• Tingkatkan Kemampuan Bahasa Inggris Siswa, SD Islam

    Athirah 2 Makassar Gelar T n F

  • Ustadz Abdul Somad Hadiri Peringatan Isra’ dan

    Mikraj di SD Islam Athirah 2 Makassar

  • Besok, Ustadz Abdul Somad Tausiyah di

    SD Islam Athirah 2 Makassar

  • Gelar Pelatihan Menulis, SD Islam

    Athirah 2 Makassar Hadirkan Redaktur

  • By SD Bukit Baruga on 18 Februari 2021
    • SD Bukit Baruga
    • Berita

    SD Islam Athirah 2 Makassar baru saja mengadakan T n F Competition. Kegiatan yang dilaksanakan pada Kamis (18/02/2021) ini diikuti oleh sekitar 80 orang siswa dari kelas I sampai III English Class melalui aplikasi zoom. Pemilihan metode daring ini dilakukan agar siswa dapat berkreativitas dan berkompetisi dari rumah masing-masing. Hal ini juga menjadi wujud nyata program English Class yang terdapat di SD Islam Athirah 2 Makassar. 

    Kompetisi menarik ini diawali pembukaan oleh penampilan kelas III.1 Al-Alim yang membawakan Reciting QS. Al-Kahfi, kemudian dilanjutkan oleh kelas I.1 yang menampilkan animals vocabulary dan kelas I.2 menampilkan fruits vocabulary. Tidak kalah menarik, kelas II.1 As-Shobur membawakan penampilan parade English Classroom Language. Kegiatan ini kemudian resmi dibuka oleh Drs. Patris Hasanuddin, M.Pd. selaku Wakil Direktur Sekolah Islam Athirah sembari mengungkapkan kekagumannya, “Saya sungguh kagum, saya menyaksikan anak-anak kita yang sungguh luar biasa. Ananda semua tidak hanya mampu berbahasa Inggris dengan baik, tapi juga bisa membaca Al-Qur’an dengan sangat baik dan sejumlah skill yang telah ditampilkan. Saya doakan ananda semua menjadi anak-anak yang sholeh dan sholehah.”

    T n F Competition ini merupakan kompetisi atau perlombaan yang sama dengan lomba ranking satu, dimana sebelumnya siswa mempersiapkan kertas berwarna merah untuk menandai pilihan jawaban salah (false) dan kertas berwarna hijau untuk menandai pilihan jawaban benar (true). Selanjutnya, siswa diberikan soal berupa pernyataan dalam bahasa Inggris dan beberapa detik kemudian siswa akan mengangkat kertasnya sebagai penanda jawaban atas pernyataan. Kegiatan ini sangat seru karena siswa tidak hanya berlatih melihat dan membaca soal, tapi juga melatih pendengaran mereka dalam mendengarkan setiap soal dalam bahasa Inggris. Setelah melalui proses penyisihan, terdapat pemenang dari masing-masing tingkatan, yaitu:

    Kelas I.1 Ar-Rahman

    1. Ezio Ahnaaf Muhammad

    2. Muhammad Daryl Setiawan

    3. Tsaqifah Ratifa Rif’at

    Kelas I.2 Ar-Rahim

    1. Zahirah Faihah

    2. Haurah Ariqah Fatina

    3. Fadhlan Malik Rifai Kamal 

    Kelas II.1 As-Shobur

    1. Muh. Nizar Abhazah

    2. Andi Raiqa Nur Rabbani

    3. Muhammad Nizar Alfarabi

    Kelas III.1 Al-Alim

    1. Nadhirah Aghniya Rabbani

    2. Queensha Angelique Dyvi

    3. M. Fadhil Asriyanto

    Bagi peserta yang belum bisa menjadi pemenang, diharapkan tetap semangat dan tidak berkecil hati. Insya Allah masih banyak kegiatan English Class yang telah direncanakan ke depannya. “Masya Allah...Saya selaku orang tua sangat berterima kasih dan memberi apresiasi setinggi-tingginya atas diadakannya acara T n F Competition. Acara ini memberi dampak yang besar bagi anak saya, sangat memovitasi anak saya dalam belajar bahasa Inggris. Dari event pertama tidak mendapat juara dan akhirnya menjadi juara 1 merupakan kebanggaan bagi ananda. Alhamdulillah kegiatan ini juga menambah rasa percaya diri ananda”, ungkap salah satu pesan orang tua siswa. 




    Citizen Reporter : Insana Pertiwi

    By SD Bukit Baruga on 09 Februari 2021
    • SD Bukit Baruga
    • Kegiatan

    Makassar -  SD Islam Athirah 2 Makassar, gelar peringatan Isra’ & Mikraj Nabi Muhammad SAW bersama Ustadz Abdul Somad atau UAS dengan mengusung tema “Pendidikan Akhlak Zaman Now”. Kegiatan tersebut  digelar secara virtual melalui aplikasi konferensi video zoom meetings pada Selasa (9/2/2021).

    Kegiatan ini bertujuan untuk memperingati peristiwa Isra' dan Mikraj Nabi Muhammad SAW dari Masjidil Haram di Makkah ke Masjidil Aqsa di Palestina lalu ke Sidrathul Munthaha. Sejumlah 439 peserta mengikuti acara tersebut dari rumah masing-masing. Kegiatan ini juga ditayangkan melalui channel youtube Athirah TV. Beberapa orang tua peserta didik juga turut mendampingi putra-putrinya selama kegiatan berlangsung.

    Direktur Sekolah Islam Athirah, Syamril, S.T., M.Pd. dalam sambutannya menyampaikan apresiasi yang sebesar-besarnya  atas terselenggaranya kegiatan ini. Ia berharap apa yang akan dikaji dapat bermanfaat dan acara berjalan dengan lancar.

    “Kita bersyukur hari ini, hari selasa kita ada acara seperti ini tentu apresiasi yang sebesar-besarnya kepada OPDIS dan juga BMJ telah menyelenggarakan acara yang luar biasa ini. Insya Allah hari ini kita akan mengikuti peringatan Isra’ dan Mikraj, hikmahnya apa saja terkait dengan mendidik akhlak di zaman now. Terimakasih Ustad Abdul Somad, semoga apa yang kita kaji nanti bisa bermanfaat. Dan terimakasih juga bukunya sudah diterima, ini buku dari beliau semoga berkah dan semoga acara ini lancar semuanya, mari kita ikuti dengan baik,” ungkapnya.

    Sementara itu, Ketua Organisasi Peserta Didik Intra Sekolah (OPDIS), Achmad Ghifari Ahsan dalam kesempatan yang sama mengungkapkan rasa syukurnya karena peringatan Isra’ dan Mikraj tahun ini dilaksanakan bersama Ustad Abdul Somad (UAS).

    “Alhamdulillah peringatan Isra’ dan Mikraj tahun ini dengan penceramah yang luar biasa sekali yaitu, guru kami syekh Abdul Somad, semoga guru kami Syekh Abdul Somad sehat selalu, aamiin. Semoga apa yang disampaikan guru kita nanti dapat menjadi berkah bagi kita semua dan kepada sekolah yang kita cintai ini, SD Islam Athirah 2 Makassar,’’ ungkapnya.

    Selanjutnya, Ketua Badan Musyawarah Jamiah (BMJ),  Chitra Artha Sugita, menyampaikan apreasiasi kepada pihak sekolah karena telah membentuk OPDIS yang mampu meningkatkan kompetensi peserta didik. Ia juga berharap agar situasi kembali normal sehingga anak-anak dapat kembali berkumpul di lingkungan sekolah.

    “OPDIS SD Islam Athirah 2 Makassar mampu meningkatkan kepercayaan diri anak-anak, berbicara di depan umum baik itu kultum maupun forum diskusi, itu adalah contoh kecil dari OPDIS. Tidak hentinya kita berharap agar situasi kembali normal, anak-anak kita, pengurus OPDIS dan seluruh siswa selalu diberikan kesehatan, agar kemudian kembali berkumpul di lingkungan sekolah yang kita cintai. Demikian dari saya, tidak lupa saya mengingatkan untuk ayah bunda yang ingin menyekolahkan anaknya di Athirah dan menyarankan bagi orang tua yang masih pikir-pikir anaknya sekolah dimana, segera miki daftarkan di SD Islam Athirah 2, saya dengan anak ke empat tahun ini,” ujar Chitra.

    Menurut Ustad Abdul Somad ada tujuh hikmah pendidikan akhlak zaman now melalui moment Isra’ dan Mikraj diantaranya, pendidikan kekuatan mental anak untuk tidak bergantung kepada apapun dan siapapun selain Allah, pendidikan menjadi imam siap jadi pemimpin, anak yang hatinya tergantung di masjid, jangan saling mengejek, rajin bersedekah, mendirikan sholat, dan bermasyarakat.

    “Kita ajar anak-anak kita, dia akan mengajarkan anaknya, istrinya, dia akan mengajarkan cucunya, mengalirlah pahala bagi kita semua, generasi yang sholat. Nabi sebelum meninggal memesankan, sholat, sholat, sholat, Abu Bakar ketika diangkat menjadi khalifah pesannya sholat, pesankan ke anak-anak kita sholat,” jelasnya.  


    Citizen Reporter : Ilham Mais, S.Pd

    By SD Bukit Baruga on 08 Februari 2021
    • SD Bukit Baruga
    • Kegiatan

    Makassar -  SD Islam Athirah 2 Makassar, gelar peringatan Isra’ & Mi’raj bersama Ustadz Abdul Somad atau UAS dengan mengusung tema “Pendidikan Akhlak Zaman Now”. Kegiatan tersebut Insya Allah akan digelar besok secara virtual melalui aplikasi konferensi video zoom meetings pada Selasa (9/2/2021).


    Kegiatan ini diinisiasi oleh Pengurus Organisasi Peserta Didik Intra Sekolah dan Majelis Perwakilan Kelas (OPDIS & MPK)  SD Islam Athirah 2 Makassar sebagai realisasi program kerja (Proker)  serta mendapatkan dukungan dari pihak Badan Musyawarah Jamiah (BMJ) SD Islam Athirah 2 Makassar. Diharapkan kegiatan dapat memberikan pelajaran sangat berharga bagi siswa-siswi di SD Islam Athirah 2 Makassar sehingga akhlaknya menjadi lebih baik lagi sesuai dengan tema yang diusung. 

    “Pihak sekolah menyambut baik kegiatan ini yang diinisiasi oleh OPDIS-MPK dan BMJ, persiapan  tidak begitu lama dikarenakan menyesuaikan jadwal Ustadz Abdul Somad yang begitu padat, permintaan OPDIS ke Tim UAS Sabtu (6/2/2021),  awalnya diharapkan  jadwalnya akhir Februari atau awal Maret tetapi tidak ada yang kosong. Dan alhamdulillah dapat jadwal Selasa pukul 14.00-15.30 WITA, selain itu sulit sekali dapatkan jadwalnya. Dengan waktu yang singkat itu kita mulai persiapkan hal-hal yang dianggap perlu,’’ ujar Wakasek Kesiswaan & IT, Mursalim, S.Pd.

    Peringatan Isra’ dan Mi’raj ini diperuntukkan bagi seluruh jamaah bukan hanya warga SD Islam Athirah 2 Makassar, pihak panitia telah menyiapkan channel youtube OPDIS-MPK SD Islam Athirah 2 Makassar, dan Athirah TV sehingga kegiatan ini dapat menebarkan manfaat yang seluas-luasnya. 


    Citizen Reporter : Ilham Mais, S.Pd

    By SD Bukit Baruga on 05 Februari 2021
    • SD Bukit Baruga
    • Kegiatan

    SD Islam Athirah 2 Makassar menggelar pelatihan menulis pada hari Jumat (5/2/2021). Meski masih pandemi tidak menurunkan semangat para peserta Pelatihan ini diikuti oleh 57 peserta terdiri dari guru, karyawan dan beberapa undangan. Kegiatan ini dilaksanakan melalui online via Zoom dari pukul 13.30-15.30.

    Tujuan dilaksanakan kegiatan ini adalah untuk menambah kompetensi dan motivasi guru karyawan dalam bidang menulis. Sekolah Islam Athirah juga mempunyai program menulis untuk guru dan karyawan wajib mengirim tulisan baik berupa artikel maupun resume buku minimal 1 kali dalam sebulan.

    Pelatihan ini dibuka oleh Bapak H. Muhammad Azis, S.Pd, M.Pd (Kepala SD Islam Athirah 2 Makassar), Moderator Ibu Mila (Reporter Keker) dan yang memberikan materi adalah Ilham Wasi (Redaktur Harian Fajar). Tema kegiatan ini adalah “Bagaimana Menulis Artikel”.

    Dalam sambutannya Kepala SD islam Athirah 2 Makassar Bapak H.Muhammad Azis, S.Pd, M.Pd memberikan motivasi kepada seluruh peserta pelatihan “Semoga dengan adanya pelatihan ini memberi kita ilmu baru dan bisa menambah semangat untuk menulis”Ujar Pak Haji (Sapaan Akrabnya)

    Materi pelatihan ini yaitu cara dan tahapan menulis, 1. Menetukan Tema/Topik, 2. Sumber untuk menulis (perpustakaan, subjek flora/fauna, ruang imajiner dan internet). 3. Teknik menulis di media.

    Pelatihan ini berjalan antusias dan menarik karena beberapa peserta aktif bertanya ke pemateri. “Alhamdulillah melalui pelatihan ini sudah ada bahan yang akan saya tulis terima kasih pemateri” ucap Sriyana Yunus (Peserta Pelatihan).


    Citizen Reporter : Ade Bagus Putra


Agenda 2