• Secara Virtual, SMA Islam Athirah

    Bukit Baruga Bekali Siswanya Hadapi

  • Begini Situasi Terima Rapor Siswa SMA

    Islam Athirah Bukit Baruga di Tengah Pandemi

  • Ratusan Siswa SMA Islam Athirah Bukit Baruga Secara

    Serentak Ikuti Penilaian Akhir Tahun 2020 Lewat Daring

  • OSIS SMA Islam Athirah Bukit Baruga

    Gelar Halal Bihalal Secara Virtual

    • Kegiatan

    Makassar- Sekolah Menengah Atas (SMA) Islam Athirah Bukit Baruga menggelar Persiapan Ujian Tes Berbasis Komputer (UTBK) untuk menghadapi Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) Secara Virtual, Kamis (25/6/2020).

    Kepala SMA Islam Athirah Bukit Baruga, H Ridwan Karim M.Pd menuturkan bahwa kegiatan ini dilaksanakan untuk menyiapkan kesiapan siswa menghadapi SBMPTN.

    "ananda kita harus mempersiapkan dirinya dengan baik sebab Ketat persaingan perlu ada trik trik memilih perguruan tinggi dan jurusan,"ujarnya, Pada Pembukaan Pembahasan UTBK-SMBPTN melalui daring.

    Untuk itu, Kata dia melalui sarana ini diharapkan Para Siswa untuk aktif berkonsultasi kepada Guru dalam hal penentuan jurusan.

    "Dalam memilih perguruan tinggi maksimalkan dengan baik. Bisa merespon dengan sungguh jangan lebih sering diam  untuk itu  Saya ucapkan sukses buat buat ananda,"ucapnya.

    Pada pembukaan tersebut dihadirkan Para Alumni Untuk berbagai kisah kesuksesannya tembus UTBK-SMBPTN. Salah satunya yang berkesempatan adalah 

    Sekolah yang didirikan oleh yayasan hadji Kalla tersebut tak lepas tangan membiarkan Siswa siswinya menghadapi SBMPTN Secara mandiri

    Pelaksanaan Ujian Tes Berbasis Komputer  sebagai syarat untuk mendaftar Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) akan tetap dilaksanakan.

    Untu itu, Salah Satu Siswa Aulia Khairunnisa, Alumni tahun 2019 yang Mahasiswa Ekonomi Syariah Islam di Universitas Brawijaya. Pads kesempatan itu ia menyemangati para siswa yang akan menghadapi SBMPTN.

    "Banyak Latihan soal, ikut try out, belajar Mandiri, konsultasikan soal soal yang tidak dimengerti ke Guru dan perbanyak berdoa,"ucapnya. 

    Penulis : MS

    • Berita

    Makassar- Wabah Virus Corona yang menyelimuti dunia membuat banyak kebiasaan berubah termasuk dalam hal Penerimaan Rapor. 

    Penerimaan rapor di Masa pandemi Yang biasanya saat pembagian rapor di SMA Islam Athirah Bukit Baruga  dipenuhi oleh para siswa dan orang tua siswa, kini di tengah pandemi pembagian rapor dilakukan melalui via ekspedisi pengiriman maupun lewat daring.

    Wakil Kepala Sekolah Bidang Akademik SNA Islam Athirah Bukit Baruga, Dr. Bakry M.Si mengatakan Penerimaan rapor berlangsung dengan baik,  mengingat makassar masih zona merah pandemi covid19, penerimaan rapor dilakukan dengan beberapa bentuk.

    "Penerimaan dilakukan beberapa cara diantaranya daring via googlemeet , cek langsung nilai rapor via simdik, mengirimkan file nilai, hingga mengirimkan rapor dengan menggunakan jasa pengiriman khusus di wilayah Makassar,"tuturnya.

    Sementara itu, salah satu Wali Kelas XI IPA 1, Hj. Salmiaty mengungkapkan penerimaan rapor tahun ini membuat dirinya terharu sebab tak bisa ketemu langsung memberikan rapor ke orang tua.

    "Tidak saya tahu apa mau saya katakan, terharuka rasanya penerimaan rapor tahun ini,"ungkapnya.

    Terpisah, Rahmawati Arifuddin orang tua siswa dari Raiqah Inayah Ramandha siswa kelas XI IPS mengatakan langkah yang ambil pihak sekolah sangatlah tepat dan mengerti dengan kondisi masa masa saat ini.

    "Saya mengerti atas semua dengan keadaan ini. Saya  terima dengan baik. Dan memang saya juga ragu untuk terima rapor secara langsung  dalam kondisi seperti ini,"tutupnya.

    Diketahui,  sesuai surat edaran pelaksanaan kebijakan pendidikan pada masa darurat Covid-19, pembelajaran telah dilakukan secara online. Hal itu dilakukan untuk memutus mata rantai penyebaran virus corona.

    Penulis : MS


    • Berita

    Makassar- Semenjak Wabah Covid-19 menerjang dunia termasuk di Indonesia membuat dunia pendidikan terimbas dampak dari penyakit Wuhan tersebut.

    Termasuk yang dirasakan SMA Islam Athirah Bukit Baruga yang dimana kegiatan belajar dan mengajar  ikut merasakan dampak nya.

    semula kegiatan belajar dan mengajar di lakukan disekolah, dengan ada nya wabah tersebut kegiatan harus dilakukan dirumah, sebagai upaya pemutusan mata rantai covid-19 yang sudah menjadi pandemi di seluruh dunia.

    Selain proses kegiatan belajar dan mengajar dipindahkan di rumah rupanya pelaksanaan Penilaian Akhir Tahun 2020 pun dilakukan di rumah  hal itu dikarenakan sekolah belum bisa dioperasikan setelah keluar kebijakan resmi dari pemerintah untuk tetap menutup sekolah.

    Seperti yang terlihat di SMA Islam Athirah Bukit Baruga, Jumat (5/6/2020) melaksanakan Penilaian Akhir Tahun 2020 ( PAT ) secara serentak lewat daring.

    pelaksanaan PAT berlangsung selama 6 hari dan berakhir pada jumat 12 Juni 2020. PAT dilakukan menggunakan SIMDIK sekolah sendiri.  

    Aplikasi tersebut bisa dilakukan secara daring, sedangkan para siswa siswi dapat mengerjakan di rumah dengan perangkat yang dimiliki seperti komputer, laptop, tab, dan ponsel berbasis android ataupun iOs tetap dalam pengawasan pengawas ujian yang dilakukan pun secara daring.

    Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum, Dr. Bakry, M.Si mengatakan pelaksanaan PAT  secara online melalui aplikasi SIMDIK berjalan dengan lancar. 

    "Alhamdulillah berjalan lancar siswa kelas x dan xi sangat antusias mengikuti ujian tersebut, selain itu pengawas ujian yang telah ditunjuk cukup aktif mendampingi siswa dalam mnyelesaikan aetiap tahapan ujian online,"ujarnya.

    Sementara itu, salah satu siswa yang ikuti ujjan online kelas XI IPS, Raodhatul Khamizul Nurfajrijah mengungkapkan ujian berjalan dengan lancar.

    "Alhamdulillah berjalan lancar walau ada sedikit kendala tapi, tim pengawas sigap membantu permasalahan tersebut,"tutupnya. 

    Penulis : MS

    • Berita

    Makassar- Virus corona yang masih mewabah membuat semua aktivitas yang mengumpulkan massa beralih ke  virtual, tak terkecuali OSIS SMA Islam Athirah Bukit Baruga  yang mengadakan acara halal bihalal secara virtual, Rabu(3/6/2020).

    Acara yang digelar dalam rangka silaturahim usai melaksanakan puasa Ramadan 1441 H diikuti seluruh pengurus OSIS, Guru dan Karyawan SMA Islam Athirahsecara virtual melalui aplikasi Google Meeting.

    Ketua OSIS SMA Islam Athirah Bukit Baruga Alivia Ilyas menuturkan halal bihalal ini bertujuan untuk memperkuat persatuan diantara kita dengan saling silaturahmi dan saling memaafkan.


    "Mari dikesempatan ini kita melapangkan dengan ikhlas meminta dan memberi maaf di kesempatan baik ini setelah kita menjalani bulan suci ramadhan untuk memperkuat persatuan kita," ucapnya.


    Sementara itu, Kepada Sekolah SMA Islam Athirah Bukit Baruga, H Ridwan Karim dalam sambutannya memberi apresiasi tetap mengelar halal bihalal di tengah wabah covid 19.

    "Beri apresiasi kepada ananda pengurus OSIS yang baik ini tetap menggelar halal bihalal,"tuturnya.

    Lebih lanjut, ia menjelaskan Halal biIhala ini hanya menjadi tradisi di Indonesia saja karena  banyak negara tidak mengenal halal bihalal.

    "Ini tradisi kita sesuatu yang dirindukan acara yang penuh makna karena itu setiap selesai bulan suci ramadhan hati tenang dengan menjalin silaturahmi dan saling memaafkan,"jelasnya.

    Kegiatan tersebut diisi oleh siraman rohani yang dibawakan oleh ustad  Muhsin Ramlan S.Pd. dengan tema "merajuk harmoni di tengah pandemi  jarak bukan halangan untuk kembali fitrah".

    Penulis : MS


Agenda 2