• Aktivitas di Boarding School Baruga

  • Aktivitas di Boarding School Baruga

  • Aktivitas di Boarding School Baruga

  • Aktivitas di Boarding School Baruga

  • Aktivitas di Boarding School Baruga

  • Ini Kajian Fiqih Seri Kelima.

    Dipersembahkan Lagi oleh Boarding Athirah

  • JANGAN BERTEMAN DENGAN KEBODOHAN

  • Lagi, Boarding School Athirah Bukit Baruga Bakal Gelar Kajian Fiqih

  • The Best Performance, Asrama Boarding Baruga Ambil

    Tiga Gelar Sekaligus di Acara ini

  • By SMA Boarding School Bukit Baruga on 06 November 2020
    • Kegiatan

    Boarding School Athirah Bukit Baruga akan menggelar kajian Fiqih ke lima. Pada kesempatan ini hanya di khususkan bagi siswa dan karyawan, Sabtu (07/11). Adapun Kajian fiqih kali ini adalah lanjutan dari kajian sebelumnya yang membahas tentang tata cara shalat Rasulullah shalallahu alaihi wasallam.

    Webinar kali ini merupakan kajian fiqih seri ke lima dari webinar sebelumnya. Secara khusus webinar kali ini akan mengangkat tema "Tata Cara Shalat Berjamaah" yang akan digelar secara langsung via konferensi video google meet.

    Adapun yang bertindak sebagai pembicara pada Webinar fiqih kali ini adalah oleh Ustadz Risman Muhammad, S.Pd yang merupakan pembina Boarding School Athirah Bukit Baruga dan acara ini akan dipandu oleh Ustadzah Nirwana Amir, S.Pd

    Sholat merupakan tuntunan ibadah wajib yang harus ditunaikan oleh seluruh umat muslim baik laki-laki maupun perempuan, sholat sendiri masuk dalam rukun islam kedua yang menjadi tiang agama sebagai wujud keimanan kepada Allah SWT yang sesuai Tuntunan Rasulullah shalallahu alaihi wasallam.

    Sholat yang lebih utama adalah Sholat berjamaah. Rasulullah SAW bersabda, “Shalat berjamaah lebih utama 27 derajat dibanding shalat sendirian.” (HR Bukhari dan Muslim). 

    Nah. Bagaimana Sholat berjamaah dimasa pandemi seperti sekarang ini.? Dan sebagian masjid atau mushalla meliburkan salat berjamaah, namun ada yang menggelarnya dengan menerapkan protokol kesehatan alias jaga jarak.  Sebagian kaum muslimin memilih salat berjamaah di rumah. Bagaimana pandangan syariat terhadap masalah ini?

    "Insya Allah dikesempatan ini kita akan mengupas tuntas bagaimana sholat berjamaah di masa sekarang. Seperti yang kita lihat di banyak mesjid sudah buka tapi masih sholat berjamaah dengan jaga jara, dan semoga kajian fiqih ini membuka wawasan kita dalam memahami syariat yang sangat luas tentu sesuai Sunnah Rasulullah" ujar Ust. Risman, S.Pd. 


    Citizen Reporter: Irwan Duhung, S.Kep.,Ns

    By SMA Boarding School Bukit Baruga on 22 Oktober 2020
    • SMA Boarding School Bukit Baruga
    • Kegiatan

    Tidak ada orang satupun di antara kita dilahirkan dalam keadaan berilmu, oleh karna itu kita di perintahkan untuk mencari ilmu. Agama mewajibkan setiap kita agar terus mencari ilmu, sejak kita di lahirkan hinggga datangnya kematian. Barangsiapa yang tidak menyibukkan diri dengan ilmu maka ia menjerumuskan dirinya dalam kebodohan. Dan ancaman Allah bagi orang orang yang bodoh itu memang benar adanya.

    Berkata sebagian ulama salaf

    ''Sebaik-baiknya anugrah adalah akal, seburuk-buruknya musibah adalah kebodohan.

    Berkata Sahl Bin Abdillah At-Tustari rahimahullah

    ''Tiada kemaksiatan yang lebih besar daripada kebodohan''

    Maka dari pada itu kita harus menghilangkan perasaan malas dari dalam diri kita, agar kebodohan itu pergi dan hilang dalam kehidupan kita.

    Empat jenis manusia dalam mencari ilmu.

    1. Orang yang mengetahui dan ia tahu bahwa dirinya mengetahui. Orang jenis ini adalah orang berilmu, maka ikutilah ia.

    2. Orang yang mengetahui namun dia tidak tahu bahwa dirinya mengetahui. Orang jenis ini adalah orang yang lalai, maka bangunkanlah ia.

    3. Orang yang tidak mengetahui namun dia tahu dirinya tidak mengetahui. Orang jenis ini orang yang butuh petunjuk, maka berilah ia petunjuk.

    4. Orang yang tidak mengetahui dan ia tidak tahu bahwa dirinya tidak mengetahui. Dan Orang jenis ini adalah orang yang bodoh, maka tolaklah ia.

    Saudaraku,  menuntut ilmu itu sangatlah penting, karna ketika kita beramal tanpa di bekali dengan ilmu, niscaya kemudoratan akan kita dapatkan bahkan tidak di terima amalan tersebut. Betapa banyak orang yang merasa telah tenggelam di dalam ibadah, padahal yang ia lakukan adalah menetapi perbuatan maksiat.

    Sebuah kisah seorang ahli ibadah dari kebangsaan maroko. Suatu ketika dia membeli seekor keledai betina, dan keledai itu tidak pernah di pekerjakan sama sekali, melainkan di gaulinya seperti seorang budak belian. Ketika dia di tanya, mengapa engkau tidak pernah mempekerjakannya tapi malah menggaulinya, dia pun menjawab aku tidak mempergauli keledai tersubut melainkan demi menjaga kemaluanku dari perbuatan zina. Ternyata dia tidak tahu bahwa menggauli binatang juga perbuatan yang di haramkan Allah SWT. Maka lelaki ahli ibadah itupun menangis sejadi jadinya.

    Orang yang tidak belajar ilmu pasti tidak akan bisa melaksankan hukum ibadah dengan baik, sehingga ia tidak mampu melaksanakan hak-hak ibadah. Oleh karna itu, singsingkan lengan baju dan bersungguh-sungguh dalam menuntut ilmu. Lawanlah rasa malas dan bosan, jika tidak. Maka kita berada didalam kesesatan yang nyata dan memelihara kebodohan.

    ALLAHU 'ALAM.

    Wahyudin Agustia

    Makassar, 20-10-2020

    By SMA Boarding School Bukit Baruga on 02 Oktober 2020
    • SMA Boarding School Bukit Baruga
    • Berita

    Boarding School Athirah Bukit Baruga akan menggelar kajian Fiqih ke III khusus siswa dan karyawan pada Sabtu (3/10) mendatang. Kajian fiqih kali ini lanjutan dari kajian sebelumnya yang membahas tentang pentingnya thaharah dalam ibadah yang dibawakan oleh Almukarram Ustaz Anton Sujarwo.


    Webinar kajian Fiqih ini, merupakan seri ketiga dari webinar dua pekan lalu. Secara khusus webinar kali ini akan mengangkat tema "wudhu dan tayammum" yang akan digelar secara langsung via konferensi video google meet.


    Webinar fiqih kali ini akan dibimbing oleh Ustadz Wahyuddin, S.Pd.I. yang merupakan pembina Boarding School Athirah Bukit Baruga  dan akan dipandu oleh Ustadzah Siti Zohrah, S.Pd.


    "Fiqih dalam syariat ini sangat luas pembahasannya dan kami sudah meramu suatu program kurikulum khusus siswa di asrama untuk membentuk karakter kepribadian siswa yang sejalan dengan Sunnah dan sesuai Al Qur'anul Karim," ujar ketua program Asrama, Ustaz Rahmat Nawir, S.Pd.I.,M.Pd.I


    "Memang banyak kendala dalam pembelajaran kajian fiqih ini yang mengkaji banyak BAB apa lagi di masa sekarang yang serba online, tapi kami yakin materi ini bisa disampaikan dengan baik dan terarah apalagi pengajar di asrama yang memiliki kompetensi dalam membahas kajian fiqih,” imbuhnya. 


    Wuhdu dan tayammum merupakan sarat sahnya salat dan ibadah-ibadah lainnya. Maka penting bagi kaum Muslim untuk mengetahui tata caranya dengan benar sesuai tuntunan Nabi Muhammad Shalallahu alaihi wa sallam. 


    Citizen Reporter: Irwan Duhung, S.Kep.,Ns.

    By SMA Boarding School Bukit Baruga on 22 September 2020
    • SMA Boarding School Bukit Baruga
    • Kegiatan

    Performa Terbaik, Ambil Tiga Gelar Sekaligus di Acara ini

    Asrama Sekolah Islam Athirah Baruga menunjukkan eksistensinya, Sabet tiga gelar sekaligus di acara Human Capital Award 2020 pada hari Jumat (18/9/2020). Acara ini di hadiri seluruh guru karyawan sekolah Islam Athirah sebanyak 323 orang yang terdiri dari unit wilayah Kajaolalido, Bukit Baruga dan Bone melalui pertemuan virtual zoom. 

    Acara Human Capital Award 2020 dimulai dari pukul 13.30 hingga 17.30 WITA yang dikemas dalam satu rangkaian acara yaitu Forum Jum'at dengan tema 'one team one dream' dan dibuka langsung oleh Direktur Sekolah Islam Athirah Syamril, ST, M.Pd. Dalam krisisnya, beliau mengajak semua guru dan karyawan untuk menjadi sebuah tim yang kuat dengan satu mimpi yang sama, Jumat (18/9/2020).

    Kepala Departemen Human Capital Sekolah Islam Athirah Nurwahidah, A.Ma. Menuturkan Human Capital Award merupakan program penyedia jasa dan karyawan dengan berbagai kriteria di antara capaian KPI, capaian Jalan Kalla, dan capaian kompetensi dasar Komputer, Alqur'an dan Bahasa Inggris.

    “Apresiasi ini diberikan untuk teman-teman yang sudah memberikan kerja keras sepanjang tahun 2019-2020,” tambahnya.

    Saat momen yang paling di tunggu oleh guru dan karyawan sekolah Islam Athirah yaitu pembacaan daftar nama yang berprestasi di ajang Human Capital Award 2020/2021. Asrama sekolah Islam Athirah Baruga mendapatkan tiga gelar sekaligus yakni Salwah, B.Sc. (The Best Performed Cook), Awaluddin dan Islandar (The Best Performed Security) yang terakhir St. Zohra, S.Pd. (The Best Performed Dorm Supervisor).

    Barakallahufikum, Ucapan yang terus mengalir dari teman guru pembina dan karyawan di grup WhatsApp Boarding Athirah BB atas capaian prestasi pembina dan karyawan terbaik. Sekaligus saling memotivasi untuk mendapatkan The Best Performed tahun yang akan datang. 

    Kepala Asrama Ahmad Nafi Welette, S.Pd.I sapaan Akrabnya Ustadz Nafi, "Saya ucapkan banyak terimakasih kepada teman teman yang bekerja keras sehingga dengan kegigihannya mendapatkan apa yang diinginkan tahun ini.

    Ujarnya Via WhatsApp.


    Makassar, 19 September 2020

    Wartawan Warga (Irwan Duhung: Tim Web Asrama Athirah Baruga)

Agenda 2