• Pendidikan Karakter Selama Masa Pandemi

  • Di Tengah Pandemi Covid19, Boarding

    School Athirah Bukit Baruga Terus

  • Secara Virtual, SMA Islam Athirah

    Bukit Baruga Bekali Siswanya Hadapi

  • Begini Situasi Terima Rapor Siswa SMA

    Islam Athirah Bukit Baruga di Tengah Pandemi

  • By Administrator on 17 Juni 2020
    • SMA Boarding School Bukit Baruga
    • Kegiatan

    Selama masa pandemi ada banyak hal berbeda yang mulai dirasakan oleh semua orang dan dari semua kalangan, mulai dari pejabat, buruh, petani, pedagang, bahkan sampai siswa maupun guru merasakan dampak yang luar biasa sebagai efek dari musibah virus yang menimpa negeri ini.

    Tuntutan baru yang dirasakan terutama untuk guru dan siswa adalah melakukan proses pembelajaran sekalipun via daring, yang mana hal ini menuntut komunikasi dan  kerjasama yang lebih intens antara guru orang tua dan juga siswa, antara pendidikan formal (sekolah) dan pendidikan informal (rumah).

    Jika pada umumnya anak anak sekolah pada masa pandemi mereka harus mengikuti pembelajaran via daring, maka lain lagi hal yang dirasakan anak anak yang selama menempuh pendidikan mereka berkumpul dan tinggal di suatu tempat (asrama).

    Kita telah mengetahui bahwa di dalam asrama ada banyak hal yang di ajarkan kepada peserta didik, mulai dari pendidikan umum, pendidikan agama dan paling utama pembinaan karakter anak yang berasrama. Melihat permasalahan ini Ahmad Nafi selaku kepala boarding school Athirah bukit Baruga, berinisiatif membuat link kontrol yang bertujuan mengontrol setiap hari kebiasaan kebiasaan positif yang selama ini di ajarkan di asrama, mulai dari kesadaran sholat berjamaah, shalat sunnah rawatib dan shalat malam, tahsin dan  tahfidz, bahkan juga mengecek hal apa saja yang dilakukan oleh anak dirumah terkait dengan pekerjaan membantu orang tua.

    Menurut beliau link kontrol kegiatan harian ini di harapkan selain dapat mengajarkan peserta didik untuk tetap konsisten melaksanakan kebiasaan kebiasaan baik selama masa LFH ini, link kontrol yang di buat juga bisa membuat peserta didik merasa bahwa dirinya tetap di kontrol dan diperhatikan oleh musyrif/musyrifah nya sekalipun tidak berada bersama mereka di rumah.

    Kemudian sebagai tindak lanjut dari link kontrol harian yang telah dibuat setiap musyrif/musyrifah dituntut untuk melaporkan setiap bulan bagaimana perkembangan anak selama bulan tersebut.

    Jika ditemukan ada hal hal yang kurang, maka diadakanlah komunikasi dengan orang tua siswa yang bersangkutan untuk bekerjasama mengingatkan dan membimbing ananda dirumah, agar kiranya harapan dan cita cita orang tua yang ingin melihat anaknya tumbuh menjadi orang sukses namun tetap memilki karakter yang mulia sesuai tuntunan Islam akan tercapai. Amin ya rabbal a'lamin.


    Penulis: Musyarifah

    By Administrator on 28 Juni 2020
    • SMA Boarding School Bukit Baruga
    • Kegiatan

    Sampai detik ini penyebaran wabah covid 19 masih terus terjadi bahkan mengalami peningkatan dari waktu ke waktu. Virus ini menjadi momok yang sangat menakutkan di tengah-tengah masyarakat karena banyaknya korban yang terus berjatuhan dan dapat disaksikan di berbagai media, tapi ada momok yang lain muncul yaitu lumpuhnya seluruh sektor kehidupan bahkan berimbas sampai ke dunia pendidikan. Hal ini memaksa berbagai macam kegiataan sekolah harus dilakukan lewat media on line termasuk yang dialami Sekolah Islam Athirah.

    Sama halnya sekolah dengan program asrama lainnya, Boarding School Athirah Bukit Baruga juga memiliki banyak program asrama di luar dari program unit sekolah karena Boarding School ini sedikit “unik”, sebab Asrama Boarding ini sebagai unit tersendiri sementara unit SMP & SMA sebagai mitra, artinya siswa asrama mereka juga sekaligus siswa di UNIT Sekolah bergabung dengan siswa yang reguler.

    Meskipun dalam kondisi wabah seperti ini, Boarding School Athirah BB tetap menjalankan fungsinya sebagai media pembinaan karakter religius/ keislaman, kemandirian, tahfizh dan lain sebagainya. Yang kesemuanya itu dilakukan lewat media on line seperti mengisi Link kontrol ibadah dan kemandirian yang harus diisi setiap hari kemudian dievaluasi. Selain itu, penyetoran Hafalan secara berkala yang dihadapkan kepada masing-masing pembina juga lewat on line. Bukan hanya itu, program asrama juga tetap memberikan kajian keislaman kepada semua siswa boarding yang sempat diadakan beberapa kali pada bulan suci Ramadhan yang lalu dan program ini akan terus berlangsung sampai kondisi normal kembali bahkan akan ada agenda-agenda Daring lainnya yang menyusul.

    Selain berbenah dengan program Psikis, Boarding School Athirah BB juga berbenah fisik untuk menyambut kembali siswa lama sekaligus untuk menyambut siswa baru di tahun ajaran baru. Berbenah fisik asrama yang telah dan sementara dilakukan ialah: pengecatan kembali setiap kamar siswa sampai koridor asrama, pembenahan fasilitas kamar/asrama, pembuatan Mushollah baru di lantai 4 yang lebih layak dan memadai dengan fasilitas Full AC, dan lain-lain.

    Di samping pembenahan fisik, kebersihan asrama juga menjadi prioritas utama dan terus berjalan setiap harinya meskipun dalam kondisi libur asrama bahkan sempat beberapa kali diadakan penyemprotan disinfektan di setiap kamar dan di semua sisih asrama sebagai upaya penanggulangan wabah di lingkungan asrama Boarding School Athirah BB.

    Semoga wabah ini cepat berlalu sehingga kita dapat bersua kembali, amin ya Allah!.

    Penulis: Rahmat Nawir

    • Kegiatan

    Makassar- Sekolah Menengah Atas (SMA) Islam Athirah Bukit Baruga menggelar Persiapan Ujian Tes Berbasis Komputer (UTBK) untuk menghadapi Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) Secara Virtual, Kamis (25/6/2020).

    Kepala SMA Islam Athirah Bukit Baruga, H Ridwan Karim M.Pd menuturkan bahwa kegiatan ini dilaksanakan untuk menyiapkan kesiapan siswa menghadapi SBMPTN.

    "ananda kita harus mempersiapkan dirinya dengan baik sebab Ketat persaingan perlu ada trik trik memilih perguruan tinggi dan jurusan,"ujarnya, Pada Pembukaan Pembahasan UTBK-SMBPTN melalui daring.

    Untuk itu, Kata dia melalui sarana ini diharapkan Para Siswa untuk aktif berkonsultasi kepada Guru dalam hal penentuan jurusan.

    "Dalam memilih perguruan tinggi maksimalkan dengan baik. Bisa merespon dengan sungguh jangan lebih sering diam  untuk itu  Saya ucapkan sukses buat buat ananda,"ucapnya.

    Pada pembukaan tersebut dihadirkan Para Alumni Untuk berbagai kisah kesuksesannya tembus UTBK-SMBPTN. Salah satunya yang berkesempatan adalah 

    Sekolah yang didirikan oleh yayasan hadji Kalla tersebut tak lepas tangan membiarkan Siswa siswinya menghadapi SBMPTN Secara mandiri

    Pelaksanaan Ujian Tes Berbasis Komputer  sebagai syarat untuk mendaftar Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) akan tetap dilaksanakan.

    Untu itu, Salah Satu Siswa Aulia Khairunnisa, Alumni tahun 2019 yang Mahasiswa Ekonomi Syariah Islam di Universitas Brawijaya. Pads kesempatan itu ia menyemangati para siswa yang akan menghadapi SBMPTN.

    "Banyak Latihan soal, ikut try out, belajar Mandiri, konsultasikan soal soal yang tidak dimengerti ke Guru dan perbanyak berdoa,"ucapnya. 

    Penulis : MS

    • Berita

    Makassar- Wabah Virus Corona yang menyelimuti dunia membuat banyak kebiasaan berubah termasuk dalam hal Penerimaan Rapor. 

    Penerimaan rapor di Masa pandemi Yang biasanya saat pembagian rapor di SMA Islam Athirah Bukit Baruga  dipenuhi oleh para siswa dan orang tua siswa, kini di tengah pandemi pembagian rapor dilakukan melalui via ekspedisi pengiriman maupun lewat daring.

    Wakil Kepala Sekolah Bidang Akademik SNA Islam Athirah Bukit Baruga, Dr. Bakry M.Si mengatakan Penerimaan rapor berlangsung dengan baik,  mengingat makassar masih zona merah pandemi covid19, penerimaan rapor dilakukan dengan beberapa bentuk.

    "Penerimaan dilakukan beberapa cara diantaranya daring via googlemeet , cek langsung nilai rapor via simdik, mengirimkan file nilai, hingga mengirimkan rapor dengan menggunakan jasa pengiriman khusus di wilayah Makassar,"tuturnya.

    Sementara itu, salah satu Wali Kelas XI IPA 1, Hj. Salmiaty mengungkapkan penerimaan rapor tahun ini membuat dirinya terharu sebab tak bisa ketemu langsung memberikan rapor ke orang tua.

    "Tidak saya tahu apa mau saya katakan, terharuka rasanya penerimaan rapor tahun ini,"ungkapnya.

    Terpisah, Rahmawati Arifuddin orang tua siswa dari Raiqah Inayah Ramandha siswa kelas XI IPS mengatakan langkah yang ambil pihak sekolah sangatlah tepat dan mengerti dengan kondisi masa masa saat ini.

    "Saya mengerti atas semua dengan keadaan ini. Saya  terima dengan baik. Dan memang saya juga ragu untuk terima rapor secara langsung  dalam kondisi seperti ini,"tutupnya.

    Diketahui,  sesuai surat edaran pelaksanaan kebijakan pendidikan pada masa darurat Covid-19, pembelajaran telah dilakukan secara online. Hal itu dilakukan untuk memutus mata rantai penyebaran virus corona.

    Penulis : MS


Agenda 2