• Aktivitas di Boarding School Baruga

  • Aktivitas di Boarding School Baruga

  • Aktivitas di Boarding School Baruga

  • Aktivitas di Boarding School Baruga

  • Aktivitas di Boarding School Baruga

  • Ada Apa Dengan Valantine Day

  • Asrama Sekolah Islam Athirah Bukit Baruga Gelar Webinar Birrul Walidain

  • WEBINAR KAJIAN FIQIH Permaslahan Karakter dan Akhlaq siswa daring

  • Perdana diawal tahun 2021 WEBINAR Penyuluhan

    "MENJAGA KESEHATAN MATA SAAT BELAJAR ONLINE''

  • By SMA Boarding School Bukit Baruga on 28 Februari 2021
    • SMA Boarding School Bukit Baruga
    • Kegiatan

    Valentine day atau biasa disebut dengan Hari Kasih Sayang merupakan kegiatan yang identik dengan remaja. Peringatan valentine day ditandai dengan saling tukar kado, memberikan bunga atau coklat kepada pasangan, pacaran dan bahkan ada yang sampai melakukan perzinahan.

    Lalu bagaimana Boarding School Athirah Bukit Baruga menyikapi valentine day ini? Boarding School Athirah Bukit Baruga telah mengadakan webinar seminggu sebelum hari valentine, tepatnya pada tanggal 7 februari 2021. Webinar ini dilaksanakan dalam rangka untuk memberikan pemahaman terhadap siswa bahwa perayaan tersebut bukanlah bagian dari islam.

    Ustaz Sultan, S.Pd selaku narasumber webinar dan juga pembina Boarding School Athirah Bukit Baruga menjelaskan bahwa, Valentine bukanlah dari islam. Kegiatan ini merupakan acara non muslim. Islam malarang kita memeriahkan acara dan memakai atribut-atribut yang terkait dengan hari valentine.
    Ini sesuai dengan hadist yang di sampaikan oleh Nabi SAW.
    “Barangsiapa menyerupai suatu kaum, maka dia adalah bagian dari kaum tersebut.”
    Dan diperkuat lagi dengan hadist yang lain:
    "Kiamat tidak akan terjadi hingga ummatku mengikuti jalan generasi sebelumnya, sejengkal demi sejengkal, sehasta demi sehasta. Sampai jika orang orang itu masuk ke lubang dhob (lubang yang sempit) pasti kalian akan mengikutinya. Lalu para sahabat bertanya, apakah itu adalah orang Yahudi dan Nasrani.? Rasulullah menjawab lantas siapa lagi.”(HR.MUSLIM).

    Dalam kegiatan webinar ini, siswa(i) sangat antusias mengikutinya, ditandai dengan peserta yang sejumlah 97 orang. Peserta begitu aktif dalam mengajukan pertanyaan terkait valentine day, di antara pertanyaannya adalah:

    1. Bagaimana hukum berbelanja di tempat yang memberikan diskon dalam rangka memperingati valentine day?
    Jawaban :
    Hukum berbelanja di tempat yang memberikan diskon dalam perayaan valentine dibolehkan. Sesuai pendapat Imam Ahmad dan dikuatkan oleh syekhul islam Ibnu Taimiyah bahwa bermuamalah dengan non muslim dibolehkan seperti yang dicontohkan oleh Rasulullah, dan ini tidak termasuk dalam tolong menolong dalam melakukan keburukan.

    2. Bagaimana hukum orang yang merayakan valantine day? 
    Jawaban:
    Merayakan hari raya selain yang di contohkan Nabi itu dilarang karena ini merupakan perbuatan tasyabbuh seperti yang ustad tadi jelaskan sebelumnya.

    3. Bagaiamana hukum orang yang pacaran setelah menikah? 
    Jawaban:
    Pacaran setelah menikah. Inilah yang dicontohkan oleh Rasulullah. Kemudian pasti akan muncul pertanyaan bagaimana kita menikah dengan orang yang kita tidak kenali tanpa pacaran?, Rasulullah telah mengajarkan kita bagaimana mengenal pasangan kita dengan proses ta'aruf. 

    4. Bagaimana dengan tukaran kado atau coklat sebelum atau setelah valentine day? 
    Jawaban:
    Saling memberi hadiah di luar hari valentine justru sangat di anjurkan, karena dapat memperkuat ukhuwah. Tetapi, saling memberi hadiah perlu hati-hati, dalam artian laki laki ke perempuan atau sebaliknya, Jangan ada maksud terselubungnya. 

    Untuk menyelamatkan anak-anak kita dari perbuatan yang dapat merusak masa depannya. Maka sangat penting bagi kita untuk senantiasa mengingatkan dan memberikan pemahaman terhadap hal-hal buruk, salah satunya adalah peringatan valentine day.

    Penulis, Wahyudin Agustia Putra, S.Pd.I

    By SMA Boarding School Bukit Baruga on 28 Februari 2021
    • SMA Boarding School Bukit Baruga
    • Berita

    Asrama Sekolah Islam Athirah Bukit Baruga kembali menggelar webinar fiqih bertajuk “Birrul Walidain”. Kegiatan itu digelar secara virtual via aplikasi konferensi video geoogle meeting. Sejumlah 98 siswa mengikuti kegiatan tersebut dari rumah masing-masing, Sabtu (27/2).

    Kepala Asrama Sekolah Islam Athirah Bukit Baruga, Ahmad Nafi Wellette, S.Pd.I. menjelaskan bahwa kegiatan tersebut merupakan program kerja Asrama Sekolah Islam Athirah Bukit Baruga yang sudah menjadi kegiatan rutin. Selain itu, menurut Nafi, webinar itu tidak hanya diperuntukkan bagi siswa, tetapi juga diikuti oleh guru dan karyawan asrama.

    “Jadi ini adalah kegiatan rutin yang kita laksanakan setiap dua pekan sekali dengan tujuan agar siswa bisa diperkaya kembali dengan pengetahuan fiqih,” tutur Nafi.

    " Kajian Fiqih ini juga bukan hanya siswa yang mengikuti dengan rutin, tetapi juga guru karyawan Asrama Athirah Baruga",  tambahnya. 

    Sebagai narasumber tunggal Rahmat Nawir, S.Pd.I.M.Pd.I. Menjelaskan pembahasan Birrul Walidain ini di ambil dari kitab akhlaq Lil Banin karya ulama Umar Bin Ahmad Barajaj. Menurut Rahmat kitab Lil Banin ini mengupas bagaimana peserta didik bisa menumbuhkan akhlaq yang baik dilingkungannya apatahlagi seperti zaman saat ini.

    "Kitab ini berisi tentang pendidikan Akhlak atau penanaman karakter yang baik bagi anak terkhusus di usia belajar. Dalam kitab tersebut memuat akhlak kepada Allah dan Rasulnya, kedua orang tua, kepada Guru dan teman sejawat," tutur Rahmat.

    "Di zaman milenial seperti saat ini, di mana media sosial sudah merambah sampai ke generasi pelanjut kita dan terbukanya semua saluran informasi, menjadikan begitu banyak contoh prilaku yang tidak baik yg dapat disaksikan oleh mereka, sehingga akhlak yang baik, budi luhur atau sopan santun itu sudah mulai tergerus, lanjutnya.

    Selain itu ia mengutip sebuah ayat Alqur'an Surah Al-Israa ayat 23-24.

    "Dan Rabb-mu telah memerintahkan agar kamu jangan beribadah melainkan hanya kepada-Nya dan hendaklah berbuat baik kepada ibu-bapak. Jika salah seorang di antara keduanya atau kedua-duanya sampai berusia lanjut dalam pemeliharaanmu, maka sekali-kali janganlah engkau mengatakan kepada keduanya perkataan “ah” dan janganlah engkau membentak keduanya, dan ucapkanlah kepada keduanya perkataan yang baik. Dan rendahkanlah dirimu terhadap keduanya dengan penuh kasih sayang dan ucapkanlah, ‘Ya Rabb-ku, sayangilah keduanya sebagaimana mereka berdua telah mendidik aku pada waktu kecil".

    Netizen Reporter. Irwan Duhung, S.Kep.Ns

    By SMA Boarding School Bukit Baruga on 26 Februari 2021
    • SMA Boarding School Bukit Baruga
    • Berita

    Asrama sekolah Islam Athirah Bukit Baruga kembali akan mengadakan Kajian Fiqih seri ke sembilan. Sabtu (27/02/2021). Webinar kajian fiqih merupakan program unggulan Boarding Athirah Baruga yang setiap bulannya diadakan sebanyak dua kali untuk menambah wawasan Khazanah keilmuan siswa.   

    Kajian Fiqih seri ke IX ini mengusung sebuah tema yang sangat menarik dan relevan dengan kondisi siswa saat ini. Dimana sudah hampir setahun siswa masih mengadakan belajar online dari rumah. Ini diakibatkan masih meningkat nya kasus positif covid-19 di Indonesia. Tentunya penanaman karakter yang baik bagi siswa masih sangat jauh dari harapan orang tua yang menginginkan anaknya belajar secara tatap muka di sekolah.

    Dalam kondisi seperti ini, Asrama Athirah Bukit Baruga berusaha menghadirkan solusi terbaik dari permaslahan karakter dan akhlak siswa saat ini. Dengan mengkaji sebuah kitab yang sangat populer Akhlaq Lil Banin. Dalam kitab tersebut memuat akhlak kepada Allah dan Rasulnya, kedua orang tua, kepada Guru, teman sejawat dan Akhlak kepada yang lainnya.

    "Kitab Akhlak lil banin adalah karya dari seoarang ulama yang bernama Umar Bin Ahmad Baraja'. Kitab ini banyak dipelajari di pesantren di indonesia bahkan sampai ke luar negeri. Kitab ini berisi tentang pendidikan Akhlak atau penanaman karakter yang baik bagi anak terkhusus di usia belajar". Ujur Pemateri Ustadz Rahmat Nawir, S.Pd.I.,M.Pd.I

    Adapun tema pada kajian fiqih seri ke IX ini adalah. "BIRRUL WALIDAIN" Dikutip dari Kitab Akhlaq Lil Banin. Insyaallah sebagai pemateri Al-Ustadz Rahmat Nawir, S.Pd.I.,M.Pd.I. dan yang akan memandu acara ini Ustadzah Zohra, S.Pd. Sabtu, 27 Februari 2021. Pukul 08.00-sampai selasai.

    Netizen Reporter. Ustadz Ners

    By SMA Boarding School Bukit Baruga on 22 Januari 2021
    • SMA Boarding School Bukit Baruga
    • Berita

    Perdana diawal tahun. Kembali lagi Boarding School Athirah Baruga mengadakan Webinar seri ke tujuh Sabtu (23/01). Wabinar kali ini agak beda dari webinar sebelum di seri yang lalu, karena tema yang diangkat mengenai KESEHATAN khususnya saat siswa belajar online di rumah. 

    Melihat Kaskus pandemi ini di awal tahun ini semakin meningkat setiap harinya, tercatat sudah mencapai angka belasan ribu. Pembelajaran daringpun di perpanjang sampai batas waktu yang belum di tentukan, artinya siswa akan lebih lama lagi belajar mengunakan gawai atau gadget. 

    Dari sini team UKS Asrama mengangkat materi Webinar Penyuluhan di awal tahun dengan tema "MENJAGA KESEHATAN MATA SAAT BELAJAR ONLINE". Harapannya dengan penyuluhan ini siswa bisa menjaga kesehatannya terkhusus mata, agar disaat pembelajaran yang padat siswa terhindar dari masalah penglihatan.

    Mata merupakan organ penglihatan yang sangat vital dan sensitif. Menjaga kesehatan mata sangatlah perlu dilakukan saat aktifitas belajar di rumah.

    Penggunaan gadget atau hp memang dapat memberi banyak manfaat dalam hal kemudahan mengakses beragam informasi atau pembelajaran. Namun, di balik manfaat tersebut ada juga risiko buruk yang harus diwaspadai, terutama pada anak saat pembelajaran daring. 

    Nah oleh karena itu Jagan lewatkan Webinar Penyuluhan perbedaan dari team UKS Asrama Athirah Baruga dengan pemateri Irwan Duhung, S.Kep.,Ners dan dipandu sebagai moderator, Syamsinar Surya, S.Kep. Insyaallah akan di laksanakan Sabtu 10 Jumadil Akhir 1442 H atau 23 Januari 2021 pukul 08.00 sampai selesai.

    Team web Boarding Athirah Baruga. Ustadz Ners

Agenda 2