• By SD Bukit Baruga on 27 Juni 2020
    • SD Bukit Baruga
    • Kegiatan

    SD Islam Athirah 2 Makassar Menyelenggarakan Penamatan Peserta anak didik tahun pelajaran 2019-2020 secara virtual, Ahad 21 Juni 2020. Sebanyak delapan puluh enam siswa kelas VI dan didampingi oleh ayah bunda mengikuti acara tersebut dari rumah masing-masing.

    di acara penamatan ini ,Turut hadir dan memberikan sambutan Bapak Jusuf Kalla yang biasa disapa dengan pak JK, bapak Direktur Sekolah Islam Athirah Syamril, ST., M.Pd yang juga selaku orang tua siswa yang anaknya juga ditamatkan tahun ini, serta para pimpinan dalam lingkup Sekolah Islam Athirah.

    Penamatan Virtual yang digelar melalui aplikasi google meet tersebut juga ditayangkan melalui live streaming kanal Youtube SD Islam Athirah 2 Bukit Baruga. Beberapa rangkaian acara dalam penamatan virtual ini, terlihat diikuti dengan khidmat dan perasaan gembira.

    "Dengan memohon Rahmat dan hidayah Allah SWT, pada hari ini Ahad, 21 Juni 2020, saya selaku Kepala Sekolah dengan ini menyatakan menamatkan 86 anak didik SD Islam Athirah 2 Makassar lulus 100%, semoga ilmu yang didapatkan selama menempuk pendidikan di SD Islam Athirah dapat diamalkan dalam kehidupan sehari-hari", ucap Kepala SD Islam Athirah 2 H. Muhammad Azis, S.Pd., M.Pd.

    Acara penamatan ini berlangsung sekitar dua jam lebih, seluruh partisipan mengikuti acara ini hingga selesai, bahkan setelah acara ditutup oleh MC, baik orang tua maupun siswa dan guru saling mengucapkan selamat disertai dengan perasaan gembira.

    By SD Bukit Baruga on 05 Juni 2020
    • SD Bukit Baruga
    • Kegiatan

    Ulangan akhir semester atau ulangan kenaikan kelas merupakan tahapan bentuk penilaian yang dilakukan di semester genap. Penilaian ini adalah kegiatan yang dilakukan di akhir semester genap untuk mengukur pencapaian kompetensi peserta didik pada akir semester genap. Hasil penilaian akhir ini selanjutnya diolah dan dianalisis untuk mengetahui ketuntasan belajar peserta didik.

    Pelaksanaan PAT/PAS di sekolah kami, SD Islam Athirah 2 Bukit Baruga Makassar dilaksanakan sejak tanggal 5 - 12 Juni 2020. Kegiatan ini dilaksanakan berbasis online, artinya para siswa siswi harus mengerjakan soal-soal ujian secara daring dengan menggunakan peralatan yang mendukung berbasis online, diantaranya dengan menggunakan PC, laptop bahkan bisa menggunakan gadget ataupun handphone.

    Ujian berbasis online ini sudah sering dilaksanakan sejak diterapkannya LFH (learn from home) belajar dari rumah atau WFH  (work from home) akibat pandemi covid 19 melanda. Kegiatan ini memberikan manfaat yang luar biasa baik bagi siswa maupun pihak sekolah antara lain siswa dapat belajar menjadi lebih mandiri, lebih melek teknologi dan semakin bersemangat dalam mengerjakan soal serta disisi sekolah terjadi efisiensi yang luar biasa dibanding menggunakan metode paper test, disamping itu koreksi dan penilaian bisa dikerjakan secepat mungkin dengan menggunakan teknologi google form.

    Untuk sarana dan prasarana yang digunakan dalam menunjang  kegiatan ini, pihak sekolah telah berkoordinasi dengan para orang tua untuk menyediakan sejumlah peralatan yang dibutuhkan dalam pelaksanaan PAS/PAT secara online ini. 


    By SD Bukit Baruga on 30 Mei 2020
    • SD Bukit Baruga
    • Kegiatan

    Seperti biasanya di kelas akhir sekolah dasar (SD) akan melaksanakan Ujian Nasional, namun kali ini, atas kebijakan pemerintah Ujian Nasional (UN) ditiadakan dan diganti dengan Ujian Sekoah (US). Ujian sekolah kali ini lain dari sebelumnya karena pemerintah berlakukan Work From Home (WFH) dan Learn From Home (LFH), yaitu proses belajar mengajar di pindahkan ke rumah akibat dari pandemi covid 19. Sehingga Ujian sekolah dilaksanakan secara Online menggunakan aplikasi google meet, ujian sekolah ni dilaksanakan dari tanggal 4-9 mei 2020, jadi siswa mengerjakan soal-soal ujian di rumah masing-masing , dan tetap ada pengawasan lewat kamera. Sebelum ujian di mulai terlebih dahulu diadakan pembukaan dan arahan dari bapak kepala sekolah H.Muhammad Azis, S.Pd., M.Pd. Dalam sambutannya, siswa diharapkan menjunjung tinggi kejujuran, "nilai yang bagus itu penting, tapi lebih penting lagi mengutamakan kejujuran, karena kejujuran di atas segalanya dan modal utama untuk mencapai kesuksesan". Alhamdulillah berkat kerja keras wali kelas, guru kelas VI serta kerja sama dengan Orang tua siswa dalam mengawal pelaksanaan Ujian berlangsung dengan baik. Banyak sekali pengalaman yang diperoleh selama pembelajaran daring ini berlangsung, dan semua tentu ada hikmahnya.

    By SD Bukit Baruga on 30 Mei 2020
    • SD Bukit Baruga
    • Kegiatan

    Seorang Muslim tentulah harus bisa membaca Al-quran, Alhamdulillah di Sekolah Islam Athirah dipelajari mulai TK-SMA, menggunakan metode dan tenaga pengajar yang tersertifikasi dan menjadi salah satu jaminan mutu sekolah Islam Athirah bahwa lulusannya dijamin bisa menghafal dan membaca Al-quran dengan Tartil.

    Khusus di SD Islam Athirah belajar Al-quran menggunakan dua metode yaitu metode Ummi untuk tahsin dan hafalan Alquran, serta menggunakan metode Kaisa , metode menghafal disertai dengan gerakan sesuai makna ayat yang dibaca, sehingga selain menghafal juga memahami maknanya.

    meskipun dalam keadaan pandemi covid 19, yang mengharuskan belajar dari rumah pembelajaran Al-quran tetap berjalan yaitu menggunakan internet secara daring. ada yang menggunakan aplikasi Whatsapp(WA), Google meet ataupun Zoom, hal ini tidak menghambat pembelajaran Al-quran.

Agenda 2