• GURU & KARYAWAN TK ISLAM ATHIRAH

  • Kreatif, TK Islam Athirah 2 Ajak Anak

    Didik Kenalkan Anggota Keluarga dengan Cara ini

  • Luar Biasa, Guru TK Islam Athirah

    2 ini Raih Penghargaan The Best

  • Luar Biasa, Tim Web TK Islam Athirah

    2 Ikuti Pelatihan Jurnalistik Hadirkan Redaktur Handal

  • Anak Didik TK Islam Athirah 2 Presentasikan

    Diri Melalui Video pada Kegiatan Puncak Tema

  • By TK Bukit Baruga on 25 September 2020
    • TK Bukit Baruga
    • Berita

    Puncak Tema Keluargaku yang dilaksanakan oleh TK Islam Athirah 2 pada hari jumat 25 September 2020 berlangsung meriah.  Anak didik menampilkan anggota keluarga mereka melalui media pohon keluarga yang dibuat bersama keluarga di rumah. Sebanyak 54 peserta yang merupakan guru dan anak didik TK Islam Athirah 2 menghiasi layar kaca masing-masing melalui aplikasi google meet. Kegiatan ini berlangsung di pagi hari pukul 08.00-09.00 Wita. 

    Kerjasama Orang tua dalam mendampingi  anak didik dalam membuat kreasi pohon keluarga merupakan salah satu kunci keberhasilan kegiatan puncak tema ini. Sebelum video  anak-anak bersama pohon keluarganya di tampikan, Mirawaty, S.Pd atau yang biasa disapa Ummi Mira selaku koordinator kegiatan menyampaikan ucapan terima kasihnya "Terima kasih kepada anak daidik serta ayah bunda yang sudah mengirimkan beberapa foto kegiatan anak selama membuat pohon keluarga". 

    Rahmawati, S.Pd selaku kepala TK Islam Athirah 2 menjelaskan "Kegiatan puncak tema ini sebagai salah satu apreasiasi kepada anak didik dan orang tua setelah mengikuti pembelajaran "Tema Keluarga” selama 2 pekan. Semangat anak-anak belajar bersama orangtua dimasa pandemi ini terlihat dari dokumentasi dan hasil kreativitas yang dilakukan bersama keluarga dengan suasana yang menyenangkan dan tentunya berkesan bagi putra/putri tercinta."

    Tema keluarga adalah tema kedua yang diajarkan kepada anak didik. Melalui tema ini anak mengetahui tentang keluarganya, mengenal siapa saja yang dimaksud anggota keluarga, kegiatan-kegiatan yang mereka lakukan serta, tugas dan aktivitas yang dilakukan bersama keluarga. 

    Keluarga adalah orang-orang terdekat dari anak serta sosok kuat yang membentuk karakter anak. Menciptakan momen indah bersama keluarga adalah salah satu bentuk tanggung jawab lembaga pendidikan untuk memastikan anak mendapatkan pengalaman berharga tersebut. Kegiatan membuat pohon keluarga bersama ayah, bunda serta anggota keluarga lainnya dapat menjadi momen indah tak terlupakan bagi anak didik TK Islam Athirah 2 dan tentunya dapat menginspirasi keluarga atau lembaga pendidikan lainnya.

    Penulis : Rita Subianti, S.Pd, M.Pd (Guru/Tim Web TK Islam Athirah 2)

    By TK Bukit Baruga on 18 September 2020
    • TK Bukit Baruga
    • Berita

    Sekolah Islam Athirah (SIA) menggelar kegiatan forum Jumat pada hari Jumat, 18 September 2020. Kegiatan forum Jumat kali ini berbeda dari sebelumnya karena kali ini akan diumumkan peraih penghargaan The Best Teacher.

    Kegiatan yang dibuka dengan sambutan dari Direktur SIA, H. Syamril, S.T, M.Pd. ini menghadirkan 323 guru dan karyawan SIA dari berbagai unit mulai dari wilayah Kajaolalido, Bukit Baruga dan Bone.

    H. Syamril, S.T, M.Pd. mengajak semua guru dan karyawan untuk menjadi sebuah tim dengan satu mimpi yang sama "Mari kita sama-sama mewujudkan one team one dream dengan knows, shows dan goes" ajaknya.

    Kegiatan yang dimulai dari jam 13.30 hingga 17.30 ini dirangkaikan dengan banyak agenda seperti penyampaian target dari masing-masing departemen yang ada di Sekolah Islam Athirah, penandatanganan KPI via virtual, pengumuman juara konser kemerdekaan dan yang terakhir pengumuman the best employed yang meliputi driver, OB, teacher, dan lain sebagainya.

    Kehebohan dari peserta tak terhindarkan ketika pengumuman dimulai. Tiba akhirnya pengumuman the best teacher dari masing-masing wilayah dan salah satu guru dari TK Islam Athirah yakni Ummi Sriwati, S.Pd. terpilih menjadi salah satu guru terbaik dari ratusan guru Sekolah Islam Athirah dengan kriteria pencapaian KPI, jalan kalla dan Kompetensi.

    Ucapan selamat dari rekan-rekan guru dan karyawan kepada Ummi Wati (sapaan akrabnya) membanjiri group WA TK Islam Athirah 2. Ia menagucapkan banyak terima kasih dan berharap tahun depan rekan-rekannya juga mendapat penghargaan "Syukron teman-teman ucapannya, semoga tahun depan teman-teman yang lain bisa mendapatkanya" ucapnya via pesan WA group.

    Kepala sekolah TK Islam Athirah 2, Rahmawati, S.Pd. turut memberi selamat dan memotivasi teman-teman yang lain untuk bisa meraih pencapaian yang sama "Selamat untuk semuanya baik yang sebut namanya maupun yang belum, Insya Allah akan menyusul dilain waktu" tulisnya di kolom chat WA group.

    Nurwahidah, A.Ma. selaku kepala Human Capital Development menyampaiakan harapannya setelah selesai membaca pengumuman "Semoga pemberian award ini dapat memotivasi semua teman-teman guru dan karyawan untuk bisa berkontribusi lebih baik bagi sekolah kita".

    Citizen Reporter (Sri Rawanti : Tim Web TK Islam Athirah 2)

    By TK Bukit Baruga on 17 September 2020
    • TK Bukit Baruga
    • Berita

    Tim Web TK Islam Athirah 2 ikuti pelatihan jurnalistik yang diadakan oleh Humas Sekolah Islam Athirah pada hari Rabu, 16 September 2020 dengan menghadirkan Fachri Djaman yang merupakan redaktur salah satu perusahaan media terkemuka di Makassar dan founder OM Jurnalis.

    Pelatihan digelar selama 2 hari dan diikuti oleh 48 orang yang merupakan Tim Web Sekolah Islam Athirah dari berbagai jenjang mulai TK sampai SMA dimulai dari jam 12.30 sampai 15.00 Wita via virtual google meet.

    Mutmainnah, M.Pd selaku pimpinan Humas Sekolah Islam Athirah memberikan sambutan sekaligus membuka acara pelatihan
    “Harapannya setelah mengikuti pelatihan ini, teman-teman mampu menulis berita dengan baik dan benar,” ungkapnya.

    Beliau juga mengucapkan banyak terima kasih kepada pemateri dan para peserta. "Terima kasih banyak atas waktu yang telah teman-teman luangkan dan Om Fachri sebagai pemateri hari ini ditengah kesibukan beliau masih menyempatkan waktunya berbagi ilmu bersama kita" ucapnya.

    Fachri Djaman selaku pemateri membagi ilmu dan pengalamannya selama 8 tahun menjadi penulis berita. Dihari pertama, Ia membagi 10 tips jitu agar berita dapat dirilis dan di hari kedua ia memberi 10 Tips menarik minat pembaca kepada Tim Web Sekolah Islam Athirah agar dapat menerbitkan berita.

    "Menjalin komunikasi yang baik dengan redaktur atau penanggungjawab media merupakan kunci utama agar berita kita dapat dirilis di media" ungkapnya.

    Ia menerangkan bahwa pemilihan kata dalam judul berita juga penting
    "Pemilihan kata dalam menulis judul berita itu penting agar bisa menggambarkan isi berita dan juga jangan menggunakan tanda baca yang mengurangi performa tulisan" terangnya.

    Ia juga menambahkan "Judul yang menarik adalah judul yang membuat pembaca penasaran" tambahnya.

    Ketika salah satu peserta bertanya mengenai aturan mengutip pernyataan narasumber,  Fachri Djaman memberi warning agar tidak mengubah makna dari apa yang disampaikan oleh narasumber dan mencantumkan asal kutipan bila diambil dari media lain.

    Di akhir pelatihan Mutmainnah, M.Pd juga memberi saran kepada para tim web agar bisa mengaplikasikan ilmu yang telah didapatkan pada pelatihan kali ini.

    "Saya berharap teman-teman bisa mengaplikasikan ilmu yang kalian dapatkan 2 hari ini dalam merilis berita-berita mengenai sekolah kita sehingga website kita terus berjalan dan dapat merilis berita-berita yang lebih baik"

    Citizen Repoter : Sri Rawanti (Tim Web TK Islam Athirah 2)

    By Administrator on 10 September 2020
    • TK Bukit Baruga
    • Kegiatan

    TK Islam Athirah 2 mengadakan Kegiatan Puncak Tema “ Aku Unik Ciptaan Allah” pada hari Kamis, 10 September 2020. Kegiatan ini adalah bentuk kegiatan puncak tema yang pertama kalinya pada tahun pelajaran 2020/2021 ini.

    Kegiatan Puncak tema “ Aku Unik Ciptaan Allah” bertujuan untuk memberikan kebermaknaan pembahasan tema, meningkatkan  pengetahuan anak tentang dirinya serta melatih kepercayaan diri anak.

    Anak didik TK islam Athirah 2 sudah belajar dan bermain tentang Identitas dan bagian tubuhnya selama 4 pekan, dan diakhir tema pembelajaran anak diminta untuk presentasi memperkenalkan diri didepan teman-temannya. Karena kondisi yang belum memungkinkan untuk presentasi langsung didepan teman-temannya maka kegiatan ini dilakukan via daring melalui aplikasi Google Meet.

    Rahmawati, selaku kepala TK menyampaikan terima kasih kepada ayah/bunda (orang tua) anak didik yang senantiasa mendampingi putra-putrinya belajar dan bermain di rumah sekaligus menjadi guru bagi ananda tercinta dengan materi Pembelajaran yang dirancang oleh tim guru TK Islam Athirah 2.

    Presentasi “Perkenalan Diri” yang diikuti oleh seluruh anak didik TK Islam Athirah 2 dilaksanakan dalam 2 sesi. Sesi pertama yang diikuti oleh anak didik Kelompok Bermain dan Kelompok A pada pukul 08.00-09.00 WiTa, lalu sesi kedua diikuti oleh anak didik Kelompok B pada pukul 09.00-10.00 WiTa. 

    Sri Rawanti, selaku koordinator kegiatan memberikan Open Mind bahwa kegiatan Puncak tema “ Aku Unik Ciptaan Allah” dilakukan dengan tujuan untuk memberikan kebermaknaan pembahasan tema, meningkatkan pengetahuan anak tentang dirinya serta melatih kepercayaan diri anak.

    Rosmawati dan Mirawaty, selaku MC, memberikan apresiasi kepada anak didik yang sudah tampil dengan kalimat pujian yang memotivasi dan membangkitkan semangat anak dengan apa yang sudah mereka lakukan hari ini.

    Harapannya, semoga kegiatan puncak tema ini memberikan kesan yang menguatkan makna tema yang telah mereka pelajari selama ini.


    Rahmawati, S.Pd

Agenda 2