• 2 Hari, Siswa SMA Islam

    Athirah Bukit Baruga Ikuti Orientasi

  • Sukses Ikuti Uji Publik Hafalan Al Qur'an, Ini Tips Hafal

    Al Quran Dari Siswa SMA Islam Athirah Bukit Baruga

  • SMA Islam Athirah Bukit Baruga

    Gelar Uji Publik Hafalan Al

  • Jelang Karya Tulis Ilmiah Siswa Kelas

    XII, Panitia dan Pembimbing Gelar Rapat

  • By SMA Bukit Baruga on 26 September 2020
    • SMA Bukit Baruga
    • Kegiatan

    MAKASSAR – Perkemahan pramuka menjadi agenda wajib bagi siswa-siswi SMA Islam Athirah Bukit Baruga. Pelaksanaan kegiatan pramuka ini dengan sistem blok. Sebelum masa pandemi covid-19, kegiatan dilaksanakan di alam terbuka dengan berkemah. Namun, di masa pandemi ini orientasi digelar secara online. Sekaitan dengan itu, siswa-siswi kelas X SMA Islam Athirah Bukit Baruga mengikuti kegiatan orientasi pramuka via zoom meeting.

    Ketua Panitia kegiatan orientasi pramuka Haerul Tamimin SPd mengatakan, kegiatan pramuka ini memiliki 3 tujuan dasar. “Untuk menumbuhkembangkan kemampuan kepemimpinan, sikap toleransi, dan kepedulian sosial siswa-siswi SMA Islam Athirah Bukit Baruga. Sekalipun itu diadakan secara virtual via Zoom Meeting dan Google Meet,” paparnya di Makassar, Sulawesi Selatan, Jumat (25/9/2020).

    Ia mengatakan, melalui kegiatan pramuka secara daring ini, para siswa dan siswi dapat meningkatkan nilai-nilai luhur yaitu anggun, unggul, dan cerdas. 

    Hadir dalam pembukaan kegiatan koordinator wilayah Sekolah Islam Athirah Bukit Baruga Patris Hasanuddin SPd MPd yang membuka orientasi secara resmi. Turut hadir Kepala SMA Islam Athirah Bukit Baruga Ridwan Karim SPd MPd, wakasek kesiswaan Abdul Azis SPd MPd, Ketua panitia Haerul Tamimin SPd, para guru, pembina pramuka, dan siswa-siswi kelas X SMA Islam Athirah Bukit Baruga. 

    Pemateri pertama, Muh Wiridyan Fadhel SPd menyampaikan materi dunia penegak dan satuan karya. Pemateri kedua, Nasriani Arifin SPd menyampaikan materi sejarah kepramukaan.

    Pihaknya berharap, siswa-siswi SMA Islam Athirah Bukit Baruga dapat mengikuti kegiatan orientasi pramuka secara menyeluruh. Semoga materi dapat disimak dengan baik. “Sehingga nilai-nilai dasa dharma pramuka dapat terpatri dalam jiwa peserta didik agar dapat memacu kecerdasan spiritual, sosial, dan emosional,” tutur Haerul Tamimin. 

    Pemateri orientasi pramuka Muh Wiridyan Fadhel SPd dalam presentasinya menyampaikan, penegak adalah anggota muda gerakan pramuka yang berusia 16–20 tahun yang perkembangannya berada pada tahapan pertama dan kedua yaitu remaja awal dan remaja madya. 

    Adapun Syarat Kecakapan Umum (SKU) Pramuka Penegak, kata Wiridyan, adalah syarat-syarat kecakapan yang wajib dipenuhi oleh pramuka penegak untuk mendapatkan Tanda Kecakapan Umum (TKU). “Kecakapan Umum Pramuka Penegak adalah kecakapan yang wajib dipenuhi Pramuka Penegak untuk pengembangan pribadinya,” katanya.

    Menurut rencana, pada Sabtu (26/9/2020) materi yang akan disampaikan terkait keterampilan kepramukaan. Materi ini akan disampaikan Muchtar Syahril SPd. Selain itu, akan digelar jumpa tokoh yaitu Musdar dari Dewan Kerja Nasional.

    Penulis : Ilmaddin




    By SMA Bukit Baruga on 25 September 2020
    • SMA Bukit Baruga
    • Kegiatan

    Makassar- Menghafal Al Quran, untuk sebagian orang memang tidak mudah. Apalagi untuk orang dewasa atau berumur. Beda dengan anak kecil atau usia balita yang cepat dan daya ingatnya lebih kuat, tapi bukan berarti tidak bisa ya?  Karena siapapun orang yang bersungguh-sungguh pasti mendapatkan hasilnya. Begitu juga dalam menghafal Al Quran.

    Hal itu telah dibuktikan Sejumlah siswa SMA Islam Athirah Bukit Baruga berhasil menghadapi uji publik kemampuan menambah hafalan Al-Qur'annya. Bahkan atas keberhasilan itu pihak sekolah memberikan apresiasi bebas Penilian Tengah Semester.

    Untuk Anda yang saat ini sedang dan ingin menghafal Al Quran, ada tips menarik yang disampaikan oleh Tiga siswa yang sukses menghafal Alquran yakni Andini Rusli dari Kelas X IPS, Amira Arkam dan Muhammad Fauzan Siddiq dari kelas X IPA 1.

    Menurut Andini Rusli dari Kelas X tips untuk mudah menghafal Al Qur'an adalah perbaiki niat dan libatkan Allah SWT.

    "Kalo tips menghafal kalau sya si niat yang bagus karena niatnya bagus pasti juga hasilnya bagus dan  itu bersungguh sungguh Yakin sama Allah berdoa di mudahkan hafalannya,"ujarnya, Jumat (25/9/2020)

    Lain halnya dengan Muhammad Fauzan Siddiq dari kelas X IPA 1. Menurutnya untuk mudah menghafal Al Qur'an adalah hati yang tenang dan harus punya tujuan yang baik.

    " haruska dulu kasih tenang hati baru pi mulai menghafal. Sama  selalu ingat tujuan utama dalam menghafalkan Al-Qur'an supaya terus termotivasi untuk menghafal,"tuturnya.

    Beda lagi dengan Amira Arkam siswa dari Kelas X IPA 1 lebih memilih metode mengulang terus bacaannya.

    "tipsnya harus di ulang karena kalau nda di murajaah ki pasti akan hilang dengan sendirinya,"tutupnya.

    Penulis : Muhammad Syafitra S.Pd


    By SMA Bukit Baruga on 25 September 2020
    • SMA Bukit Baruga
    • Kegiatan

    Makassar- SMA Islam Athirah Bukit Baruga memberikan apresiasi bebas Penilian Tengah Semester (PTS) bagi siswa yang  memiliki kemampuan menghafal Al Quran.

    Untuk mendapatkan apresiasi tersebut terlebih dahulu mengikuti uji publik di depan Guru dan Siswa. Untuk tahun ini uji publik dilakukan secara daring hal itu tak terlepas masih diberlakukannya belajar dari rumah akibat Covid-19.

    Ketua Guru Tahfiz SMA Islam Athirah Bukit Baruga, Andi Muharram Nur S.Pd.I menjelaskan uji publik ini adalah agenda tiap menjelang Penilian Tengah Semester sebagai bentuk apresiasi sekolah bagi siswa yang mampu menambah 1 juz hapalannya dengan cara diuji di depan publik hapalannya.

    "jika siswa yang diuji publik tersebut mampu menjawab pertanyaan penguji dengan hapalan dan bacaan Al-qur'an yg lancar dan baik maka diberi apresiasi bebas PTS serta diberi nilai diatas KKM,"jelasnya, Jumat (25/9/2020).

    Terpisah, saat dikonfirmasi salah satu siswa yang ikut uji publik terhadap, Andini Rusli dari Kelas X IPS mengatakan Rasanyaa campur aduk.

    "Gugup,pusing pertanyaan apa yang akan dikasi halaman berapa ayat keberapa pasti itu ada,Tapi saya tetap berupaya untuk relax dan  yakin ada Allah pasti dikasij yang terbaik, Alhamdulillah dapat nilai yang bagus,"ungkapnya.

    Sementara itu hal yang sama dirasakan siswa yang lain, yakni Amira Arkam dan Muhammad Fauzan Siddiq dari kelas X IPA 1. Keduanya merasa deg-degan saat tampil uji publik. 

    "Saat mengikuti Uji Publik tadi, yang dirasakan itu deg-degkan karena Juz yang diujikan tadi belum pernah diujikan sebelumnya tapi setelah itu digantikan dengan rasa senang karena melihat kedua Orang Tua yang selalu mendukung saya ikut senang juga,"ujar, Fauzan Siddiq.


    Penulis : Muhammad Syafitra S.Pd

    By SMA Bukit Baruga on 25 September 2020
    • SMA Bukit Baruga
    • Kegiatan

    Makassar- Jelang kegiatan Karya Tulis Ilmiah (KTI) siswa kelas XII SMA Islam Athirah Bukit Baruga panitia kegiatan menggelar rapat pemantapan secara daring, Jumat (25/09/2020).

    Tampak hadir dalam acara pemantapan tersebut seluruh panitia, Pembimbing dan Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum SMA Islam Athirah Bukit Baruga, Dr. Bakry, M.Si.

    Dalam rapat pemantapan itu, Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum, Dr. Bakry, M.Si memberikan arahan kepada panitia dan pembimbing siswa KTI untuk memaksimalkan proses pembimbingan kepada siswa kelas XII.

    "Berharap tugas tambahan yang diberikan oleh para pembimbing dapat dimaksimalkan dengan baik untuk membimbing anada hingga akhir,"ucapnya.

    Lebih lanjut ia menjelaskan bahwa pembimbing 1 adalah guru yang ditunjuk dan pembimbing 2 semua wali kelas.

    "Pembimbing Satu menyiapkan refrensi dan mendampingi anak-anak menyusun Karya Tulis Ilmiah dan Pembimbing dua mendampingi dan memotivasi ananda,"tuturnya.

    Sebelumnya,Ketua Panitia, Maryam Usman S.Pd mengemukakan, membuat karya tulis menjadi syarat untuk ikut ujian sekolah. selain itu, ia menuturkan 

    Penulisan karya tulis ilmiah merupakan salah satu program keunggulan di sekolah islam Athirah yang terdapat pada jenjang Sekolah Tingkat Menegah Atas.

    "Kehadiran program ini adalah membuka wawasan siswa bagaimana itu konsep Karya Tulis Ilmiah dan  juga  untuk mengembangkan skill siswa dalam melatih  keterampilan menulis ilmiah serta dapat melengkapi kecakapan cara berpikir kritis mengolah data dalam kegiatan pembelajaran,"ucapnya, Selasa (22/9/2020).

    Lebih lanjut, ia menjelaskan selama menyusun Karya Tulis Ilmiah Peserta Didik akan didampingi pendamping yang telah ditunjuk untuk mendapatkan konsultasi terkait penyusunan Karya Tulis Ilmiah.

    "Mereka Dibimbing bagaimana mereka menentukan judul sampai cara mengolah data dan akan dipersentasikan sebagai syarat untuk ikut ujian sekolah,"ucapnya.

    Oleh karena itu, hasil dari kegiatan tersebut ia berharap Agar supaya semua jebolan  siswa  athirah ditempat kuliah mereka nanti tidak sukar lagi menyusun skripsi.

    "selain dapat memperluas wawasan ilmu pengetahuan mereka tidak bingung  dengan penulisan skripsi juga  mampu bersaing dan unggul  karena sudah punya pengalaman  bagaimana menulis skripsinya nanti,"tutupnya.

    Penulis : Muhammad Syafitra S.Pd




Agenda 2