• Pengganti Perkemahan Blok, SMA Islam Athirah Bone Adakan Webinar Kepramukaan

  • Prihatin, Begini Suasana Saat Sekolah Islam Athirah

    Bone Serahkan Donasi Korban Kebakaran di Panyula

  • Gelar Latihan Dasar Kepemimpinan Siswa (LDKS),

    SMA Islam Athirah Bone libatkan alumni sebagai

  • Enam Siswa SMA Islam Athirah Bone go to national

    pada Ajang Kompetisi Sains Nasional (KSN) SMA Tingkat Provinsi

  • By SMA Boarding School Bone on 22 September 2020
    • SMA Boarding School Bone
    • Kegiatan

    Sabtu, 19 September 2020 kemarin, SMA Islam Athirah Bone mengadakan webinar kepramukaan bertajuk “Transformasi nilai kepemimpinan era digital melalui gerakan Pramuka”. Pada webinar kali ini, SMA Islam Athirah Bone menghadirkan salah seorang praktisi pramuka, Kanda Basrol, S.Pd. Selain beliau menjabat sebagai Kepala Pusdiklat Gerakan Pramuka Cabang Bone, beliau saat ini juga merupakan salah satu pengawas SMA/SMK Provinsi Sulawesi Selatan.

    Wakil Direktur Sekolah Islam Athirah Wilayah 3, Syamsul Bahri, S.Pd.I. dalam sambutannya menyatakan bahwa tema yang diangkat oleh panitia sangat relevan dengan program unggulan sekolah, yaitu menumbuhkan semangat kepemimpinan dalam diri siswa. Beliau menegaskan, “Mengapa konsep kepemimpinan senantiasa digembar-gemborkan? Karena kalian disiapakan untuk menjadi pemimpin masa depan. Tiap waktu yang ada, berusahalah untuk produktif, termasuk di Sabtu pagi seperti ini”. Beliau menambahkan bahwa dalam kegiatan kepramukaan, banyak poin yang memiliki korelasi kuat dengan nilai-nilai yang dibutuhkan dalam kepemimpinan diantaranya kedisiplinan, berinteraksi dan bekerjasama, menghadapi kondisi sulit, dan lainnya.

    Webinar kepramukaan ini digelar sebagai pengganti perkemahan blok yang sejatinya rutin diadakan tiap semester sebagai program kepramukaan sekolah. Namun karena kondisi pandemi yang hingga saat ini belum berakhir, maka perkemahan blok tersebut digantikan dengan webinar tersebut. Seluruh siswa kelas X dan XI SMA Islam Atihrah Bone mengikuti kegiatan yang dimulai pukul 10.00 sampai pukul 11.30 tersebut dengan penuh antusias. Pada sesi tanya jawab, terlihat siswa berlomba mengajukan pertanyaan kepada pemateri. “Wah, anak-anak rame ya.”imbuh Kanda Basrol saat dihubungi setelah webinar selesai. Beliau menambahkan bahwa kegiatan ini juga penting diikuti bagi pembina Pramuka dan para guru agar tidak salah memahami eksistensi kepramukaan di sekolah.

    Untuk mengukur tingkat pemahaman siswa tentang materi kepramukaan yang disajikan, panitia mengadakan quizizz di akhir sesi. Dalam sesi tersebut, didapatkan tiga siswa yang berhasil menjawab pertanyaan yang diajukan dengan cepat dan tepat. Mereka adalah Nurjamila (XI IPS Al Halim), Alya Zahrani (X IPA Al Fattah), dan Nurfatwa Tajuddin (X IPA Al Maajid).

    Semoga pandemi segera berlalu dan kegiatan kepramukaan bisa segera diefektifkan sehingga siswa bisa kembali merasakan keseruan berpramuka. Salam Pramuka! (EvaR)

    By SMA Boarding School Bone on 16 September 2020
    • SMA Boarding School Bone
    • Berita

    Sekolah Islam Athirah Bone kembali beraksi menyalurkan bantuan bagi korban bencana, Rabu (16/9/2020). Kali ini, Sekolah Islam Athirah Bone menyalurkan bantuan bagi korban kebakaran  di Coppo Meru, Kelurahan Panyula. 

    Usai  membuka donasi selama tiga hari, Sekolah Islam Athirah Bone menyerahkan langsung donasi yang telah terkumpul kepada korban kebakaran. Pihak sekolah yang turun langsung ke lokasi yaitu Wakil Direktur Sekolah Islam Athirah Wilayah Bone, Wakasek Kesiswaan, Wakasek Kurikulum, Wakasek Sapras dan IT, Staf UKS, dan Staf Humas.

    Saat tiba di lokasi kondisi korban sangat memprihatinkan, rumah sudah rata dengan tanah tidak ada satu barangpun yang tersisa. Menurut saksi mata api muncul dari rumah bagian bawah dan dalam sekejap melalap rumah panggung yang terbuat dari kayu itu. Kencangnya angin juga mempercepat terjadinya kebakaran hingga tidak ada barang yang dapat diselamatkan. Beruntung tidak ada korban jiwa dalam peristiwa kebakaran ini.

    Namun, korban dari kebakaran ini adalah orang kurang mampu, tinggal ber-enam terdiri dari kakek yang sudah tua dan mengalami gangguan jiwa, nenek yang mengalami kebutaan dan tuli, anak dan menantu serta dua orang cucu yang masih kecil.

    Wakil Kepala Sekolah Kesiswaan Athirah Eva Rukmana, S.Pd  menyampaikan ucapan terima kasih kepada para donatur dan seluruh pihak terkait. 

    "Kami berharap dengan sedikit donasi yang kami berikan dapat membantu keluarga korban. Bukan dari jumlahnya, namun niat kami untuk sedikit meringankan beban kepada korban. Terima kasih juga kepada seluruh keluarga besar Athirah Bone yang telah menjadi donatur kali ini, semoga Allah membalasnya dengan berlipat-lipat kebaikan"

    Citizen  Reporter: Qiyah (Center Of Information SIA Bone)

    By SMA Boarding School Bone on 14 September 2020
    • SMA Boarding School Bone
    • Kegiatan

    Latihan Dasar Kepemimpinan Siswa (LDKS) SMA Islam Athirah Bone resmi digelar pada hari Sabtu-Ahad, 12-13 September2020 lalu. Kegiatan yang melibatkan seluruh siswa kelas X ini dilaksanakan sebagai perwujudan dari menumbuhkan jiwa leadership di kalangan siswa. Namun ada yang menarik dari pelaksanaan LDKS kali ini. Seluruh pemateri yang mengisi kegiatan tersebut merupakan alumni SMA Islam Athirah Bone yang pernah menjadi pengurus OSIS pada saat masih berstatus siswa di wilayah 3 Sekolah Islam Athirah ini.

    Sebut saja Rifaldi, alumni angkatan 3 SMA Islam Athirah Bone, yang mengisi materi keorganisasian yang dikemas dalam bentuk webinar bertajuk “Berorganisasi, pentingkah?”. Rifaldi, yang saat ini berstatus mahasiswa UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta dan juga menjabat sebagai Presiden Mahasiswa di kampus tersebut, berhasil membawakan materi tersebut dengan apik dan direspons antusias oleh peserta.

    Latihan Dasar Kepemimpinan Siswa (LDKS) SMA Islam Athirah Bone yang kali ini mengusung tema “Menanamkan Jiwa Kepemimpinan yang Amanah dan Berwawasan Luas” diikuti oleh 143 siswa kelas X dengan materi yang beragam seperti kepemimpinan, critical thinking, public speaking, keorganisasian, networking, dan persidangan. Dengan durasi satu setengah jam tiap materi, seluruh peserta menyimak dengan baik dan bersemangat.

    Ini pengalaman pertama buat saya mengikuti kegiatan LDKS secara virtual, namun saya tetap menikmatinya karena pemateri menyajikan (materi) dengan santai dan mudah dipahami. Salah satu materi yang berkesan adalah tentang persidangan yang dibawakan kak Fira, karena materi ini baru saya dapatkan. Ternyata metode persidangan seperti itu ya, metodenya”, kata Fauzan Azima, peserta LDKS dari kelas X IPS Al Alim.

    Banyak sekali hal baru yang saya dapatkan dari kegiatan (LDKS) ini, terutama bagaimana cara agar bisa menjadi pemimpin yang profesional. Pada kegiatan ini saya belajar membangun diri saya untuk lebih mandiri dan berkarakter. Kakak-kakak panitia juga sangat setia mendampingi kami sampai kegiatan selesai.”, tukas Yusrawati Saputri, siswi kelas X IPA Al Majid.

    Dalam kesempatan lain, Wakil Kepala Bidang Kesiswaan SMA Islam Athirah Bone, Eva Rukmana, S.Pd., Gr., menyatakan bahwa desain LDKS kali ini memang sengaja memilih pemateri dari para alumni agar dapat menumbuhkan leadership dalam diri seluruh civitas akademik SMA Islam Athirah Bone, baik yang masih berstatus siswa maupun yang telah menjadi alumni. “Semoga dengan diundangnya alumni untuk berbagi materi pada LDKS kali ini, dapat menjadi motivasi bagi siswa, terutama terkait pengalaman berorganisasi alumni baik sejak di bangku sekolah, maupun ketika telah memasuki dunia kampus”, beliau menambahkan pula bahwa dengan keterlibatan alumni pada berbagai kegiatan sekolah adalah bentuk sumbangsih mereka bagi institusi pendidikan yang pernah menjadi tempat mereka menimba pengalaman belajar. 

    By SMA Boarding School Bone on 09 September 2020
    • SMA Boarding School Bone
    • Kegiatan

    Hasil dari Kompetisi Sains Nasional (KSN) SMA tingkat provinsi telah dirilis pada 7 September 2020. Enam siswa SMA Islam Athirah Bone berhasil mewakili provinsi Sulawesi Selatan di tingkat nasional dalam ajang paling bergengsi bidang akademik tersebut.  Adapun siswa yang mengharumkan nama SMA Islam Athirah Bone tersebut adalah :

    1) Muhammad Maulana Yusuf kelas XII IPA Al Wajid pada bidang Fisika

    2) Abdullah Rayhan Eden kelas XII IPA Al Wajid pada bidang Astronomi

    3) Alifriyadi Alfariza Syafwan kelas XI IPA Al Hasiib pada bidang Kebumian

    4) Reskiawan Lamatara kelas XII IPS Al Hadi pada bidang Kebumian

    5) M. Syaiful kelas XII IPS Al Wahab pada bidang Geografi

    6) Adhelia Maharani Indra kelas XII IPS Al Wahab pada bidang Geografi

    Proses karantina persiapan Kompetensi Sains Nasional tingkat Provinsi yang dilakukan secara daring oleh pembina KSN masing-masing berlangsung sejak bulan Juli lalu. Tentu proses pembimbingan daring dan luring berbeda namun tidak membuat  semangat peserta KSN SMA Islam Athirah Bone pudar. Mereka makin intens mengikuti pembimbingan dua pekan sebelum kompetisi diadakan. Dan perjuangan itupun menuai hasil yang memuaskan.

    Dalam mengikuti perlombaan itu harus niat, tujuan saya ingin tembus ke tingkat nasional dan mengharumkan nama sekolah. Hal tersebut juga sebagai sumbangsih saya ke pihak sekolah” ujar Alifriyadi saat ditanya mengenai motivasinya selama belajar untuk persiapan KSN. Ia juga diminta tanggapannya apabila ia tidak lolos dalam seleksi, Alifriyadi pun menanggapi dengan bijak, “ Jangan menyalahkan orang lain ataupun sistem perlombaan saat ini (seleksi  daring). Salahkan diri sendiri. Apakah waktu yang dimiliki sudah digunakan sebaik mungkin untuk belajar persiapan lomba. Lihat juga apakah ibadah kita sudah maksimal selama ini. Intinya jangan lupa sama Tuhan.

    Salah satu pembimbing KSN SMA Islam Athirah Bone,Rizky Angraini, mengungkapkan harapannya kepada peserta, “Tentu saja kami berharap para siswa bisa membawa medali emas. Namun, walaupun sistem perlombaannya dilaksanakan secara daring diharapkan siswa mengerjakan dengan penuh kejujuran”.

    Menghadapi Kompetensi Sains Nasional tingkat Nasional pada tanggal 12 Oktober mendatang juga telah disiapkan strategi khusus dari pihak sekolah. Hal ini dibenarkan oleh Wakil Kepala Bidang Kurikulum SMA Islam Athirah Bone, A. Reski Citra Ramayani, “Insya Allah akan dihadirkan para medalis OSN tingkat nasional sebagai pembimbing kontingen SMA Islam Athirah Bone sebagai persiapan ke tingkat nasional.” “Semoga dengan strategi yang dijalankan ini akan membuahkan hasil yang memuaskan. Kami mohon doanya juga, semoga bisa memberikan yang terbaik untuk Sulawesi Selatan”, tutupnya.

     

    Nuriza Salsabila

    Siswi Kelas XI IPA Al Hasiib

    SMA Islam Athirah Bone


Agenda 2