhammad Agus,S.Th.I. selaku kepala  Madrasah I’dadiyah  Pondok Pesantren DDI mangkoso. Dalam ceramah, beliau mengambil judul Menyambut Bulan Suci Ramadhan. Maka dalam ceramahnya beliau mengajak doa bersama dalam menyambut bulan suci ramadhan dengan harapan semoga kita semua mendapatkan ridho dan rahmat dari Allah SWT.

    Dalam kesempatan yang sama Jamaluddin Muhlis S.Ag,.M.Pd.I, selaku wakil kepala sekolah bagian kesiswaan juga menyampaikan harapan dalam kegiatan silaturahim ini yaitu agar hubungan  guru dan orang tua semakin erat dan semakin kompak  dalam mempersiapkan proses pembelajaran untuk anak-anak dan semoga kita tetap mendapatkan rahmat dan magfirah Allah SWT serta  mudah-mudahan semuanya tetap sehat dan dipanjangkan umur.

    Penulis    : Fajriati Umma (Tim Web SD Islam Athirah 1 Makassar)

    By SD Kajaolalido on 08 April 2021
    • SD Kajaolalido
    • Kegiatan

    Ramadhan 1442 H telah datang menghampiri kita dan sebagai umat muslim yang taat sepatutnya kita bersyukur kepada Allah SWT masih diberikan kesempatan untuk bertemu dan berkumpul dengan Ramadhan tahun ini.

    Sebagaimana tradisi baik yang sudah bertahun tahun dilaksanakan dan dilestarikan dalam rangka menyambut bulan suci Ramadhan, SD Islam Athirah 1 Makassar menyelenggarakan kegiatan Tarhib Ramadhan sebagai bentuk kegembiraan menyambut bulan suci ramadhan. Tarhib Ramadhan tahun ini diselenggarakan pada hari Kamis, 8 April 2021 melaui zoom meeting. Acara tarhib ini dihadiri 407 partisipan yang terdiri oleh jajaran pimpinan, guru-guru, karyawan serta siswa siswi SD Islam Athirah 1 Makassar. 

    Acara tarhib ini diisi tausiyah oleh Ustad Dr. Muhammad Agus, S.Th.I, Kepala Madrasah I’dadiyah Pondok Pesantren DDI Mangkoso. Dalam tausiyahnya, ia menyampaikan bahwa ramadhan sebentar lagi dan hati kita semakin menanti. Kita perlu bergembira dan berbahagia atas kedatangan bulan yang mulia ini karena bulan ini khusus untuk umat Nabi Muhammad dan sebagai ummatnya kita mesti bergembira.

    “Ramadhan ibarat tamu yang agung dan mulia. Menyambut tamu yang agung mestinya kita menyiapkan diri dengan berbagai persiapan. Ibaratanya ketika kita kedatangan tamu spesial di rumah pastinya kita menyiapkan makanan, minuma dan pelayanan terbaik untuk tamu kita, dan begitu pula dengan ramadhan,”tegasnya saat memberikan tausiyah.

    Sementara itu, Kepala Sekolah SD Islam Athirah 1 Makassar, Khasan, S.Pd. dalam sambutannya agar para siswa-siswi SD Islam Athirah 1 Makassar bisa seeprti ulat yang bermetamorfosis menjadi kupu-kupu. Semoga di bulan ramadhan ini anak-anakku mampu melatih diri berpuasa, menahan nafsu baik makan dan minum dan mendapatkan kesempatan melatih ihsan. 

    Ustadz Agus juga mengingatkan anak-anak dengan ungkapan “Saya tidak terpesona dengan hasil pencapaian seseorang tetapi saya tergugah dengan proses yang ia lalui untuk sampai kepada pencapaiannya”. Dari ungkapan tersebut, Ustad mengatakan jika orang bisa menjadi hebat maka jangan hebatnya yang menjadi perhatian tetapi prosesnya. Proses supaya anak-anak kuat menjalani puasanya. Ala bisa karena biasa. 

    Dalam ceramahnya ia juga menyampaikan sabda Rasulullah. "Barangsiapa mendekatkan diri kepada Allah dengan melakukan amalan sunnah pada bulan ramadhan. Dan barangsiapa yang melakukan amalan satu amalan fardhu di bulan Ramadhan maka (pahalanya) seperti orang yang melakukan 70 amalan fardhu pada bulan lain." 

    Ustad Agus juga menambahkan doa yang dibaca berulang-ulang sebelum datangnya bulan ramadhan. Allahumma barik lana fi sya'ban wa ballighna Ramadhana. “Ya Allah, berkahilah kami pada bulan Sya’ban dan pertemukanlah kami dengan bulan Ramadhan”

    Di akhir tausiyahnya ia mengingtkan para siswa-siswi SD Islam Athirah 1 Makassar untuk bergembira menyambut ramadhan dan melakukan ibadah wajib maupun sunnah. “Dalam bulan ramadhan nanti, jaga kesehatan yah, semangat perbanyak ibadah, mengaji, sholat sunnah dan jangan lupa bersedekah,”ungkap Ustad Agus saat mengakhiri tausiyahnya.

    Penulis : Syahriyanti (Tim Web SD Islam Athirah 1 Makassar)

    By SD Kajaolalido on 06 April 2021
    • SD Kajaolalido
    • Berita

    Senin (05/04/2021), SD Islam Athirah 1 Makassar mulai melaksanakan Penilaian Akhir Semester untuk peserta didik kelas 6. Penilaian Akhir Semester ini direncanakan akan berlangsung selama lima hari, dimulai hari Senin (05/04/2021) dan berakhir hari Jumat (09/04/2021). Semua mata pelajaran tetap diujiankan dalam Penilaian Akhir Semester ini. Prosesnya dilaksanakan secara online melalui aplikasi Google Meet dan diawasi oleh wali kelas masing-masing. Ada lima kelas yang mengikuti Penilaian Akhir Semester ini dengan jumlah peserta didik sebanyak 139 orang, 73 laki-laki dan 66 perempuan. 

    Ahriani, S.Pd., selaku wali kelas 6 Al Ghafur mengungkapkan bahwa proses Penilaian Akhir Semester berjalan lancar meskipun beberapa anak terkendala oleh jaringan. “Dari segi materi dan sistem menjawab soal, Alhamdulillah anak-anak sudah sangat mahir dalam penggunaan Google Form. Karena mereka sudah paham betul seperti apa dan bagaiman hasil dari Google form, jadinya mereka agak berhati-hati dan tidak terburu-buru mengirimkan jawabannya,” tambahnya.

    Saat dimintai keterangan, Keeva Elmira Kuswandi, salah seorang peserta didik kelas 6 Al Ghaniy mengatakan bahwa selama dua hari ini ujiannya berjalan lancar dan tidak ada kendala. Ananda Keeva juga mengungkapkan bahwa sebelum menghadapi ujian, ananda sudah belajar dan mengulang-ulang materi serta mengerjakan latihan soal yang sudah diberikan.

    Arfyuni Firman, S.Pd., M.Pd., selaku wakasek bagian kurikulum mengungkapkan harapannya agar siswa bisa memaknai proses ujian, bukan hanya mengejar nilai. Dalam proses ujian ini mereka bisa belajar banyak karakter, yaitu jujur dalam mengerjakan ujian, disiplin terhadap waktu ujian, berusaha dan berdoa untuk mencapai apa yang mereka inginkan. 

    Hal senada juga disampaikan oleh Khasan,S.Pd., selaku Kepala SD Islam Athirah 1 Makassar saat dimintai keterangan, “Ujian bukanlah tentang meraih dan tidak diraihnya nilai yang bagus, tapi ujian adalah sebuah proses. Anak-anak perlu mengetahui bahwa di dalam kehidupan nyata mereka harus menghadapi berbagai tantangan dan yang paling penting adalah proses mereka dalam menyiapkan ujian itu. Hasil baik Alhamdulillah, tidak baik prosesnya kita ulang supaya lebih baik lagi.” 

    Penulis    : Dewi Purnama Sutji (Tim Web SD Islam Athirah 1 Makassar)


Agenda 2