• GURU & KARYAWAN TK ISLAM ATHIRAH

  • Tk Islam Athirah 2 Tetap Gelar Penamatan di Masa Pandemi

  • Penamatan Secara Virtual TK Islam Athirah 2 Berlangsung Mengharukan

  • Hubbul Quran TK Islam Athirah 2 Bukit Baruga

  • Work from Home ala TK Islam Athirah Baruga

  • By Administrator on 19 Juni 2020
    • TK Bukit Baruga
    • Berita

    TK Islam Athirah 2 Makassar menggelar acara penamatan untuk tahun pelajaran 2019-2020 pada hari Jumat, 19 Juni 2020.

    Menariknya prosesi penamatan kali ini dilakukan secara virtual melalui aplikasi online berupa google meet dan youtube streaming yang diikuti oleh 50 tamu undangan dan orang tua serta 35 anak yang tamat. Acara ini dihadiri juga oleh pengawas TK Kecamatan Manggala, ibu Anita S.Pd., Direktur Sekolah Islam Athirah, guru-guru dan karyawan Sekolah Islam Athirah 2.

    Masa pandemi Covid-19 tidak menyurutkan optimisme para ummi-ummi TK Islam Athirah 2 untuk tetap mempersiapkan dan melaksanakan prosesi penamatan. Hal ini tentu berbeda dengan pelaksanaan secara langsung. Ummi-ummi TK Islam Athirah 2 melakukan persiapan hingga kurang lebih sebulan dengan mengumpulkan berbagai video persembahan dari anak-anak yang dilakukan terpisah d rumah masing-masing lalu melalui proses editing untuk menyatukannya. Mereka juga membagikan jubah wisuda dengan mengantarkan langsung ke rumah-rumah dan juga via go send bagi yang sulit dijangkau.

    Semua tampilan dibuat dalam bentuk video seperti Opening Art dari kelompok A, testimoni dari kelompok B, testimoni orang tua murid dan prosesi penamatan itu sendiri.

    Namun hal ini tidak mengurangi kekhidmatan acara yang berlangsung. Para orang tua murid dan anak-anak sangat antusis mengikuti seluruh proses selama kurang lebih 1 setengah jam.

    Ada yang istimewa dari prosesi penamatan kali ini. Ibu Fatimah Kalla selaku ketua Yayasan Hadji Kalla memberikan sambutannya. Ia mengucapkan selamat kepada ananda yang telah tamat dan menyarankan untuk melanjutkan pendidikan di SD Islam Athirah. "Selamat kepada  anak-anakku semua, Insya Allah nanti kita bertemu lagi di SD Athirah yah" beliau juga berharap semoga pembelajaran kembali normal dan bisa belajar kembali di kelas.

    Bapak Syamril, ST. M. Pd. selaku Direktur Sekolah Islam Athirah turut memberikan sambutannya, beliau menyatakan "Mohon maaf atas pelayanan yang kurang maksimal selama kurang lebih 3 bulan ini karena pandemi, kami dari Sekolah Islam Athirah terus melakukan perbaikan agar bisa lebih baik dalam kondisi apapun". Menurut beliau hikmah dari wabah ini, kita menjadi lebih menyadari bahwa pendidikan pertama itu pada hakikat nya berawal dari rumah.

    Kepala TK Islam Athirah 2, Ummi Rahmawati,S.Pd.menyampaikan rasa terima kasih yang sebanyak-banyaknya kepada para orang tua atas kepercayaan dan kerjasamanya dalam membimbing dan mengarahkan ananda untuk menjadi anak yang beriman dan berakhlak mulia sekaligus menamatkan 35 anak didik TK Islam Athirah 2 tahun pelajaran 2019-2020.

    Harapannya semoga ananda yang telah tamat bisa melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi dengan mempertahankan karakter yang telah ditanamkan oleh ummi-ummi TK Islam Athirah 2. (Sri Rawanti)

    By Administrator on 19 Juni 2020
    • TK Bukit Baruga
    • Berita

    TK Islam Athirah 2 sukses melaksanakan acara penamatan kepada anak didik kelompok B sebanyak 35 orang. Kegiatan penamatan yang dilaksanakan secara virtual ini digelar melalui aplikasi google meet dan juga disiarkan secara langsung kanal YouTube Sekolah Islam Athirah.

    Ketua Yayasan Hadji Kalla, Hj. Fatimah Kalla berkesempatan menyapa anak didik yang tamat dan mengucapkan terima kasih kepada orang tua yang bekerja sama dengan guru selama pandemi ini dan menutup sambutannya dengan kalimat harapan, “Terima kasih kepada orangtua yang telah memilih TK Islam Athirah sebagai tempat menempuh pendidikan."

    Pada sambutan kedua terlihat kehadiran Direktur Sekolah Islam Athirah yang berkesempatan menyapa secara langsung seluruh orangtua dan anak didik yang hadir, beliau menyampaikan permohonan maaf atas situasi pembelajaran yang terjadi sejak pandemi covid “Kami memohon maaf bapak ibu jika selama 3 bulan terakhir, di TK Khususnya tidak maksimal dalam memberikan pelayanan karena kondisi yang kita hadapi." Namun beliau juga menyampaikan bahwa sekolah Islam Athirah telah mempersiapkan diri untuk memberi pelayanan pendidikan dalam berbagai situasi yang ada.

    Jika biasanya penamatan TK Islam Athirah dilakukan dengan kepala TK yang membacakan pernyataan sebagai bentuk pengukuhan kepada anak didik yang tamat, kali ini Ummi Rahmawati S,Pd mengawali dengan laporan pendidikan lalu langsung melanjutkan pembacaan pengukuhan  secara virtual kepada anak didik yang mengikuti prosesi  dari rumah. Adapun prosesi pengalungan medali diatas panggung yang biasanya dilakukan oleh kepala TK maka dengan berjalannya acara ini secara virtual, orangtua menggantikannya dengan mengalungkan kepada masing-masing anak tercinta.

    Beberapa penampilan istimewa di acara penamatan kali ini antara lain, persembahan tari "aku ingin sekolah" oleh anak didik kelompok A TK Islam Athirah 2, persembahan kreasi cinta dari anak didik Kelompok B untuk guru mereka (ummi-ummi) serta yang lebih mengharukan lagi saat kegiatan ini ditutup oleh ummi-ummi (sebutan untuk guru TK) dengan menampilkan video pesan nasehat diakhiri mengucapkan permohonan maaf bersama-sama melalui layar masing-masing agar dapat disaksikan oleh seluruh orang tua dan anak didik. (Rita)

    By Administrator on 13 Juni 2020
    • TK Bukit Baruga
    • Kegiatan

    Salah satu program unggulan TK Islam Athirah 2 "Hubbul Quran" sukses dilaksanakan secara online pada tanggal 13 Juni 2020 melalui aplikasi google meet.

    Hubbul quran ini merupakan laporan langsung tentang pencapaian bacaan metode ummi dan hapalan surah metode kaisha anak didik. Sebanyak 35 anak didik kelompok B mengikuti proses hubbul quran dengan hikmad. Tampak orangtua yang terlihat sangat bangga dan antusias memgikuti seluruh rangkaian acara. Meskipun secara online namun acara ini sukses menghadirkan nuansa haru dan bangga akan keberhasilan ananda dalam mempelajari  Al Quran, terutama saat beberapa anak berhasil mendapatkan reward istimewa dari ummi dengan kategori bacaan tertinggi dan motivasi terbaik. Suasana semakin meriah dengan adanya  penampilan anak didik kelompok A yang membaca surah Az-Zalzalah dan

    Penampilan istimewa dari ananda Kaisha Aulia Kamal yang juga merupakan alumni dari TK Islam Athirah 2.

    Wakil Direktur Sekolah Islam Athirah wilayah Bukit Baruga Drs. Patris Hasanuddin, M.Pd. mengingatkan peserta virtual hubbul bahwa "Jadilah orang yang mengajarkan alquran, kalau tidak bisa ajarkan, pelajarilah, kalau tidak bisa minimal dengarkan dan kalau masih tidak bisa setidaknya dukunglah. Dan saya rasa orangtua sudah melakukan hal baik dengan mendukung ananda untuk belajar Al qur'an".

    Rahmawati, S.Pd selaku Kepala TK Islam Athirah 2 menyampaikan rasa terima kasih dan harapan kepada seluruh orangtua anak didik dalam sambutannya "Mohon tetap dukungan dan bimbingan untuk terus memperlancar dan menambah bacaan dan hapalan doa dan hadits yang sudah didapatkan.  Terima kasih juga atas kepercayaan ayah/bunda untuk menyekolahkan putra(i)nya di TK Islam Athirah 2, dan kami tetap menunggu kebersamaan ini di sekolah Islam Athirah tentunya dengan unit yang berbeda yaitu SD Islam Athirah".

    Menutup acara dengan Indah, ada tausiah dari ustad Kamaluddin Marsus, S.Pd. I yang merupakan founder Metode Kaisha Kinestetik dan memimpin doa bersama agar acara ini menjadi amal jariyah untuk seluruh pihak yang terlibat.

    Semoga segala usaha orangtua, ummi-ummi dan berbagai pihak yang mendukung acar ini mendapatkan balasan pahala berlimpah dari Allah SWT. (rita)

    By Administrator on 28 Mei 2020
    • TK Bukit Baruga
    • Kegiatan

    Work from Home (WFH) adalah istilah yang sangat lazim digunakan sejak pandemi corona pada bulan maret lalu terjadi di Indonesia. Sektor pendidikan pun harus melaksanakannya. Proses pembelajaran yang biasanya terjadi di lingkungan sekolah dipindahkan ke lingkungan rumah. Jika biasanya  guru melakukan pembelajaran secara langsung kepada anak didik dengan berbagai metode, strategi serta alat permainan yang sudah disiapkan sebelumnya maka tentu hasilnya tidak jauh dari harapan atau target perkembangan yang ingin dicapai. 

    WFH memberikan tantangan baru kepada guru TK Islam Athirah 2 untuk mewujudkan perkembangan anak didik yang optimal melalui jarak jauh, namun alhamdulillah berkat adanya dukungan orangtua anak didik, pembelajaran tetap dapat dilaksanakan meskipun di rumah. Salah satu media pembelajaran yang digunakan kepada anak didik adalah video pembelajaran tentang tema tertentu yang dibuat oleh setiap guru. Ini merupakan tantangan bagi mereka yang biasanya melaksanakan pembelajaran secara langsung. Berikut  yang diungkapkan oleh ummi Nurul Khaimah tentang pengalamannya saat harus membuat video pembelajaran untuk anak didik tercinta, “Banyak kendala yang dirasakan selama pembuatan video mulai dari aplikasi video yang terbatas belum lagi kurangnya  pengalaman dalam mengedit video tersebut menjadi video yang sangat menarik buat pembelajaran anak TK Islam Athirah. Menariknya dari situlah kami yg tidak tahu tertantang untuk mulai belajar sedikit demi sedikit membuat video pembelajaran dengan otodidak  dan serunya lagi dalam proses membuat video tersebut mengalir ide yang tak terduga karena kuncinya dalam membuat video tersebut adalah percaya diri  dan akhirnya ada kepuasan tersendiri buat saya pribadi”.

    Ummi Nirwana juga menceritakan pengalamannya tahap demi tahap  tentang pembuatan video selama WFH, “Ketika pimpinan memberi tugas kepada guru untuk membuat video pembelajaran sendiri.  Hatiku kacau tak karuan karena belum punya ilmu dalam bidang editing foto apalagi video, tapi karena ini adalah tugas jadi harus bisa. Akhirnya dimulailah dengan cara mencari aplikasi yg cocok dan mudah buat digunakan. Sambil mempersiapkan materi yg akan dibawakan. Selanjutnya proses rekaman ala kadarnya berbekal kamera Hp dengan suara rekaman yg pas-pasan di mulailah proses mengedit. Butuh waktu lama pasti karena ini adalah hal baru bagi saya. Beruntunglah kami di TK Islam Athirah 2 memiliki teman-teman yang baik. Jika kami butuh bantuan dan terkendala dalam proses editing kami bisa saling membantu dengan berbekal pengalaman masing-masing saat editing. Setelah proses editing itu selesai dan menghasilkan 2 video pembelajaran. Rasanya luar biasa senang dan bangga pada diri sendiri karena hasil video pembelajarannya sangat bagus, Alhamdulilah. Ya, jika kita berusaha dan belajar pasti ada jalannya dan pasti bisa mengerjakannya dan Insya Allah hasilnya juga pasti tdk mengecewakan.

    Guru adalah pendidik yang senantiasa menyediakan layanan pendidikan terbaik untuk setiap anak didiknya. Berada di sekolah ataupun di rumah bukanlah sesuatu yang menjadi patokan dalam menilai keberhasilan proses pembelajaran anak didik mereka. Namun, bagaimana menciptakan situasi yang kondusif, menyediakan media yang dapat digunakan untuk proses pembelajaran anak, serta kerjasama yang baik dengan orangtua anak didik tentunya akan membawa kita pada keberhasilan proses pembelajaran.  Dengan berbagai tantangan dan keseruan yang dirasakan oleh guru-guru TK Islam athirah 2 semoga dapat menjadi pembelajaran untuk semua pihak terutama pendidik yang berada di lembaga lain. Mari jadikan Work from Home sebagai sesuatu yang dapat kita rasakan hikmahnya bersama-sama. Semoga pandemi covid-19 segera berlalu.

    Rita

Agenda 2