• SMA Islam Athirah Bone Gelar Munaqosyah

    Hafalan Alquran Online untuk Kelas XII

  • Siswa Athirah Bone Sukses Jajaki

    Kampus-Kampus Terbaik Indonesia Melalui Jalur

  • Libatkan Siswa se-Indonesia, Athirah Bone

    Sukses Gelar Pembukaan Athirah Olympic

  • Candu Organisasi, Ini yang Dilakukan Ketua

    Osis SMA Islam Athirah Bone selama

  • By SMA Boarding School Bone on 02 April 2021
    • SMA Boarding School Bone
    • Kegiatan


    Sebagai rangkaian kegiatan penamatan siswa kelas XII, SMA Islam Athirah Bone menggelar Munaqosyah Hafalan Alquran Onine yang dimulai sejak hari ini, Sabtu tanggal 2 April 2021 hingga Selasa, 6 April 2021 mendatang. Meskipun dihelat secara daring, namun tidak mengurangi kekhidmatan kegiatan yang menguji hafalan siswa kelas XII selama bersekolah di SMA Islam Athirah Bone ini.

    Munaqosyah Hafalan Alquran kali ini pun dikemas berbeda oleh panitia. Selain dikonsep secara virtual, munaqosyah hafalan Alquran ini didahului dengan Munaqosyah Tahsin yang dilaksanakan pada hari Kamis, 31 Maret 2021 lalu. “Jadi munaqosyah tahun ini dilaksanakan online karena kita masih berada dalam kondisi pandemi, tidak seperti tahun-tahun sebelumnya yang dilaksanakan offline di sekolah. Namun, munaqosyah kali ini tetap disaksikan oleh orangtua siswa di rumah, dan ini sifatnya wajib kepada orangtua untuk mendampingi baik munaqosyah tahsin maupun munaqosyah hifdzilnya meski kedua munaqosyah inidilaksanakandi hari yang berbeda ” jelas Yuliana, S.Pd., Sekretaris Pantia Pelaksanaan Munaqosyah Hafalan Alquran SMA Islam Athirah Bone saat diwawancarai via WhatsApp.

    Sekitar 21 orang siswa kelas XII SMA Islam Athirah Bone mengikuti munaqosyah hafalan Alquran di sesi ini. Meskipun target hafalan yang mesti dituntaskan selama 3 tahun adalah 3 juz, namun sekitar 10 orang dari 21 orang tersebut melampaui target hafalan yang telah ditentukan, diantaranya 7 juz, 8 juz, bahkan sampai 10 juz.

    Adalah Nurhafidah, siswa kelas XII IPS Al Haadi yang berhasil menuntaskan 10 juz hafalan Alqurannya pada sesi ini. Anak dari pasangan Haddise dan Kasmawati ini selain seorang hafidzah, juga merupakan siswa berprestasi di bidang akademik, terutama di bidang Ekonomi. Berkali-kali mewakili sekolah di berbagai lomba Akuntansi maupun Ekonomi hingga level nasional, namun tetap membuatnya tekun menuntaskan target hafalannya. Ketika ditanya mengenai target hafalan ke depan, gadis kelahiran Bone ini menjawab lugas, “Kalau target untuk menghafalkan Alquran (menambah hafalan) bukan menjadi prioritas saya. akan tetapi target saya kedepan yaitu memiliki hafalan yang mutqin.” Hafidah juga mengaku pada saat munaqosyah berlangsung, ada satu pertanyaaan dewan penguji yang agak sulit untuk dijawabnya, namun setelah dituntun, akhirnya bisa menyelesaikan. “Saya merasa sangat lega hari ini. Perasaan  lega itu tentu bukan  karena merasa sudah bebas dari menghafal alquran akan tetapi rasa lega sebagai hasil dari usaha-usaha saya selama ini untuk mempertahankan hafalan saya. Orang tua saya sangat bersyukur karena bisa menyaksikan secara langsung ketika saya diuji tadi, dan ini jg cita-cita terbesar orangtua saya untuk punya anak seorang hafidzah.” tambah Hafidah dengan haru.

    Munaqosyah Alquran ini akan berlanjut pada hari Senin pekan depan. Semoga kegiatannya berjalan lancar dan siswa yang mendapat giliran untuk diuji dapat menyelesaikan dengan baik. (Eva Rukmana-SMA Athirah Bone)

    By SMA Boarding School Bone on 24 Maret 2021
    • SMA Boarding School Bone
    • Kegiatan

    Senin, 22 Maret 2021 menjadi momen membahagiakan bagi warga Sekolah Islam Athirah Bone, tak hanya bagi guru karyawan, tapi juga siswa maupun orang tua. Hal tersebut lantaran hasil seleksi masuk perguruan tinggi melalui jalur SNMPTN resmi diumumkan.
    Satu persatu siswa yang terdaftar sebagai peserta SNMPTN membuka portal pengumuman.  Satu persatu pun dari mereka menyampaikan kelulusannya.
    berbagai ekspresi pun mewarnai kebagahagian guru-guru. Mereka terharu dan merasa bersyukur atas keberhasilan siswa. terlebih bagi orang tua yang anaknya berhasil memasuki dunia kampus tak henti-hentinya mengucapkan terima kasih melalui grup whatssapp.

    Betapa tidak, dari 22 siswa yang terdaftar sebagai peserta eligieble SNMPTN berdasarkan kuota, sebanyak 16 siswa dinyatakan lulus. Mereka berhasil mendapatkan kursi di kampus impian. Lebih membahagiakannya lagi, kampus yang diraih adalah kampus-kampus terbaik di Indonesia beserta dengan jurusannya yang cukup bergengsi, diantaranya UGM, UB, UNHAS, hingga UNM.

    “Tahun ini merupakan tahun terbanyak siswa Athirah Bone lulus melalui jalur SNMPTN. Biasanya kuota yang didaptkan hanya sedikit. Di samping itu, sebaran universitasnya juga lebih banyak dibanding tahun sebelumnya.” Ungkap Evi Jayanti selaku guru BK Sekolah Islam Athirah Bone.

    “Meski pandemi, pendampingan terhadap kelas XII tetap intens dilakukan. Kami selalu melakukan komunikasi dengan siswa terkait rencana studinya, mulai dari pemilihan kampus hingga pemilihan jurusan, dengan tetap berkolaborasi bersama orang tua. Pendampingan tersebut merupakan salah satu program di antara program sukses PTN lainnya yang ada di Sekolah Islam Athirah Bone” tambahnya.

    Adapun siswa yang lulus sebagai berikut:
    1. Zaki Ahmad Naufal (Pendidikan Dokter UNHAS)

    2. Dian Armita (Sosiologi UNHAS)

    3. Fiqruk Khazanah Balong (Bimbingan dan Konseling UNM)

    4. Ramadhani Islamiah Asyanti Puteri (Administrasi publik Universitas Brawijaya)

    5. Husnul khatimah (Statistik Universitas Brawijaya)

    6. Cindy Qania (Manajemen UNHAS)

    7. Reskiawan Latamara (Manajemen Universitas Brawijaya)

    8. Nurhafida (Ekonomi Keuangan Perbankan Universitas Brawijaya)

    9. Ryan Renwarin (Sosiologi Univ Brawijaya)

    10. Adelia Maharani Indra (Ilmu Hukum UNHAS)

    11. Waldi Wardhana (Ilmu Hukum UNHAS)

    12. Muh Edwin Syapsyan (Kewirausahaan Universitas Brawijaya)

    13. M. Syaiful (Sistem Informasi Geografis UGM)

    14. Rifqi Ahmad Zaki (Pendidikan Dokter UNHAS)

    Keberhasilan siswa tersebut menjadi kesyukuran dan kebahagiaan tersendiri bagi pihak sekolah.  Di samping itu, sekolah tetap berupaya dan berbenah untuk langkah selanjutnya, terutama persiapan yang akan berjuang melalui jalur UTBK dan jalur-jalur lainnya.
    <!--[if !supportLineBreakNewLine]-->
    <!--[endif]-->

                                                                                                    Andi Reski Citra Rahmayani, S.Pd.
    <!--[if !supportLineBreakNewLine]-->
    <!--[endif]-->

    By SMA Boarding School Bone on 24 Maret 2021
    • SMA Boarding School Bone
    • Kegiatan


    Rabu, 24 Maret 2021, tepatnya pukul 08.35 Wita, Athirah Bone memulai acara pembukaan kegiatan Athirah Olympic Vol. 9 yang bertema “Wujudkan Potensi melalui Inovasi dan Kreasi di Tengah Pandemi”. Acara tersebut digelar secara virtual, kali pertama sejak dilaksanakannya Athirah Olympic 2012 lalu, sekaligus kali pertama dilaksanakan dalam skala nasional. Peserta yang hadir berasal dari berbagai sekolah yang ada di Indonesia, termasuk sekolah anak negeri yang berada di Sabah, Serawak, dan Johor.

    Acara pembukaan yang dihadiri kurang lebih 428 peserta yang terdiri dari 95 sekolah tingkat SD/MI sederajat dan 89 sekolah tingkat SMP/MTs/Sederajat itu diawali dengan kegiatan pembukaan oleh MC lalu pembacaan ayat suci Alquran dan sari tilawah. Selanjutnya pemutaran video Athirah Olympic tahun sebelumnya dan profil Sekolah Islam Athirah, yang disusul dengan laporan ketua panitia, Aldi Renaldi, S.Pd. Setelah itu, acara dilanjutkan dengan sambutan-sambutan.

    Sambutan pertama dilakukan oleh Kepala Dinas Pendidikan Sulawesi Selatan, Prof. Dr. Jufri, M.Psi, Psikolog. Dalam sambutannya, beliau memberikan apresiasi kepada Sekolah Islam Athirah Bone atas terlaksananya kegiatan Athirah Olympic Vol. 9. Beliau juga menyampaikan harapan baik kepada pihak pelaksana maupun kepada peserta.

    “Atas nama PLT Gubernur Sulawesi Selatan, kami memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada Sekolah Islam Athirah Bone atas terselenggaranya Athirah Olympic dan melibatkan siswa se-Indonesia bahkan juga yang dari Malaysia. Kecakapan-kecakapan yang dibutuhkan pada Abad 21 seperti Critical thinking, Communication, Creativity, dan Collaboration tentunya bisa diasah melalui kegiatan ini.”

    “Kepada Sekolah Islam Athirah, semoga senantiasa menjadi pelopor pembinaan generasi mudah dalam menyiapkan pembinaan rohani malalui penanaman akidah dan akhlak, memberikan wawasan kebangsaan melalui berbagai pembelajaran, dan mengasah kecerdasan juga keterampilan melalui berbagai kegiatan. Dari hal tersebut, akan lahir sebuah peradaban baru dalam dunia pendidikan. Peradaban generasi yang anggun, unggul, dan cerdas.”

    Sambutan berikutnya diberikan oleh Syamril, S.T., M.Pd. selaku Direktur Sekolah Islam Athirah. Dalam sambutannya, beliau memberikan apresiasi kepada peserta dan motivasi dalam mengikuti lomba.

    “Kami ucapkan terima kasih kepada peserta atas partisipasinya dalam kegiatan Athirah Olympic ini. Semoga semuanya bisa mengikuti dengan baik dan berupaya menjadi lebih baik dalam lomba ini, bukan menjadi yang terbaik. Menjadi lebih baik akan membuat semuanya bisa menjadi juara dan tidak ada yang akan kecewa.”

    Setelah itu, kegiatan ditutup dengan doa. Semua peserta dan pendamping tampak bersuka cita menyambut Athirah Olympic Vol.9.

    Meski tidak dapat dilaksanakan secara luring sebagaimana tahun-tahun sebelumnya, kegiatan tetap berlangsung dengan lancar. Tujuan terlaksananya kegiatan sebagaimana yang disampaikan oleh ketua panitia dalam laporannya, yaitu memberi wadah bagi siswa untuk mewujudkan potensi melalui inovasi dan kreasi serta untuk mengenalkan Athirah di kancah nasional maupun iternasional bisa diraih. Pada akhirnya semua panitia pun merasa bersyukur dan kembali saling menyemangati untuk rangakaian kegiatan Athirah Olympic berikutnya.

    Andi Reski Citra Rahmayani, S.Pd.

     

     

     

    By SMA Boarding School Bone on 14 Maret 2021
    • SMA Boarding School Bone
    • Berita

    Ketua Osis SMA Islam Athirah Bone, Fatan Resky, kembali mengemban sebuah amanah pada masa pandemi seperti sekarang ini. Sebelumnya, pada pertengahan Juni tahun 2020, Fatan terpilih menjadi ketua Osis SMA Islam Athirah Bone. Terpilihnya Fatan menjadi ketua osis ternyata tak membuat Fatan berpuas diri . Berperan aktif dalam Forum Komunikasi Osis Bone menjadi pilihan dari Fatan untuk mengembangkan kemampuan leadership miliknya. Amanah sebagai Ketua Umum Forum Komunikasi Osis pun diberikan kepada Fatan. Proses pemilihan yang diikuti oleh 32 orang peserta sidang yang merupakan ketua Osis dari berbagai SMA di Kabupaten Bone, sepakat menunjuk Fatan Riski sebagai ketua umum.

     

    Forum Komunikasi Osis Bone merupakan sebuah organisasi yang terbentuk sejak tahun 2017. Organisasi tersebut dibentuk dengan tujuan untuk menjalin komunikasi antarpengurus Osis se-Kabupaten Bone yang diharapkan mampu menciptakan kerjasama yang berguna bagi pembangunan Daerah Bone, terutama dalam bidang pendidikan.

     

    Fatan bukanlah orang baru dalam hal organisasi. Sejak masih duduk di bangku SMP, siswa yang bercita-cita ingin melanjutkan pendidikan di Akademi Kepolisisan tersebut sudah berperan aktif dalam kepengurusan Osis. Oleh karena itu, Fatan merasa sangat siap untuk mengemban amanah yang dipercayakan oleh seluruh rekannya. Berbekal pengalaman yang telah didapatkan di Sekolah  Islam Athirah Bone, Fatan sangat berharap dirinya mampu menjadi akselarator dalam pengembangan kualitas keorganisasian para pengurus Osis se-Kabupaten Bone

     

    “Saya harap terpilihnya saya menjadi ketua dapat menjadi akselerator pengembangan kualitas keorganisasian para pengurus OSIS SMA se-Kabupaten Bone. Bukan hanya itu, tentunya saya juga ingin membawa wadah komunikasi ini menjadi lebih efisien dan optimal dalam kerjanya sehingga dapat dikatakan berhasil sebagai suatu kesatuan yang saling membangun dan membawa kepada progresivitas” ujar Fatan.

     

    Sesaat setelah terpilih, siswa kelas XI AL Halim tersebut mengucap syukur kepada Allah SWT karena telah diberikan kesempatan belajar yang sangat luar biasa. Ucapan terima kasih juga tak lupa dia sampaikan kepada kedua orang tua dan Sekolah Islam Athirah Bone yang senantiasa memberikan dukungan. Ke depannya, Fatan masih harus disibukkan dengan amanah sebagai Ketua Osis SMA Islam Athirah Bone dan juga jabatan barunya di Forum Komunikasi Osis Bone. Akan tetapi, Fatan juga masih harus tetap memprioritaskan dirinya sebagai seorang siswa yang memiliki tanggung jawab untuk mengembangkan kemampuan intelektualnya.

     

    Taufiq Irham_SMA ISLAM ATHIRAH BONE

Agenda 2