• Siswa SD Islam Athirah 1 Makassar Boyong 8

    Piala Spelling Bee di Metro School English

  • SD Islam Athirah 1 Makassar

    Gelar Family Gathering di Hotel

  • Gelar Market Day, SD Islam Athirah Tumbuhkan Jiwa Enterpreneurship

  • Siswa SD Islam Athirah 1 Makassar Juara Lomba Spelling Bee

  • By SD Kajaolalido on 28 Maret 2020
    • SD Kajaolalido
    • Kegiatan

    Delapan siswa SD Islam Athirah 1 Makassar memboyong piala dalam lomba Spelling Bee yang diselenggarakan oleh Metro School pada ajang Metro School English Festival,  Sabtu (29/02/2020) di Jalan Gunung Latimojong. Keikutsertaan murid SD Islam Athirah 1 Makassar dalam ajang Metro English Festival membuahkan hasil membanggakan. Untuk kategori A (Grade 1-2) juara 1 diraih oleh Raffa, Juara 2 Bennabil, Juara 3 Khanza. Kategori B (Grade 3-4) juara 1 Taufiq, Juara 2 Alika, dan Juara 3 Ari. Kategori C (Grade 5-6) Juara 2 diraih oleh Shafah dan Juara 3 Annisa.

    Spelling Bee sendiri adalah sebuah kompetisi yang menguji kemampuan literasi dan kecakapan peserta dalam mengeja sebuah kata. Dalam kompetisi ini, para peserta secara tidak langsung dibawa dalam sebuah proses belajar yang berkesinambungan, baik dalam hal peningkatan kemampuan eja dan literasi, maupun membangun kepercayaan diri. 

    Salah satu guru bahasa Inggris, Syahriyanti mengaku bangga terhadap prestasi siswanya. “Ini adalah kedua kalinya siswa kami ikut serta dalam lomba Spelling Bee dan Alhamdulillah berhasil manyabet piala paling banyak”.

    SD Islam Athirah 1 Makassar  mengirim 57 siswanya untuk ikut dalam lomba tersebut. Beliau mengaku dirinya tidak begitu sulit dalam membina siswa, lantaran mereka sudah terbiasa menggunakan bahasa inggris selama di sekolah.

    “Dari sisi bahasa mereka sudah dibiasakan dari kelas I, jadi kita hanya melatih mental mereka saja, agar siap tampil di depan orang banyak,” jelas Dewi, guru Bahasa Inggris level 5-6. Ditemui usai acara, Rika Rahayu, guru bahasa Inggris level 3-4 berharap siswanya agar terus semangat dalam belajar, dan menambah prestasi-prestasi lainnya, baik di bidang akademik dan non akademik.

    Sementara itu, Kepala Sekolah SD Islam Athirah 1 Makassar, Khasan, mengungkapkan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada para siswa maupun para pendamping yang telah berpartisipasi dalam kegiatan ini. 

    Penulis : Syahriyanti



    By SD Kajaolalido on 17 Februari 2020
    • SD Kajaolalido
    • Kegiatan

    SD Islam Athirah 1 Makassar mengadakan kegiatan Family Gathering pada hari Jumat (7/2/2020) yang berlangsung di Hotel Aryaduta, Makassar. Family Gathering ini diikuti oleh seluruh anak kelas 1 beserta orang tua. Kegiatan ini dilaksanakan pukul 08.00 hingga 12.00 WITA. “Acara ini bertujuan untuk meningkatkan rasa kekeluargaan dan menjalin silaturahmi dengan orangtua siswa kelas 1,” jelas Erna, wali kelas 1 Ar Rauuf.

    Erna menyatakan bahwa kegiatan yang dilaksanakan di ballroom Alamanda tersebut merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan SD Islam Athirah 1 Makassar di tiap tahunnya. “Kegiatan family gathering ini rutin kami laksanakan dan untuk semester ini kami adakan cooking competition” ujar Erna.

    Cooking competition tahun ini sengaja mengambil tema menghias donat. Para orangtua siswa menghias donat dengan berbagai varian toping yang disediakan oleh masing-masing orangtua siswa. Dalam cooking competition tersebut menghadirkan juri utama yaitu Chef Ilyas dengan anggota juri Kepala Sekolah SD Islam Athirah 1 dan Kepala TK Amalia

    “Alhamdulilah kegiatan yang diikuti oleh seluruh wali murid kelas 1 SD Islam Athirah 1 Makassar ini berjalan dengan lancar dan penuh rasa kekeluargaan” pungkas Erna. Selain itu kegiatan ini kami harapkan bisa menjadi sarana untuk memperkuat ikatan antara siswa dan orangtua, antara siswa dan siswa yang lainnya serta antara siswa dan guru.

    “Semoga kegiatan ini dapat terus berlanjut dan mendapatkan antusias yang lebih dan lebih lagi ke depannya” imbuh Hastri, wali kelas 1 Ar Rahim.


    Penulis : Syahriyanti



    By SD Kajaolalido on 17 Februari 2020
    • SD Kajaolalido
    • Kegiatan

    Market day yang digelar di SD Islam Athirah 1 Makassar disambut hangat oleh para warga Sekolah Islam Athirah. Kegiatan tersebut  digelar selama satu hari, 13 Februari 2020 di Selasar Lt 1 Sekolah Islam Athirah. 

    Suasana SD Islam Athirah terlihat lebih meriah dari biasanya. Para siswa tidak berada di kelas pembelajaran. Mereka berkumpul di area sekolah, tersebar di 14 stand  yang disulap menjadi seperti sebuah pasar.

    Pembeli bukan hanya dari murid-murid kelas lain, tetapi juga guru-guru TK, SD, SMP, SMA serta orang tua murid. Aneka jualan yang disajikan oleh siswa kelas 2, 3, dan 4 ini mengambil tema 'Nurturing Young and Creative Enterpreneurs'.

    "Kita berharap dengan adanya kegiatan ini siswa tidak hanya belajar tentang mata uang. Tapi yang utama adalah tumbuhnya jiwa enterpreneurship dan memiliki semangat berusaha di kalangan siswa," terang Kepala Sekolah SD Islam Athirah 1 Makassar, Khasan.”

    Harga  yang ditawarkan mulai dari Rp 5.000 sampai Rp.15.000. Aneka jenis jualan seperti makanan, minuman, alat tulis, mainan, souvenir dan masih banyak lagi. "Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, kegiatan market day tahun ini kita adakan dua kali. Rencananya bulan Maret akan kembali diadakan untuk kelas 1, 5, dan 6," kata ketua panitia, Dewi Purnama Sutji yang ditemui usai acara, Kamis (13/02/2020).

    Kegiatan ini sangat mengedukasi. Mereka tidak hanya belajar tentang uang, tapi ada sisi psikologi. "Seperti usaha dalam pengadaan barang, tantangan menjual, menerima keadaan yang sulit maupun senang terutama ketika barangnya belum terjual dan sudah terjual, melatih rasa dan toleransi," tutur Rika Rahayu, salah seorang guru Bahasa Inggris di SD Athirah.

    Penulis : Syahriyanti


    By SD Kajaolalido on 15 Februari 2020
    • SD Kajaolalido
    • Kegiatan

    Dua siswa SD Islam Athirah 1 Makassar yakni Rafa Mustafa kelas 3 Al Adlu dan Rajab Athaallah Khairi kelas 3 Al Adlu meraih juara II dan III dalam lomba Spelling Bee yang diselenggarakan oleh Lazuardi Athaillah School,  Sabtu (15/02/2020) di Trans Studi Mall Makassar.

    Guru Bahasa Inggris, Syahriyanti mengatakan anak didiknya tersebut hanya sempat berlatih kurang lebih selama dua pekan namun akhirnya berhasil merebut piala bergilir Spelling Bee di ajang LazaFest 2020. “Sebelum anak didiknya berhasil mencapai juara banyak proses yang dilalui. Lomba ini merupakan mengeja huruf per huruf dari kata-kata yang disediakan, Rafa dan Rajab pun berhasil menyebutkannya dengan baik dan benar.

    Spelling adalah seni untuk menggabungkan sebuah kata secara benar dari huruf-huruf yang membentuknya. Keterampilan ini akan membantu menguatkan hubungan yang ada antara suara dan huruf. Oleh karenanya, spelling merupakan pondasi dasar keterampilan bahasa Inggris yang memiliki peran penting dan berdampak positif terhadap keterampilan lainnya seperti Listening, Reading, Speaking, dan Writing. Selain Rafa dan Rajab, juga terdapat puluhan siswa lainnya dari English Class SD Islam Athirah 1 Makassar yang turut berkompetisi di ajang ini. Mereka sangat antusias walaupun hanya sampai pada babak semi final. “Mereka sudah terbiasa di sekolah menggunakan bahasa inggris saat sehari-hari, jadi itu membantu mereka juga untuk berlatih mengeja dan berkomunikasi,” jelasnya.

    Pihak sekolah pun mengapresiasi dan motivasi untuk terus berprestasi di kompetisi selanjutnya. Saat ditemui Rafa menuturkan alasan dirinya mengikuti kompetisi lomba ini adalah untuk mengasah keterampilan komunikasi menggunakan bahasa Inggris khususnya Spelling Bee. “Dengan ikut lomba saya bisa melatih kepercayaan diri untuk tampil di depan banyak orang,”kata Rafa.


    Penulis : Syahriyanti


Agenda 2