• By SD Bukit Baruga on 29 Oktober 2019
    • SD Bukit Baruga
    • Kegiatan

    Banyak kegiatan sebagai alternatif mengisi jeda tengah semester atau jeda semester bagi para siswa di berbagai jenjang pendidikan. Salah satunya adalah Market Day.  Kegiatan ini berupa belajar menjual berbagai hasil karya siswa utamanya dalam hal kreasi makanan, minuman dan alat tulis.

    Market day mendidik anak mengembangkan jiwa entrepreneur sekaligus penguatan karakter siswa. Seperti dilakukan para siswa SD Islam Athirah 2 Bukit Baruga Makassar. Kegiatan tersebut guna mengisi kegiatan tengah semester dan diikuti oleh seluruh siswa kelas II.

    Dalam kegiatan kali ini, setiap siswa kelas II diberi kesempatan untuk menjual dan memilih jenis jualan yang diinginkannya, total ada 35 lapak. Acara ini berlangsung selama 2 hari yaitu tanggal 24 - 25 Oktober 2019. Bertindak sebagai pembeli adalah semua siswa kelas I, kelas III, kelas IV, kelas V dan kelas VI.

    Dijelaskan oleh Kepala SD Islam Athirah 2 Bukit Baruga Makassar, H. Muhammad Azis, S.Pd.,M.Pd, kegiatan market day diselenggarakan sebagai bentuk perwujudan dan aplikasi penguatan pendidikan karakter di sekolah. Ada nilai religius, kemandirian dan gotong royong. Dari nilai religius, siswa dilatih untuk melakukan nilai-nilai kejujuran dalam proses jual beli sampai laporan perolehan hasil penjualan.

    Wujud sikap mandiri dan gotong royong, anak-anak diberi kebebasan untuk mempersiapkan lapak, memilih dan menjajakan barang dagangannya. Sekolah hanya memberi rambu-rambu bahwa yang dijual dalam bentuk alat tulis, jajanan makanan dan minuman tradisional yang sehat dan tidak mengandung bahan pengawet.

    "Market Day ini salah satu program sekolah dan merupakan program tahunan yang dilaksanakan untuk mengenalkan jiwa enterpreneur,  sebagai bekal bagi anak-anak untuk terjun ke masyarakat sekitarnya. Memang sekolah memberi keleluasaan kepada siswa dalam menyalurkan kreativitasnya," jelas kepala sekolah.

    Dijelaskan pula anak-anak diberi keleluasaan menggunakan lingkungan sekolah yang berupa kebun dan taman sebagai lokasi tempat membuka usaha mereka dalam acara market day tersebut. 

    By Administrator on 14 Oktober 2019
    • SD Bukit Baruga
    • Kegiatan

    Proses pembelajaran tidak hanya terjadi di dalam kelas ruang kelas semata,

    By Administrator on 16 September 2019
    • SD Bukit Baruga
    • Kegiatan

    OPDIS SD Islam Athirah 2 bukit Baruga, jumat, 13 September melakukan kunjungan bhakti sosial ke lokasi warga korban kebakaran, di Jl. Baji Pamai . Kepala sekolah, Guru, serta OPDIS ikut dalam kunjungan ini.

    By Administrator on 05 April 2019
    • SD Bukit Baruga
    • Kegiatan

    SD Islam Athirah 2 Bukit Baruga menjadi tuan rumah pada upacara pembukaan O2SN (olimpiade olahraga siswa nasional) se kec. manggala. 

    Kegiatan diawali dengan upacra bersama seluruh perwakilan dan berlangsung dari tgl 25-26 maret 2019, diikuti oleh perwakilan dari siswa SD se-kec. Manggala.

Agenda 2