• Meski Pandemi, SD Islam Athirah

    2 Makassar Gelar LDK Secara

  • Gelar Kelas Inspirasi Secara Virtual, SD

    Islam Athirah 2 Makassar Hadirkan Pendongeng

  • Gelar Upacara Secara Virtual, Begini Amanat

    Kepala SD Islam Athirah 2 Makassar

  • Guest Teacher hadir di English

    Class SD Islam Athirah 2

  • By SD Bukit Baruga on 22 September 2020
    • SD Bukit Baruga
    • Berita

    Makassar - SD Islam Athirah 2 Makassar menggelar Latihan Dasar Kepemimpinan (LDK) angkatan ke-7 dengan mengusung tema “Membangkitkan Jiwa Kepemimpinan dan Keorganisasian yang CERIA (Cekatan, Edukatif, Religius, Inovatif & Amanah)”. Kegiatan tersebut berlangsung selama dua hari digelar secara virtual melalui google meet, Senin-Selasa (21-22/9/2020).

    LDK adalah pelatihan dasar tentang segala hal yang berkaitan dengan kepemimpinan. Pelatihan ini diberikan kepada 85 peserta didik kelas V SD Islam Athirah 2 Makassar yang bertujuan memberikan bekal kepemimpinan sebelum bergabung dalam kepengurusan Organisasi Peserta Didik Intra Sekolah (OPDIS) atau pada jenjang yang lebih tinggi disebut dengan nama Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS).

    LDK tersebut dibuka oleh Kepala SD Islam Athirah 2 Makassar H. Muhammad Azis, S.Pd.,M.Pd. Dalam sambutannya, Azis mengungkapkan rasa syukurnya atas pelaksanaan LDK meskipun kondisi pandemi. Ia berharap peserta didik dapat mengikuti LDK tersebut dengan baik agar kelak memiliki bekal dalam meneruskan roda kepemimpinan OPDIS.

    “Alhamdulillah kegiatan LDK tetap dapat dilaksanakan walaupun kita dalam kondisi pandemi. Bapak berharap kalian dapat mengikuti kegiatan ini dengan baik agar menjadi bekal dalam kepengurusan OPDIS SD Islam Athirah 2 Makassar. Modal utama kepemimipinan adalah mental. Seorang pemimpin harus  asa dulu mentalnya,” ujar Azis.

    Peserta dibekali dua materi penting. Pertama, materi “Kepemimpinan”  yang dibawakan oleh Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan dan IT Mursalim, S.Pd. Kedua, materi “Public Speaking” yang dibawakan oleh Kepala SD Islam Athirah 1 Makassar Khasan, S.Pd.



    Citizen Reporter: Ilham Mais, S.Pd. (Wali Kelas V SD Islam Athirah 2 Makassar)

    By SD Bukit Baruga on 18 September 2020
    • SD Bukit Baruga
    • Berita

    Gelar Kelas Inspirasi Secara Virtual, SD Islam Athirah 2 Makassar Hadirkan Pendongeng Handal

    SD Islam Athirah 2 Makassar menggelar kelas inspirasi dengan menghadirkan pendongeng handal Makassar. Kegiatan ini dihadiri 150 peserta yang terdiri dari siswa kelas V dan VI, pimpinan unit dan beberapa perwakilan guru SD Islam Athirah 2 Makkassar dari pukul 09.00 – 10.00.

    Kelas Inspirasi adalah gerakan para profesional turun ke Sekolah Dasar (SD) selama sehari, berbagi cerita dan pengalaman kerja juga motivasi meraih cita-cita. Cerita tersebut akan menjadi bibit untuk para siswa bermimpi dan merangsang tumbuhnya cita-cita tanpa batas pada diri mereka.

    Dalam sambutannya, Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum Taswil Mardi, S.Pd mengatakan bahwa “Kita harus tetap semangat belajar, kalau kita bisa sabar insya Allah akan ada berkah ditengah pandemi ini,” tuturnya.

    Program kelas inspirasi ini merupakan program rutin yang dilaksanakan sekali sebulan dari unit TK - SMA sesuai keputusan rapat tim POKJA Sekolah Islam Athirah  pada bulan Juli lalu. Program ini dilakukan dengan tujuan untuk menginspirasi siswa agar tetap semangat belajar demi mencapai cita - cita masing - masing.

    Kegiatan ini berlangsung menarik dan ceria karena Kak Nisa Selaku pendongeng memberikan materi yang disukai oleh siswa seperti bernyanyi, dan bercerita menggunakan media boneka tangan. Dongeng dengan tema ”Korona” ini diharapkan mampu menginspirasi siswa untuk tetap semangat belajar dari rumah meskipun ditengah pandemi.

    Tak lupa juga Kak Nisa memberikan motivasi dan semangat kepada seluruh peserta agar tetap selalu riang gembira karena kalau kita senang insya Allah bisa meningkatkan imunitas tubuh.


    Citizen Reporter: Ade Bagus Putra, S.Pd. (Guru SD Islam Athirah 2 Makassar)

    By SD Bukit Baruga on 14 September 2020
    • SD Bukit Baruga
    • Berita

    SD Islam Athirah 2 Makassar menggelar upacara pengibaran Bendera Merah Putih, Senin (14/9/ 2020). Digelar secara virtual dari pukul 07.30 hingga 08.00 WITa, upacara tersebut dihadiri 285 peserta yang terdiri dari siswa, guru, dan  karyawan SD Islam Athirah 2 Makassar.

    Bertindak sebagai pelaksana upacara pengurus OPDIS dan MPK SD Islam Athirah 2 Makassar yakni Zahra Athriah sebagai MC, Muhammad Pasha Aqeela sebagai pemimpin upacara, Nayla Syakira Siddiq, Muhammad Fikri Ayadi Azka, dan Ahwalul Wahid Walette sebagai penggerek bendera, dan Riyadh Fayyadh Annas sebagai selaku pembaca UUD 1945, serta Muh. Raka Fachrurrasi sebagai pembaca doa. 

    Peserta didik terlihat semangat dan antusias mengikuti upacara sampai selesai karena telah mengikuti intruksi berdiri dari awal hingga selesai upacara. Selain itu, kegiatan ini juga dirangkaikan dengan pengumuman lomba - lomba semarak kemerdekaan dan tahun baru islam yang telah dilaksanakan di bulan Agustus hingga September.

    Kepala SD Islam Athirah 2 Makassar H. Muhammad Azis selaku pembina upacara dalam sambutannya  memberikan semangat dan mengimbau peserta didik agar tetap menerapkan protokol kesehatan dalam beraktivitas.

    “Anak anakku, meski di tengah pandemi ini kita harus tetap semangat belajar walaupun dari rumah dan jangan lupa tetap menerapkan protokol kesehatan, memakai masker, rajin cuci tangan, dan jaga jarak ketika keluar dari rumah,” ujarnya.


    Citizen Reporter: Ade Bagus Putra, S.Pd. (Guru SD Islam Athirah 2 Makassar)

    By SD Bukit Baruga on 12 September 2020
    • SD Bukit Baruga
    • Kegiatan

    Pada pelaksanaan pembelajaran daring saat ini,  guru bukanlah satu-satunya sumber belajar. Siswa dapat menimba ilmu sebanyak-banyaknya dari berbagai sumber mana saja dan dimana saja, baik dari sumber yang bersifat objek maupun sumber yang bersifat personil. Salah satu sumber belajar yang dapat dimanfaatkan dalam pembelajaran adalah dengan mendatangkan tenaga-tenaga ahli yang kompeten di bidangnya.

    Jumat, 11 September 2020 dalam program “Guest Teacher”, SD Islam Athirah 2 Makassar mendatangkan Sarah Tamimi sebagai sumber pembelajaran daring melalui aplikasi Zoom. Dalam pembukaannya, Bapak H. Muhammad Azis, S.Pd., M.Pd., selaku kepala sekolah memberikan apresiasi pada salah satu program unggulan tersebut “Alhamdulillah tahun pelajaran 2020/2021, English Class SD Islam Athirah 2 Makassar menghadirkan “Guru Tamu” dengan harapan peserta didik terus mengasah kemampuan berbahasa Inggris dengan metode yang menyenangkan.”

    Dalam kegiatan tersebut, Sarah Tamimi yang memiliki banyak pengalaman dalam pengajaran English for Children berhasil merebut perhatian 80 orang siswa dari kelas I sampai kelas III English Class melalui kegiatan sing a song, story telling, QnA, dan Quiz. Meskipun dilaksanakan secara daring, namun tidak mengurangi antusiasme siswa dalam mengikuti kegiatan tersebut. Terbukti saat sesi story telling, siswa terlihat menyimak dan mengikuti setiap arahan. Tak kalah menariknya saat diberi pertanyaan, siswa secara bergantian ingin memberikan jawaban terbaiknya.

    “Today my friends and I learn English with guest teacher. Her name is Miss Sarah  Tamimi. I’m so excited. Miss Sarah tells us a story about how the caterpillar turns into a beautiful butterfly. I think it’s fun. Because Miss Sarah was so attractive. I hope there are more guest teachers get into my class more often. So we can play and learn English together”, ujar Flicka Athari Hanania, siswi kelas III.1 Al-Alim.

    Lanjut Raiqa, siswi kelas II.1 As-Shobur, mengungkapkan rasa bahagianya “I felt good after study, my teacher was nice to us, and her name is beautiful. I like the song and story. It was my favorite day I’ve ever had. It was the first time I studied with guest teacher.”

    “All of the students so excited when study with Miss Sarah, because Miss Sarah can rule their imagination with a great story and funny picture. I hope we can directly do it in the class”, kata Abidzar, S.Pd. mengungkapkan harapannya selaku ketua panitia.

     Penulis: Insana Pertiwi, S.Pd.,M.Pd.

Agenda 2