• Aktivitas di Boarding School Baruga

  • Aktivitas di Boarding School Baruga

  • Aktivitas di Boarding School Baruga

  • Aktivitas di Boarding School Baruga

  • Aktivitas di Boarding School Baruga

  • The Best Performance, Asrama Boarding Baruga Ambil

    Tiga Gelar Sekaligus di Acara ini

  • AGAMA DALAM KEHIDUPAN

  • Pendidikan di Masa Pandemi

  • I B A D A

    H (bersujud kepada Allah

  • By SMA Boarding School Bukit Baruga on 22 September 2020
    • SMA Boarding School Bukit Baruga
    • Kegiatan

    The Best Performance, Ambil Tiga Gelar Sekaligus di Acara ini

    Asrama Sekolah Islam Athirah Baruga kembali menunjukkan eksistensinya, Sabet tiga gelar sekaligus di acara Human Capital Award 2020 pada hari Jum'at (18/9/2020). Acara ini di hadiri seluruh guru karyawan sekolah Islam Athirah sebanyak 323 orang yang terdiri dari unit wilayah Kajaolalido, Bukit Baruga dan Bone melalui pertemuan virtual zoom. 

    Acara Human Capital Award 2020 dimulai dari pukul 13.30 hingga 17.30 WITA yang dikemas dalam satu rangkaian acara yaitu Forum Jum'at dengan tema 'one team one dream' dan dibuka langsung oleh Direktur Sekolah Islam Athirah Syamril, S.T., M.Pd. Dalam sambutannya, beliau mengajak semua guru dan karyawan untuk menjadi sebuah tim yang kuat dengan satu mimpi yang sama, Jumat (18/9/2020).

    Kepala Departemen Human Capital Sekolah Islam Athirah Nurwahidah, A.Ma. Menuturkan Human Capital Award merupakan program penilaian guru dan karyawan dengan berbagai kriteria di antaranya capaian KPI, capaian Jalan Kalla, dan capaian kompetensi dasar Komputer, Alqur’an dan Bahasa Inggris.

    “Apresiasi ini diberikan untuk teman-teman yang sudah memberikan kerja keras sepanjang tahun 2019-2020,” tambahnya.

    Saat momen yang paling di tunggu oleh guru dan karyawan sekolah Islam Athirah yaitu pembacaan daftar nama yang berprestasi di ajang Human Capital Award 2020/2021. Asrama sekolah Islam Athirah Baruga mendapatkan tiga gelar sekaligus yakni Salwah, B.Sc. (The Best Performed Cook), Awaluddin dan Islandar (The Best Performed Security) yang terakhir St. Zohra, S.Pd. (The Best Performed Dorm Supervisor).

    Barakallahufikum, Ucapan yang terus mengalir dari teman guru pembina dan karyawan di grup WhatsApp Boarding Athirah BB atas capaian prestasi pembina dan karyawan terbaik. Sekaligus saling memotivasi untuk mendapatkan The Best Performed tahun yang akan datang. 

    Kepala Asrama Ahmad Nafi Welette, S.Pd.I sapaan Akrabnya Ustadz Nafi, "saya ucapkan banyak terimakasih kepada teman teman yang bekerja keras sehingga dengan kegigihan nya mendapatkan apa yang diinginkan tahun ini.

    Ujarnya Via WhatsApp.


    Makassar, 19 September 2020

    Citizen Reporter (Irwan Duhung: Tim Web Asrama Athirah Baruga)

    By SMA Boarding School Bukit Baruga on 02 September 2020
    • SMA Boarding School Bukit Baruga
    • Berita

     

    Berbicara tentang Agama memerlukan sikap yang ekstra hati-hati. Sebab, sekalipun agama merupakan persoalan sosial, tetapi penghayatannya bersifat individual. Apa yang dipahami dan dihayati oleh sebagian orang, bergantung pada latar belakang dan kepribadiannya. Hal tersebut yang kemudian membuat pemahaman beragama seseorang dapat berbeda dengan pemahaman beragama orang lain. Maka dari itu, agama senantiasa bersangkutan dengan kepekaan emosional.

    Beragama merupakan kebutuhan manusia secara esensial dan sangat natural. Pada hakikatnya, tidak ada perbedaan yang mendasar antara peranan agama dalam kehidupan modern maupun primitif. Karena agama tidak lain adalah pemenuhan kecenderungan alamiahnya sendiri, yaitu kebutuhan akan ekspresi rasa kesucian.

    Indonesia merupakan negara maju dan dengan masyarakat yang modern, namun Indonesia juga meghadapi persoalan modern. Adapun dalam hubungannya dengan agama adalah, apakah Indonesia masih mampu berperan dalam memberikan alternatif cara hidup yang tidak begitu terikat pada ukuran-ukuran materiil. Alternatif tersebut harus mampu dikemukakan di depan, artinya tidak setelah terlanjur hancur karena kegagalan dalam usaha mencapai kemakmuran materiil. 

    Agama, betapapun akan sangat dibutuhkan manusia, dan dengan demikian agama tetap berperan. Sebab seperti yang dikatakan oleh Julian Huxley: “Manusia selalu concerned dengan nasibnya”. Agama akan selalu melekat pada jiwa dan kepribadian seseorang yang menganutnya.


     Makassar, 28 Agustus 2020                                                                                                          

    Nirwana Amir, S.Ag

    By SMA Boarding School Bukit Baruga on 02 September 2020
    • SMA Boarding School Bukit Baruga
    • Berita

    2020 menjadi tahun yang mengubah segala aspek kehidupan, memberi dampak yang tidak sedikit termasuk pada pendidikan di Indonesia. 

    Menteri pendidikan Nadiem Makarim membuat kebijakan baru dalam menghadapi pandemi ini yaitu dijalankannya pembelajaran online berbasis internet.

    Kita memasuki era digital 4.0 untuk memudahkan pendidikan diakses lewat rumah. Namun apakah ini menjadi solusi yang tepat?. Jawabannya adalah tidak, belum. 

    Pendidikan kita belum siap menjalankan online learning karena dari segi pemerataan jaringan, kita belum memilikinya, ini satu hal yang baru disadari Menteri Pendidikan Nadiem Makarim. 

    Pelajar mengeluh dengan begitu banyaknya tugas setiap hari hingga kehadiran untuk mengikuti pembelajaran online tidak lagi menarik minatnya untuk ikut serta. Sementara pengajar dituntut untuk selalu berinovasi mencari cara mengajar yang baru untuk menarik perhatian pelajar agar ingin terus belajar. 

    Dan seperti yang disebutkan di atas, kita belum siap untuk menghadapi pendidikan yang berbasis internet yang diakses di rumah. Kita masih perlu persiapan yang jauh lebih matang. Sayangnya pandemi memaksa kita dengan terseok-seok untuk seperti negara lain, yang jauh lebih baik di atas kita.

    Makassar, 23 Agustus 2020

    Risman Muhammad

    By SMA Boarding School Bukit Baruga on 02 September 2020
    • SMA Boarding School Bukit Baruga
    • Berita

        Ibadah merupakan salah satu kewajiban bagi manusia yang harus ditunaikan, ibadah inilah menjadi tujuan penciptaan manusia ketika dilahirkan. Sebagaimana kata Allah SWT. Tidaklah aku ciptakan jin dan manusia kecuali hanya untuk menyembah (bersujud) kapadaku.

        Betapa mulianya seorang hamba ketika dia beribadah dan bersujud dihadapan Rabbnya, meminta ampun dan meminta segala hal yang menjadi kebutuhan hidupnya, sebagaimana kata Allah SWT, mintalah kepadaku niscaya Aku akan kabulkan permintaanmu. Sujud dan beribadah dihadapan Allah juga merupakan sebagai bentuk penghambaan kita kepadaNYA bahwa betul kita memang kecil dihadapan-Nya segalanya adalah milik Allah SWT. Sekaligus ucapan terimakasih kita kepada Allah SWT.

        Di era zaman sekarang ini termasuk beberapa bulan terakhir kita masih diuji oleh Allah SWT dimana bentuk ujiannya adalah manusia masih dibatasi segala aktivitas yaitu, menjaga jarak, tidak bersalaman , cuci tangan, bahkan pembelajaranpun masih daring ini merupakan salah satu bentuk ujian Allah SWT kepada hambanya dan merupakan peringatan bahwa manusia harus kembali bersujud, memperbaiki pola hidupnya yang sesuai dengan aturan Allah dan apa yang telah digariskan oleh Rasulullah SAW.

        Kemuliaan manusia diawal hidupnya sampai akhir hidupnya ditentukan bagaimana dia bersujud kepada Allah SWT. sebagaimana kata Rasulullah SAW yang diriwayatkan oleh Abu Hurairah Ra, jarak paling dekat antara seorang hamba dengan Allah SWT adalah ketika (hamba tersebut) sedang sujud maka perbanyaklah  berdo'a ketika sujud.

        Alhamdulillah dimasa daring ini dimana anak- anak peserta didik Boarding School Athirah Bukit Baruga Makassar tidak menyurutkan semangatnya bangun sholat tahajjud, berdo'a, dan meminta segala hal menjadi kebutuhan hidupnya walaupun merasa berat, lelah, dan banyak rintangan karena dibangunkan dengan jaringan tetapi dengan kata Alhamdulillah inilah bentuk kesyukuran kita kepada Allah SWT bahwa segala aktivitas pasti ada campur tangan Allah SWT bahwa anak- anak kita bisa bangun bersujud dengan semangat dan penuh dengan harap serta keikhlasan. In syaa Allah dibalik ada anak yang sukses dunia dan akhirat pasti disitu ada pembina-pembina yang hebat dan cerdas, dan dibalik ada pembina-pembina hebat dan cerdas pasti disitu ada Kepala Asrama dan Direktur yang luar biasa hebatnya.

        Mendidik mereka dengan penuh keikhlasan dan kesabaran seraya tidak lupa mengajarkan tentang besujud kepada Sang Maha Kholid karena kita yakin bahwa sujud seorang hamba tidaklah sia-sia, karena Allah SWT berjanji akan menaikkan derajat orang tersebut dan sujud itu akan menyingkirkan berbagai macam keburukan.

    Betapa pentingnya mengajarkan kepada anak- anak tentang ibadah atau bersujud kepada Allah SWT. Sebab sujud salah satu terapi menghindarkan diri dari berbagai keburukan dan kemaksiatan sebagaimana sholat dapat mencegah perbuatan keji dan mungkar. Bersujudlah wahai Bani Adam karena sujud itu Indah, sujudmu dibumi tapi terdengar di langit.

    Makassar, 08 Agusutus 2020
    Haeruddin (Pembina Putra Boarding School Athirah 2 Makassar)

Agenda 2