• Masih di Zona Merah, SMP Islam

    Athirah Bone Gelar Penerimaan Raport Virtual

  • SMP Islam Athirah Bone Umumkan

    Kelulusan Siswa via Live Streaming

  • Mendidik Itu Sebuah Hobi; Ulasan Buku karya Direktur Islam Athirah

  • “Bedah Buku Ensiklopedi Prestasi, digelar secara Live

    Stream di Youtube channel Sekolah Islam Athirah

  • By SMP Boarding School Bone on 23 Juni 2020
    • SMP Boarding School Bone
    • Kegiatan

    Pandemi Covid 19 yang  masih juga belum berakhir tidak menyurutkan SMP Islam Athirah Bone untuk menyampaikan capaian belajar siswa dan siswinya. Pada hari Selasa (23/6), sekolah boarding yang terletak di Panyula, Kab. Bone ini menggelar kegiatan penerimaan raport secara virtual melalui google meet.


    Sebanyak 120 orang peserta yang terdiri atas guru dan siswa bersua lewat dunia maya. Kegiatan diawali pada pukul 13.00 Wita dalam sebuah forum besar seluruh siswa dengan guru dan kepala sekolah. Beberapa informasi umum disampaikan kepada seluruh siswa yang hadir didampingi orang tua masing-masing. Setelah itu  para wali kelas kemudian mengundang masing-masing siswanya dalam grup meeting setiap kelas. Rapor kemudian dikirimkan dalam bentuk pdf pada no WA masing-masing siswa, untuk kemudian dijelaskan dan dideskripsikan oleh walas melalui google meet.
    Nuraeni, S.Pd. yang diwawancarai secara terpisah berharap kegiatan ini tidak mengurangi esensi penerimaan raport yang sejatinya dilaksanakan di kelas dengan interaksi antara orang tua siswa dengan wali kelas. Ia berharap segala informasi terkait capaian siswa selama satu tahun kegiatan pembelajaran tetap dapat tersampaikan dengan baik.
    Siswa dan orang tua yang mendampingi terlihat sangat antusias dan bersyukur atas capaian anak-anaknya selama ini. Meski pandemic melanda, mereka bersyukur bahwa anak-anak masih tetap dapat belajar, terkontrol karakter dan kegiatannya selama di rumah. (AbiSar)



    By SMP Boarding School Bone on 06 Juni 2020
    • SMP Boarding School Bone
    • Kegiatan

    Panyula_Bone – Mengahadapi situasi pandemic corona, segenap insan Pendidikan dipaksa untuk mampu beradaptasi di tengah ancaman infeksi virus, tidak terkecuali dengan warga Sekolah Islam Athirah Bone. Hari Kamis (4/6) SMP Islam Athirah mengumumkan kelulusan siswa dan siswi kelas IX via google meet yang dihadiri oleh seluruh siswa kelas IX, guru, dan pimpinan sekolah.

    By SMP Boarding School Bone on 30 Mei 2020
    • SMP Boarding School Bone
    • Kegiatan

    Buku setebal 70 halaman yang mengambil tema Pendidikan ini merupakan kumpulan tulisan-tulisan Syamril, ST.,M.Pd. Direktur Sekolah Islam Athirah. Buku ini memuat 30 tulisan terbaik opini yang dimuat di media cetak Makassar dalam rentang waktu tiga tahun terakhir dari sosok yang juga menjabat sebagai Rektor Kall  a Business School.

    By SMP Boarding School Bone on 16 Mei 2020
    • SMP Boarding School Bone
    • Berita

    Pandemi Covid-19 tidak menjadi halangan untuk berliterasi bagi Sekolah Islam Athirah. Setelah merilis buku yang berjudul “Ensiklopedi Prestasi”. Hari ini Sabtu, 16 Mei 2020 Sekolah Islam Athirah Bone mengadakan Bedah buku melalui live streaming di Channel  Youtube Sekolah Islam Athirah Bone. Acara tersebut dihadiri oleh Ir. Syamril, ST. M.Pd (selaku Direktur Sekolah Islam Athirah), Junaedi, S.Pd, M.Pd (Selaku Guru, Penulis, Motivator, dan Dosen UNISMUH Makassar), Muh. Nur Holis, S.Pd (selaku editor buku ensiklopedi prestasi), Yusril Nur Hidayat (selaku Alumni Sekolah Islam Athirah Bone yang saat ini melanjutkan pendidikan di New York University), dan Siti Shofiyyah Isra Amri (selaku salah satu penulis buku ensiklopedi prestasi). Acara ini juga dipandu langsung oleh Khusnul Khatimah Febrianty, selaku Siswi Sekolah Islam Athirah Bone. Kegiatan bedah buku tersebut berlangsung selama dua jam, dimulai pada pukul 10.00-12.00 wita.

    Ini adalah buku ketiga yang dirilis oleh Sekolah Islam Athirah Bone yang baru didirikan sejak tahun 2011. Dengan harapan, mampu menanamkan budaya membaca bagi para siswa dan siswi. “Harapannya, ini mampu menumbuhkan minat baca, karena budaya membaca sangat penting. Ibarat petani sebelum mencangkul mereka butuh makan sebagai energi, sama halnya dengan menulis. Sebelum menulis, butuh membaca sebagai energi, karena kunci menulis itu sendiri adalah dengan membaca.” Terang Nur Holis.

    Buku Ensiklopedi prestasi adalah karya siswa dan siswi SMP Islam Athirah Bone. Buku tersebut berisi tentang biografi perjalanan hidup alumni berprestasi yang kini berada di beberapa negara di dunia seperti, Saudi Arabia, Mesir, Dubai, Turki, Amerika Serikat. Serta alumni yang menuntut ilmu di beberapa universitas terkemuka di Indonesia seperti ITB, UI, UGM, UNHAS, dengan prestasi yang sangat membanggakan.

    Buku ini sangat mampu menjadi inspirasi dan motivasi, juga sangat menguras emosi bagi pembacanya. Di dalam buku ini juga terlihat, bersekolah di Sekolah Islam Athirah Bone menjadi titik awal kesuksesan bagi mereka. Banyak menceritakan kehidupan yang mereka jalani saat masih berada di Boarding Athirah Bone, kehidupan pribadi, masalah keluarga yang tidak mendukung, serta keterbatasan ekonomi yang tidak menghalangi mereka untuk bermimpi dan mewujudkannya. Jadi buku ini betul-betul memberi pelajaran bahwa kesuksesan bukan berasal dari kekayaan atau kesuksesan orangtua, tetapi dari diri sendiri.

    Buku yang ditulis oleh siswa siswi kelas IX ini mendapatkan apresiasi dari Direktur Sekolah Islam Athirah dan Junaedi, selaku penulis dan Motivator. “Ini sangat membanggakan. Saya jadi flashback, dulu waktu SMP saya bisa buat apa ya? Semoga kegiatan menulis ini tidak berhenti sampai di sini saja semata-mata menyelesaikan tugas tetapi bisa dilanjutkan. Jadikanlah menulis itu adalah kebutuhan bukan kewajiban” kata Syamril, Direktur Sekolah Islam Athirah.

    “Saya dibuat takjub dengan bahasa, dan diksi yang digunakan. Sangat baik menuangkan ide, padahal buku ini ditulis oleh anak SMP. Semoga ini dapat menjadi contoh bagi generasi saat ini, dan semoga akan lahir penulis solo dari sini bukan lagi kompilasi”. Tambah Junaedi.

    Pesan lain yang disampaikan oleh Direktur Sekolah Islam Athirah pada acara ini adalah “Diharapkan Buku ini bisa dicetak lebih banyak agar dapat dinikmati oleh banyak orang. Cari sponsor kemudian dikirim ke sekolah-sekolah, agar dapat menjadi inspirasi juga bagi anak-anak yang lain. Agar bisa menularkan motivasi dan semangat bagi pembacanya.”

    - Nurwaqiyah (Center of Information Sekolah Islam Athirah Bone) -

     

Agenda 2