• Siswa-Siswi Kelas XII SMA Islam Athirah Bukit Baruga Ikuti

    Sesi Berbagi Alumni dan Sosialisasi Institut Teknologi Sepuluh Nopember

  • Gaet Siswa di Tengah Pandemi, Ini Yang

    Dilakukan SMA Islam Athirah Bukit Baruga

  • Siswa SMA Athirah Bukit Baruga Sumbangan

    Sejumlah Prestasi Di Tengah Masa Pandemi

  • Gelar Kelas Inspirasi, SMA Islam Athirah

    Bukit Baruga Hadirkan WR I Universitas

  • By SMA Bukit Baruga on 28 Februari 2021
    • SMA Bukit Baruga
    • Kegiatan

    MAKASSAR – Banyak manfaat yang bisa diperoleh dari pengalaman, baik pengalaman diri sendiri maupun pengalaman orang lain. Ungkapan mengatakan bahwa pengalaman adalah guru terbaik. Sekaitan dengan itu, siswa-siswi SMA Islam Athirah Bukit Baruga mengikuti sesi berbagi (sharing session) perihal tips memasuki perguruan tinggi dan sosialisasi jalur masuk ke Kampus Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS).


    Hadir dalam sosialisasi tersebut, para guru SMA Islam Athirah Bukit Baruga antara lain wakil kepala sekolah bidang kurikulum Dr Bakry MSi, Dra Salmiaty, Nurhidayanti Juniar SPsi, Ilmaddin SPd, Sulviati SPd, dan Sumardi SPdI Lc. Kegiatan berlangsung via daring menggunakan zoom meeting, Kamis (25/2/2021).


    Peserta kegiatan ini adalah para siswa-siswi SMA Islam Athirah Bukit Baruga Kelas XII yang tidak lama lagi akan selesai menempuh pendidikan. Penting untuk membekali mereka terkait jalur masuk perguruan tinggi terbaik di Indonesia. Sedangkan pemateri diantaranya alumni SMA Islam Athirah Bukit Baruga yang sedang menempuh pendidikan di ITS dan Universitas Brawijaya.  


    Mahasiswa ITS Mudrikah mengungkapkan, agar cita-cita bisa berjalan lancar maka supaya meminta maaf kepada guru. Bila semasa bersekolah ada kesalahan yang diperbuat pada guru, maka supaya meminta maaf. Disamping itu, ia mengatakan agar tidak melupakan almamater. “Berkuliah dimanapun, baik di Perguruan Tinggi Negeri, Perguruan Tinggi Swasta, sekolah kedinasan, jangan lupakan almamater,” kata Mudrikah yang merupakan alumni SMA Islam Athirah Bukit Baruga ini. 


    Alumni SMA Islam Athirah Bukit Baruga yang berbagi pengalaman diantaranya Mudrikah (mahasiswa ITS), Aulia Fatimah Khairunnisa (mahasiswi Universitas Brawijaya), dan Emmy Puspita Sari. Hadir beberapa mahasiwa ITS, antara lain Abdul Hadi, Rizqi Fiqih Thalib, Ronaldyanto, dan Riski Novianti. Total peserta kegiatan berjumlah 83 orang. 


    Adapun mahasiswi Universitas Brawijaya, Aulia Fatimah Khairunnisa mengajak untuk meminta ridha orang tua. “Apapun yang kalian lakukan, sebaiknya minta doa dari orang tua kalian,” kata Aulia.


    Dalam pertemuan online tersebut, dijelaskan bahwa jalur masuk ITS diantaranya melalui SNMPTN, SBMPTN, program vokasi (D4), seleksi kemitraan dan mandiri (SKM), dan international undergraduate program (IUP). (Ilmaddin)



    By SMA Bukit Baruga on 27 Februari 2021
    • SMA Bukit Baruga
    • Kegiatan

    Makassar- Sejumlah Strategi kerap dilakukan Sekolah untuk mempromosikan sekolahnya. Mulai membuat brosur, door to door mengenalkan profil sekolah ke sejumlah sekolahan yang berada di tingkat di bawahnya, dan bahkan menggunakan media sosial.


    Adanya pandemi covid-19 yang saat ini mewabah menjadi kendala Sekolah Menengah Atas Islam Athirah Bukit Baruga untuk melakukan pengenalan profil sekolah ke sejumlah Sekolah Menengah Pertama (SMP).


    Walaupun demikian tim promosi dari SMA Islam Athirah Bukit Baruga tersebut tetap berupaya turjun ke daerah daerah untuk memgaet siswa dengan cara memasang spanduk dan baliho di sejumlah titik strategis.


    By SMA Bukit Baruga on 26 Februari 2021
    • SMA Bukit Baruga
    • Kegiatan

    Makassar- Sejumlah Siswa SMA Islam Athirah Bukit Baruga berhasil mempersembahkan juara untuk sekolah yang dimiliki yayasan haji Kalla tersebut. Atas keberhasilan nya mereka mendapatkan ucapan dari guru guru dan pimpinan sekolah salah satunya dari wakil kepala sekolah bidang kurikulum Dr. Bakrie, M.Si.

    "Alhamdulillah, tentunya kami bersyukur dan sangat senang mendengar capaian ananda,  smua yg tetap konsisten dalam belajar dan berprestasi, menjadikan pandemi ini sebagai peluang untuk terus menambah waktu belajar dirumah," ucapannya.

    By SMA Bukit Baruga on 25 Februari 2021
    • SMA Bukit Baruga
    • Kegiatan

    MAKASSAR – SMA Islam Athirah Bukit Baruga rutin menggelar kelas inspirasi, yaitu kegiatan menghadirkan para ahli atau profesional untuk berbagi ilmu dan pengalaman. Kali ini, kelas inspirasi menghadirkan Wakil Rektor I Universitas Pertamina, Prof Dr Ir Ichsan Setya Putra. Tujuan kegiatan yaitu membekali siswa-siswi untuk memilih jurusan di perguruan tinggi sesuai dengan potensi masing-masing. 


    Kelas inspirasi diselenggarakan secara virtual via zoom meeting. Hadir dalam kegiatan secara daring ini, Kepala SMA Islam Athirah Bukit Baruga HM Ridwan Karim SPd MPd, wakil kepala sekolah bidang kurikulum Dr Bakry MSi, wakil kepala sekolah bidang kesiswaan dan IT Abdul Azis SPd MPd, dan Dosen Universitas Pertamina Teuku Mahlil PhD. Turut hadir, beberapa jajaran guru diantaranya Nurhidayanti Juniar SPSi, Bachtiar SE MM, Dra Remizah, dan Ilmaddin SPd. 


    Dalam sambutannya, Kepala SMA Islam Athirah Bukit Baruga HM Ridwan Karim SPd MPd berujar, Sekolah Islam Athirah telah beberapa kali menghadirkan Prof Dr Ir Ichsan Setya Putra di dalam forum pertemuan. Kali ini, katanya, SMA Islam Athirah Bukit Baruga mengundang Prof Dr Ir Ichsan Setya Putra untuk menyampaikan informasi terkait masuk ke Universitas Pertamina. 


    Pihaknya berharap, selama mengikuti kelas inspirasi ini, para siswa mengikutinya dengan baik. “Kita harapkan ananda mendapat banyak wawasan. Ananda supaya bisa mempersiapkan buku catatan dan aktif memberikan respon atau feedback,” ujar HM Ridwan Karim, Rabu (24/2/2021). 


    Kegiatan diikuti para siswa kelas X dan kelas XI. Jumlah peserta sebanyak 206 orang. Ketua OSIS SMA Islam Athirah Adinda Maharani menjadi moderator kegiatan yang bertema “Motivasi dan Strategi Menentukan Program Studi yang Potensial di Era 4.0”.

     

    Adapun Prof Dr Ir Ichsan Setya Putra di awal materinya, mengajak para peserta didik agar bisa meningkatkan kontrol diri saat belajar. Terutama saat pembelajaran online yang telah berlangsung selama 1 tahun. Saat pembelajaran online, kata Prof Ichsan, guru tidak bisa secara penuh mengontrol kondisi siswa. Guru hanya bisa melihat keadaan siswa melalui layar gadget. Saat belajar secara daring, pilihlah tempat yang kondusif. “Tingkatkan kontrol diri saat belajar online. Perhatian dan fokus sangat penting kita jaga,” kata dosen yang berdisiplin ilmu teknik dirgantara ini. 


    Lebih lanjut, ia mengatakan dalam belajar yang dikejar bukanlah nilai. Namun, yang dikejar adalah bekal ilmu dari proses belajar itu sendiri. Disamping itu, sebagai pembelajar, penting untuk memiliki cita-cita jangka panjang. 


    Guru Bimbingan Konseling (BK) SMA Islam Athirah Bukit Baruga Nurhidayanti Juniar SPsi mengatakan, semoga kelas inspirasi ini bisa menjadi salah satu program pemacu agar siswa bisa fokus untuk mencapai apa yang mereka cita-citakan. “Dengan adanya kelas inspirasi, anak-anak ditantang mengekslopasi apa yang menjadi potensi mereka,” ujarnya. (Ilmaddin)


    Keterangan Foto

    KKegiatanlas inspirasi SMA Islam Athirah Bukit Baruga digelar secara daring melalui zoom meeting, Rabu (24/2/2021). Kegiatan menghadirkan Wakil Rektor I Universitas Pertamina, Prof Dr Ir Ichsan Setya Putra sebagai pembicara.

Agenda 2